Whatsapp Share Like Simpan

Buah yang mengandung vitamin A memiliki beragam manfaat untuk si Kecil, terutama untuk kesehatan mata dan kulitnya. Pada dasarnya, vitamin A bisa ditemukan pada hampir semua jenis buah-buahan, tetapi sebagian buah memiliki kandungan vitamin A dengan kadar yang lebih tinggi dibandingkan buah lainnya. Nah, beberapa di antaranya akan dijelaskan dalam artikel ini, jadi simak penjelasan mengenai rekomendasi buah yang mengandung vitamin A sampai selesai ya, Bu.

Daftar Buah yang Mengandung Vitamin A

Perlu Ibu ketahui bahwa vitamin A merupakan jenis vitamin larut dalam lemak yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, kulit, dan sistem imun tubuh si Kecil. Vitamin A terdiri dari 2 jenis, di antaranya retinoid yang berasal dari produk hewani dan karotenoid yang berasal dari buah-buahan dan sayuran.

Manfaat retinoid bisa Ibu dapatkan dalam susu, ikan, hati sapi, hati ayam, dan telur. Sedangkan, karotenoid bisa didapatkan dari beberapa jenis buah-buahan. Berikut adalah daftar buah yang mengandung vitamin A cukup tinggi:

  1. Mangga

    Selain memiliki perpaduan rasa manis dan asam yang segar, mangga juga dikenal sebagai buah yang mengandung vitamin A dengan kadar cukup tinggi lho, Bu. Menurut U.S. Department of Agriculture, dalam 1 buah mangga utuh mengandung 112 mcg vitamin A atau setara dengan 45% jumlah kebutuhan harian vitamin A si Kecil.

    Tak heran jika buah yang mengandung vitamin A ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan kulit si Kecil dari dalam. Selain itu, mengonsumsi buah mangga secara rutin juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan saluran cerna.

    Artikel Sejenis

  2. Blewah

    Blewah juga termasuk buah yang mengandung vitamin A dengan manfaat yang cukup beragam lho. Blewah mengandung beta karoten yang cukup tinggi yang berguna sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Menurut U.S. Department of Agriculture, dalam 100 gram blewah mengandung sekitar 232 mcg atau setara dengan 45% jumlah kebutuhan vitamin A harian si Kecil.

    Selain dikenal sebagai buah yang mengandung vitamin A, blewah juga merupakan buah yang mengandung kalium cukup tinggi, yaitu sekitar 400 mg sehingga bermanfaat untuk mempertahankan keseimbangan cairan di dalam tubuh dan mencegah sembelit atau konstipasi.

  3. Pepaya

    Buah yang mengandung vitamin A selanjutnya adalah pepaya. Biasanya buah ini jadi pilihan Ibu untuk melancarkan saluran pencernaan si Kecil saat mengalami sembelit atau konstipasi. Padahal, pepaya juga memiliki manfaat lain yang tak kalah penting. 

    Buah yang mengandung vitamin A ini dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, meningkatkan daya tahan tubuh, dan menjaga kesehatan jantung. Kandungan vitamin A dalam pepaya pun cukup tinggi, dalam 100 gram pepaya mengandung sekitar 78 mg vitamin A atau setara dengan 33% jumlah kebutuhan harian vitamin A si Kecil.

  4. Jeruk bali

    Meskipun kehadirannya tidak sepopuler jeruk jenis lain, tetapi siapa sangka ternyata jeruk bali termasuk buah yang mengandung vitamin A yang baik bagi kesehatan si Kecil. Bahkan, jeruk bali memiliki kandungan vitamin A yang lebih tinggi dibandingkan jeruk jenis lain. Pada 200 gram jeruk bali mengandung sekitar 95 mcg vitamin A atau setara dengan 25% jumlah kebutuhan harian vitamin A si Kecil.

    Selain dianggap sebagai superfood, buah yang mengandung vitamin A ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, meningkatkan kesehatan mata dan kulit dan membantu meningkatkan sistem imun tubuh si Kecil.

  5. Aprikot

    Buah yang mengandung vitamin A yang lainnya yaitu aprikot. Buah aprikot merupakan jenis buah yang mirip dengan buah persik. Dalam 100 gram buah aprikot mengandung sekitar 90 mcg atau setara dengan 30% jumlah kebutuhan harian vitamin A si Kecil. Selain vitamin A, buah aprikot juga mengandung serat dan vitamin C yang cukup tinggi.

    Dengan begitu, aprikot termasuk buah yang mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan kulit, meningkatkan kesehatan saluran pencernaan, menjaga kesehatan jantung, dan membantu menangkal radikal bebas.

  6. Jambu Biji

    Selain dikenal sebagai buah untuk mencegah demam berdarah, jambu biji juga termasuk buah yang mengandung vitamin A yang baik bagi kesehatan mata si Kecil. 

    Selain itu, buah yang mengandung vitamin A ini pun bermanfaat untuk membantu meningkatkan sistem imun tubuh, menjaga kesehatan kulit, melindungi tubuh dari radikal bebas dan melancarkan saluran pencernaan. Dalam 100 gram jambu biji mengandung sekitar 31 mcg vitamin A atau setara dengan 15% jumlah kebutuhan vitamin A harian si Kecil.

Itulah beberapa rekomendasi buah yang mengandung vitamin A yang bisa Ibu berikan untuk si Kecil. Meskipun kaya akan nutrisi dan bermanfaat, pastikan Ibu memberikan buah yang mengandung vitamin A tersebut sesuai batas normal agar jumlah asupannya sesuai dengan AKG. Lantas, berapa kebutuhan vitamin A harian anak? Berikut penjelasannya:

Berapa Kebutuhan Vitamin A Harian Anak?

Selain menjaga kesehatan mata, konsumsi vitamin A pada anak juga dibutuhkan untuk meningkatkan imunitas dan melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan RI menganjurkan agar anak-anak mendapatkan asupan vitamin A yang tepat. 

Bahkan, Kemenkes RI juga mencanangkan bulan Februari dan Agustus sebagai bulan vitamin A agar mencukupi kebutuhan vitamin ini pada bayi dan balita. Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) tahun 2019 dari Kemenkes RI, jumlah asupan vitamin A harian cukup bervariasi, tergantung pada usia, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan masing-masing orang. 

Jumlah asupan tersebut termasuk dari buah yang mengandung vitamin A, sayuran, produk hewani, dan suplemen. Untuk anak yang berusia 1-3 tahun, asupan vitamin A yang direkomendasikan yaitu sekitar 1.000 IU per hari.

Konsumsi buah yang mengandung vitamin A saja tidak cukup untuk menjaga kesehatan mata dan mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil, Ibu juga perlu mencukupi kebutuhan vitamin A dan nutrisi penting lainnya dari susu pertumbuhan. 

Susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ dapat mencukupi kebutuhan vitamin A harian si Kecil sekitar 30% sesuai dengan Angka Kecukupan Gizi (AKG). Jika mengonsumsi 3 gelas susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+, Ibu sudah mencukupi 90% kebutuhan vitamin harian anak usia 1-3 tahun.

Meskipun kebutuhan vitamin A pada anak cukup penting, namun Ibu juga tetap harus menyeimbangkan asupan nutrisi dari zat gizi lainnya, termasuk zat gizi makro yang mencakup protein, karbohidrat, dan serat, serta zat gizi mikro yang mencakup beragam vitamin dan mineral lain.

Salah satu nutrisi yang penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak adalah 9 Asam Amino Esensial (9AAE). 9AAE merupakan bentuk sederhana dari protein yang harus didapatkan dari sumber protein berkualitas, seperti susu, telur, ikan, daging merah, daging putih, dan kacang-kacangan serta hasil olahannya. 

Akan tetapi, protein hewani merupakan jenis protein yang paling penting dibandingkan protein nabati karena protein hewani mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap.

Menurut penelitian dari J.Nutr dalam National Center for Biotechnology, asupan 9AAE harus dipenuhi dalam jumlah yang lengkap karena jika kekurangan 1 jenis asam amino esensial, maka akan menurunkan kinerja hormon pertumbuhan, termasuk potensi tinggi badan, tingkat kecerdasan, dan daya tahan tubuh sebanyak -34%, bahkan kekurangan semua jenis Asam Amino Esensial (9AAE) akan menurunkan hormon pertumbuhan tersebut sebanyak -50%. Tentu Ibu tidak mau kondisi ini terjadi pada si Kecil, bukan?

Nah, kecukupan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap bisa Ibu dapatkan dalam susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang diperkaya juga dengan 5 kombinasi nutrisi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, seperti zat besi, vitamin D3, Zinc, magnesium, dan vitamin C tertinggi. 

Tak hanya itu susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga mengandung kombinasi nutrisi untuk mendukung perkembangan otak dan akal kreatif anak, seperti DHA 4x lebih tinggi, omega 3, omega 6, minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin, serta kandungan serat pangan inulin yang menjaga kesehatan saluran pencernaan.