Share Like
Simpan

Buat saya, tak ada yang lebih menyenangkan dan membahagiakan selain saat belanja keperluan bayi saat kandungan sudah menginjak usia 7 bulan. Sepatu, topi, bahkan kaos kaki yang mungil-mungil itu terlihat sangat lucu. Menyenangkan sekali!
Apalagi mempersiapkan kebutuhan bayi kembar ya, Bu. Saya membayangkan pasti barang yang diperlukan akan bertambah menjadi dua kalinya. Namun, memiliki calon bayi kembar bukan berarti harus memiliki segalanya sampai dua buah atau dua pasang, lho. Yuk, simak trik berikut dalam mempersiapkan keperluan si kembar!

Perlengkapan Dasar
Sebenarnya sama saja dengan bayi tunggal, hanya saja beberapa hal yang perlu ibu miliki dua kali lipatnya, yaitu:

  • Double stroller.
    Saat ini sudah banyak stroller tandem (kereta bayi berbentuk lebar) yang memiliki berbagai pilihan bentuk. Ada yang bersebelahan, ada juga yang saling membelakangi. Menurut teman-teman saya yang memiliki bayi kembar, konon bayi kembar lebih suka jenis tandem karena mereka bisa saling melihat satu sama lain sekaligus melihat ke sekelilingnya. Namun hal ini juga tergantung oleh situasi dan kondisi serta kenyamanan sang Ibu.
    Dalam memilih stroller, pastikan fitur-fitur yang mempermudah perjalanan ada di dalamnya. Kantong di bawah stroller yang besar untuk meletakkan barang-barang si Kembar, belt yang kencang dan tak mudah lepas, dan jika memungkinkan, Ibu bisa memilih stroller yang sesuai dengan jok mobil, agar lebih mudah memindahkan bayi yang sedang tertidur di mobil.
  • Tempat tidur bayi.
    Mungkin di awal setelah lahir, mereka berdua cukup diletakkan dalam satu box. Namun seiring mereka bertambah besar, pergerakan pun sudah semakin aktif. Karena itu tak ada salahnya jika Ibu membeli dua buah tempat tidur bayi. Jangan lupakan juga set bantal dan selimut sebanyak dua pasang ya, Bu.
  • High chair
    Menginjak usia 6 bulan, sang bayi kembar pun harus duduk untuk menikmati makanan padat pertamanya. Karena itu, high chair atau kursi bayi sebanyak dua buah sangatlah diperlukan. Jangan lupakan strap atau pelindung berbentuk tali yang aman agar si Kecil tak jatuh dari kursinya.
  • Bedong
    Bedong bayi, baik tradisional yang berbentuk kain ataupun modern yang sudah ada rekatan atau Velcro, juga ibu butuhkan dua kali lebih banyak. Saran saya, lebih hemat beli yang tradisional, karena jika bayi sudah menginjak usia 6 bulan di mana ia tak perlu lagi dibedong, kainnya bisa digunakan untuk alas ganti popok, seprai, atau alas bermain bayi.
  • Gendongan bayi
    Terkadang bayi suka merasa bosan bila terus menerus diletakkan di stroller. Bila itu terjadi, maka Ibu membutuhkan gendongan untuknya. Bila Ibu merasa cukup dengan 1 gendongan, maka tak masalah. Namun kadang saat keduanya menangis, dan Ayah merasa harus turun tangan, saat itulah diperlukan dua gendongan!

Tak Perlu Dua Kali Lipat

Mungkin Ibu berpikir, apa iya ada perlengkapan anak kembar yang tidak perlu beli dobel? Tentu bisa, Bu! Beli saja sekitar setengah lusin lebih banyak dari keperluan baju bayi dasar. Baju bayi cepat kering karena ukurannya kecil, sehingga Ibu tak perlu repot-repot membeli hingga dua kalinya. Apa saja yang kira-kira diperlukan dan jumlahnya?

Pakaian
Belilah masing-masing 1 ½ lusin baju lengan pendek, baju lengan panjang, celana pendek dan panjang, pakaian dalam, serta baju tidur. Tapi menginjak besar, Ibu mungkin sudah tidak tahan ingin membelikan sepasang baju kembar yang lucu. Itu wajar kok, Bu.

Botol ASIP
Ibu bekerja pasti memerlukan botol susu untuk ASIP. Yang ini juga tak perlu dua kali lipat, Bu. Sama dengan rumus baju yang cuci pakai, Ibu bisa membeli hanya setengah kali lebih banyak, kira-kira 6 botol susu. Lebih hemat, bukan?

Tas bayi
Perlengkapan yang satu ini juga tak perlu dibeli hingga dua buah. Siapkan saja yang ukurannya besar agar bisa memuat semua keperluan si kembar. Bagaimana dengan bak mandi? Sama juga, tak perlu beli dua buah karena mereka bisa dimandikan bergantian.

Ayunan Bayi
Saat Ibu beraktivitas di rumah, biasanya bayi tenang bila diletakkan di ayunan bayi. Tapi, untuk yang satu ini sebaiknya Ibu hanya membeli satu, karena rentang pemakaiannya tak akan terlalu lama. Lagipula menurut pengalaman saya, walaupun si Kecil betah di rocker hingga tertidur, tak jarang pula ia cepat bosan.

Bisa Lebih Hemat
Sudah terbayang tentunya bahwa memiliki bayi kembar akan menguras dompet lebih banyak. Namun, tapi tentu saja kebahagiaannya akan berkali lipat dan tak ternilai dengan uang, Bu. Berikut ini adalah cara berhemat untuk keperluan bayi kembar:

  • Sewa
    Saat ini, sudah banyak penyewaan barang bayi online. Pikirkan barang-barang yang tak akan dipakai terlalu lama namun harganya tak murah. Dengan menyewa, barang yang tak dipakai lagi tak menumpuk. Ibu pun bisa lebih menghemat.
  • Cari ‘lungsuran’
    Punya kakak atau saudara yang anaknya sudah menginjak usia balita? Tak ada salahnya menerima barang-barang ‘lungsuran’ dari mereka. Mereka pun akan senang karena bayi cepat sekali besar, sehingga barang-barang bayi mereka bisa dipakai lagi.

Bagaimana, Bu? Semoga tak bingung lagi ya dalam mempersiapkan keperluan si Kecil yang akan lahir nanti. Selamat menantikan kelahiran si Kembar!