Share Like
Simpan

Apa kabar, Bu? Semoga Ibu dan si Kecil dalam kandungan selalu sehat, ya! Pernahkah Ibu bertanya-tanya bagaimana sih artinya kehamilan bayi kembar? Nah, kali ini, saya ingin berbagi informasi tentang serba-serbi seputar kehamilan bayi kembar.

  • Kembar Tidak Identik

Kehamilan bayi kembar jenis ini merupakan yang paling umum terjadi. Dalam kehamilan ini, dibutuhkan dua telur terpisah yang dibuahi oleh dua sperma berbeda. Dua telur yang dibuahi ini membentuk dua zigot, karena itu kehamilan jenis ini juga sering disebut sebagai dizigotik.

Kembar jenis ini seperti saudara. Kesempatannya sangat kecil untuk memiliki kromosom sama, sehingga sangat besar kemungkinannya bagi kehamilan ini untuk melahirkan bayi dengan jenis kelamin berbeda atau berjenis kelamin sama, tapi memiliki wajah tidak mirip. Bahkan, dalam beberapa kasus, ada kemungkinan si Kembar sampai memiliki warna kulit berbeda. Hal ini sangat mungkin terjadi jika Ibu dan suami memiliki ras yang berbeda.

  • Kembar Identik

Dalam jenis kehamilan ini, sebuah telur yang dibuahi oleh sperma tunggal kemudian membentuk satu zigot, tapi zigot tersebut membelah menjadi dua janin. Bagaimana dan mengapa hal tersebut bisa terjadi, masih menjadi misteri, Bu. Namun, kedua janin di dalam kandungan ini biasanya memiliki kantung ketuban berbeda dan saling berbagi plasenta yang sama, tapi bisa juga terpisah.

Umumnya, kehamilan jenis ini melahirkan bayi dengan jenis kelamin yang sama dan saling berbagi ciri-ciri serta karakteristik serupa, seperti mata, warna rambut, dan golongan darah yang juga sama. Biasanya, yang akan membedakan si Kembar adalah hal-hal detail, seperti sidik jari dan bentuk gigitan dari gigi mereka. Perlu dipahami bahwa meskipun kembar identik ini berarti si kembar berbagi DNA yang sama, mereka tetaplah individu berbeda. Jadi, masing-masing dari mereka akan memiliki sifat khas.

  • Kembar Cermin

Kembar identik akan menghasilkan beberapa keunikan dari si kembar, salah satunya yang dinamakan kembar cermin. Maksudnya adalah fisik si Kembar identik ini terlihat sangat mirip, tapi memiliki kemampuan yang berlawanan, seperti sedang bercermin sehingga terlihat seperti refleksi untuk saudara kembarnya. Misalnya, yang satu lebih aktif menggunakan tangan kanannya, satunya lagi bertangan kidal. Uniknya lagi, satu dari empat kembar identik biasanya adalah kembar cermin, Bu.

  • Kembar Siam

Kembar siam adalah salah satu keunikan lain yang terjadi pada kembar identik dengan kondisi si Kembar memiliki bagian tubuh yang saling tergabung ketika lahir. Saat sebuah sperma membuahi satu telur, tapi peristiwa pembelahan sel menjadi kembar baru terjadi 12 hari setelah pembuahan, maka kembar siam akan sangat mungkin terjadi. Hal ini terjadi karena zigot dari kembar identik tidak dapat membelah dengan sempurna ketika dalam kandungan.

Bagaimanapun kehamilan bayi kembar yang Ibu alami, selalu perhatikan kondisi Ibu, ya. Pasalnya. Akan lebih baik jika Ibu juga sering memeriksakan diri dan kandungan ke dokter, supaya kondisi keduanya lebih terjaga. Selamat menjalani masa kehamilan, Bu!