Buah yang mengandung vitamin A memiliki beragam manfaat untuk si Kecil, terutama untuk kesehatan mata dan kulitnya. Sebelum membahasnya lebih lanjut, pastikan Ibu selalu memberikan susu Frisian Flag PRIMAMUM untuk dukung imunitas dan akal cermat Si Kecil dengan DHA dan 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ibu dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu.

Banner Register
Banner AKP
Banner Register

Pada dasarnya, vitamin A bisa ditemukan pada hampir semua jenis buah-buahan, tetapi sebagian buah memiliki kandungan vitamin A dengan kadar yang lebih tinggi dibandingkan buah lainnya. Nah, beberapa di antaranya akan dijelaskan dalam artikel ini, jadi simak penjelasan mengenai rekomendasi buah yang mengandung vitamin A sampai selesai ya, Bu.

Baca juga: 4 Jenis Pisang yang Bagus untuk Bayi Cermat dan Kuat

7 Buah yang Mengandung Vitamin A

Perlu Ibu ketahui bahwa vitamin A merupakan jenis vitamin larut dalam lemak yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, kulit, dan sistem imun tubuh si Kecil. Vitamin A terdiri dari 2 jenis, di antaranya retinoid yang berasal dari produk hewani dan karotenoid yang berasal dari buah-buahan dan sayuran.

Manfaat retinoid bisa Ibu dapatkan dalam susu, ikan, hati sapi, hati ayam, dan telur. Sedangkan, karotenoid bisa didapatkan dari beberapa jenis buah-buahan. Ibu bisa mengolah buah yang mengandung vitamin A menjadi menu MPASI yang mengenyangkan dan pastinya menyehatkan.

Artikel Sejenis

Berikut beberapa daftar buah vitamin A tertinggi yang bisa Ibu berikan kepada si Kecil sebagai variasi menu MPASI:

  1. Mangga

    Selain memiliki perpaduan rasa manis dan asam yang segar, mangga juga dikenal sebagai buah yang mengandung vitamin A dengan kadar cukup tinggi lho, Bu. 

    Menurut U.S. Department of Agriculture, dalam 1 buah mangga utuh mengandung 112 mcg vitamin A atau setara dengan 45% jumlah kebutuhan harian vitamin A si Kecil.

    Tak heran jika buah yang mengandung vitamin A ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan kulit si Kecil dari dalam. Selain itu, mengonsumsi buah mangga secara rutin juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan saluran cerna.

  2. Blewah

    Blewah juga termasuk buah yang mengandung vitamin A dengan manfaat yang cukup beragam lho. Blewah mengandung beta karoten yang cukup tinggi yang berguna sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. 

    Menurut U.S. Department of Agriculture, dalam 100 gram blewah mengandung sekitar 232 mcg atau setara dengan 45% jumlah kebutuhan vitamin A harian si Kecil.

    Selain dikenal sebagai buah yang mengandung vitamin A, blewah juga merupakan buah yang mengandung kalium cukup tinggi, yaitu sekitar 400 mg sehingga bermanfaat untuk mempertahankan keseimbangan cairan di dalam tubuh dan mencegah sembelit atau konstipasi.

  3. Pepaya

    Pepaya buah yang mengandung vitamin A - ibudanbalita

    Buah yang mengandung vitamin A selanjutnya adalah pepaya. Biasanya buah ini jadi pilihan Ibu untuk melancarkan saluran pencernaan si Kecil saat mengalami sembelit atau konstipasi. Padahal, pepaya juga memiliki manfaat lain yang tak kalah penting. 

    Buah yang mengandung vitamin A ini dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, meningkatkan daya tahan tubuh, dan menjaga kesehatan jantung. Kandungan vitamin A dalam pepaya pun cukup tinggi, dalam 100 gram pepaya mengandung sekitar 78 mg vitamin A atau setara dengan 33% jumlah kebutuhan harian vitamin A si Kecil.

  4. Jeruk bali

    Meskipun kehadirannya tidak sepopuler jeruk jenis lain, tetapi siapa sangka ternyata jeruk bali termasuk buah yang mengandung vitamin A yang baik bagi kesehatan si Kecil.

    Bahkan, jeruk bali memiliki kandungan vitamin A yang lebih tinggi dibandingkan jeruk jenis lain. Pada 200 gram jeruk bali mengandung sekitar 95 mcg vitamin A atau setara dengan 25% jumlah kebutuhan harian vitamin A si Kecil.

    Selain dianggap sebagai superfood, buah yang mengandung vitamin A ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, meningkatkan kesehatan mata dan kulit, serta membantu meningkatkan sistem imun tubuh si Kecil. 

  5. Aprikot

    Buah yang mengandung vitamin A yang lainnya yaitu aprikot. Buah aprikot merupakan jenis buah yang mirip dengan buah persik. Dalam 100 gram buah aprikot mengandung sekitar 90 mcg atau setara dengan 30% jumlah kebutuhan harian vitamin A si Kecil. Selain vitamin A, buah aprikot juga mengandung serat dan vitamin C yang cukup tinggi.

    Dengan begitu, aprikot termasuk buah yang mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan kulit, meningkatkan kesehatan saluran pencernaan, menjaga kesehatan jantung, dan membantu menangkal radikal bebas.

  6. Jambu biji

    Selain dikenal sebagai buah untuk mencegah demam berdarah, jambu biji juga termasuk buah yang mengandung vitamin A yang baik bagi kesehatan mata si Kecil. 

    Selain itu, buah yang mengandung vitamin A ini pun bermanfaat untuk membantu meningkatkan sistem imun tubuh, menjaga kesehatan kulit, melindungi tubuh dari radikal bebas dan melancarkan saluran pencernaan. 

    Dalam 100 gram jambu biji mengandung sekitar 31 mcg vitamin A atau setara dengan 15% jumlah kebutuhan vitamin A harian si Kecil.

  7. Semangka

    Buah yang mengandung vitamin A selanjutnya adalah semangka. Seiris buah semangka mengandung sekitar 569 IU vitamin A.

    Kandungan vitamin A dalam buah semangka sangat baik untuk menunjang kesehatan mata si Kecil. Selain itu, buah yang menyegarkan ini juga memiliki kandungan kalori yang rendah dan bebas lemak.

Itulah beberapa rekomendasi buah yang mengandung vitamin A yang bisa Ibu berikan untuk si Kecil. Meskipun kaya akan nutrisi dan bermanfaat, pastikan Ibu memberikan buah yang mengandung vitamin A tersebut sesuai batas normal agar jumlah asupannya sesuai dengan AKG. Lantas, berapa kebutuhan vitamin A harian si Kecil?

Berapa Kebutuhan Vitamin A Harian Si Kecil?

Kebutuhan vitamin A harian si Kecil - ibudanbalita

Selain menjaga kesehatan mata, konsumsi vitamin A pada anak juga dibutuhkan untuk meningkatkan imunitas dan melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan RI menganjurkan agar anak-anak mendapatkan asupan vitamin A yang tepat. 

Bahkan, Kemenkes RI juga mencanangkan bulan Februari dan Agustus sebagai bulan vitamin A agar mencukupi kebutuhan vitamin ini pada bayi dan balita. Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) tahun 2019 dari Kemenkes RI, jumlah asupan vitamin A harian cukup bervariasi, tergantung pada usia, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan masing-masing orang.

Jumlah asupan tersebut termasuk dari buah yang mengandung vitamin A, sayuran, produk hewani, dan suplemen. Untuk bayi yang berusia 0-5 bulan, asupan vitamin A yang direkomendasikan yaitu sekitar 475 RE per hari. Sementara bayi berusia 6-11 bulan idealnya mengonsumsi vitamin A sebanyak 400 RE setiap harinya.

Konsumsi buah yang mengandung vitamin A fungsinya hanya sebagai nutrisi pendamping saja. Sebab, ASI masih menjadi nutrisi utama si Kecil hingga berusia 2 tahun. Melansir dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), ASI mengandung vitamin A cukup tinggi, sehingga bayi yang kebutuhan ASI hariannya tercukupi dengan baik mempunyai tumbuh kembang dan daya tahan tubuh yang baik. 

Agar produksi ASI meningkat baik dalam jumlah maupun kualitasnya, Ibu harus mendapatkan energi tambahan sebanyak 500 kalori setiap harinya (AKG 2019) begitu juga dengan protein dan nutrisi penting lainnya. Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu menyusui yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak si Kecil, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode menyusui dan mendukung produksi ASI.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu ibu menyusui untuk dukung imunitas dan akal cermat Si Kecil dengan DHA, 9 Asam Amino Esensial (AAE) serta 9 nutrisi penting untuk kebaikan Ibu dan si Kecil selama periode menyusui. Dua gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 360 kalori, DHA 68 mg, protein 18 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama menyusui si Kecil. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin.

Namun jika Ibu atau si Kecil mengalami kondisi yang tidak memungkinkan pemberian ASI, Ibu bisa memberikan susu pendamping ASI sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan ya Bu. Pastikan Ibu memilih susu yang mengandung 9 protein asam amino esensial lengkap dan tinggi DHA, karena protein adalah komponen yang penting untuk mendukung tumbuh dan kembang bayi ya, Bu!

Untuk mencukupi kebutuhan gizi harian si Kecil secara tepat, ada baiknya Ibu menggunakan fitur Kalkulator Gizi dari Akademi Keluarga Prima. Pemberian gizi yang tepat dan adekuat sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang si Kecil. Jadi, langsung coba fiturnya sekarang juga ya, Bu.

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan registrasi Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Daftar sekarang di sini ya!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.