Wah, senangnya melihat bayi sudah mulai mengenal makanan padat! Memperkenalkan makanan pendamping ASI (MPASI) merupakan sebuah tahapan penting bagi tumbuh kembang bayi, Bu. Selama masa ini, pastikan Ibu tetap memberikannya ASI rutin serta menjaga kualitas ASI dengan minum susu Frisian Flag PRIMAMUM untuk dukung imunitas dan akal cermat Si Kecil dengan DHA dan 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ibu dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu.

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Kebanyakan Ibu memilih menu pertama untuk si Kecil adalah MPASI pisang. Sesuai dengan anjuran medis, pemberian pisang pada bayi bisa diberikan sejak mereka berusia 6 bulan. Sehingga penting bagi Ibu untuk memahami pisang yang bagus untuk bayi. Mengingat ada banyak sekali jenis pisang yang ada di pasaran. Namun sebelum itu, mari pahami dulu kandungan nutrisi pisang yuk!

Kandungan Pisang dan Manfaatnya

Tidak hanya lezat, si kuning ini juga kaya akan kandungan Vitamin B6 dan Magnesium yang dapat mendukung perkembangan otak bayi, lho! Berikut adalah kandungan nutrisi dari buah pisang yang bagus untuk bayi:

  • Karbohidrat: sebagai sumber energi.
  • Vitamin A, B6, dan C: kesehatan mata, memaksimalkan fungsi darah, menyehatkan kulit, sistem saraf pusat, serta memperkuat sistem imun tubuh.
  • Kalsium: untuk kesehatan dan pertumbuhan tulang dan gigi.
  • Potassium: sebagai sumber energi.
  • Zat besi: untuk memperkuat tulang dan gigi, membentuk hemoglobin.
  • Serat pektin: memperlancar sistem pencernaan.

Jenis Pisang yang Bagus untuk Bayi

Ada berbagai jenis pisang untuk MPASI yang bisa ditemui di pasaran, tapi tidak semuanya boleh dikonsumsi oleh bayi. Pilih jenis pisang yang bagus untuk bayi berikut ini:

  1. Pisang Susu

    Pisang susu termasuk pisang yang bagus untuk bayi. Teksturnya lembut dan ukurannya kecil, sehingga pas untuk porsi MPASI. Pisang yang bagus untuk bayi ini mengandung beberapa manfaat bagi bayi, antara lain:

    Artikel Sejenis

    • Membantu memperlancar pencernaan
    • Mengandung karbohidrat sebagai sumber energi
    • Melancarkan metabolisme
    • Mengandung vitamin, mineral, dan serat untuk tumbuh kembang bayi
  2. Pisang Emas

    Pisang emas juga termasuk pisang yang bagus untuk bayi. Pisang emas bisa dijadikan menu MPASI bayi karena mengandung karbohidrat, vitamin, dan mineral yang bermanfaat bagi tumbuh kembangnya. Salah satu pisang yang bagus untuk bayi ini juga memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut sehingga akan disukai oleh bayi. Ukurannya yang mungil juga sangat pas untuk porsi bayi.

  3. Pisang Ambon

    Walaupun ukurannya besar, tapi pisang ambon juga menjadi salah satu pisang yang bagus untuk bayi karena memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut. Sebagai pisang yang bagus untuk bayi, pisang ini juga mengandung kalori yang baik untuk metabolisme bayi, serta tinggi kalium untuk meningkatkan energi bayi. Tak hanya itu, pisang ambon mengandung serat yang dapat membantu memperlancar sistem pencernaan bayi.

  4. Pisang Kepok

    Terakhir ada pisang kepok. Pisang ini memang sedikit keras dibandingkan dengan jenis pisang sebelumnya, tapi dagingnya tetap lembut sehingga termasuk ke dalam pisang yang bagus untuk bayi. Agar lebih mudah dikunyah bayi, pisang kepok bisa dikukus atau dihaluskan terlebih dulu. Alasan lainnya mengapa pisang kepok menjadi pisang yang bagus untuk bayi yaitu karena mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi, sehingga ia tidak mudah terserang penyakit.

Resep MPASI Pisang

Setelah mengetahui beberapa pilihan pisang yang bagus untuk bayi, yuk, coba aneka resep pisang untuk MPASI yang mudah berikut!

  • Pure Pisang Sederhana

    MPASI dengan Pisang yang Bagus untuk Bayi

    Bahan-bahan:

    • 1 buah pisang yang bagus untuk bayi
    • ASI perah atau susu pengganti ASI (untuk bayi yang tidak bisa memperoleh ASI dan harus sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan)

    Cara membuat MPASI Pisang:

    1. Kupas pisang yang sudah matang.
    2. Kerok bagian luar pisang menggunakan sendok (buang bagian tengah pisang).
    3. Haluskan dengan garpu dan saringan.
    4. Campurkan pisang yang sudah halus dengan ASI susu pengganti ASI (untuk bayi yang tidak bisa memperoleh ASI dan harus sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan) secukupnya.
    5. MPASI dari pisang yang bagus untuk bayi siap disantap. 
  • Pure Pisang Panggang

    MPASI dengan Pisang yang Bagus untuk Bayi

    Bahan-bahan:

    • 4 buah pisang yang bagus untuk bayi
    • ASI atau susu pengganti ASI (untuk bayi yang tidak bisa memperoleh ASI dan harus sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan)

    Cara membuat MPASI Pisang:

    1. Panaskan oven pada suhu 250 derajat Celsius.
    2. Letakkan pisang pada loyang dan panggang di dalam oven selama kurang lebih 30 menit.
    3. Keluarkan pisang dan dinginkan.
    4. Kupas kulit pisang, lalu masukkan buahnya ke dalam blender. Tambahkan ASI susu pengganti ASI (untuk bayi yang tidak bisa memperoleh ASI dan harus sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan) secukupnya dan blender hingga halus.
    5. Siapkan di dalam wadah, pure pisang panggang siap disajikan.
  • Pure Pisang, Pir, dan Apel

    MPASI dengan Pisang yang Bagus untuk Bayi

    Bahan-bahan:

    • ½ buah pisang yang bagus untuk bayi
    • 1 buah apel
    • ½ buah pir
    • 3-4 sdm ASI atau susu pengganti ASI (untuk bayi yang tidak bisa memperoleh ASI dan harus sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan)

    Cara membuat MPASI Pisang:

    1. Kupas kulit buah dan potong buah kecil-kecil.
    2. Kukus pir dan apel selama kurang lebih 15-20 menit atau hingga lunak.
    3. Masukkan pisang dan ASI susu pengganti ASI (untuk bayi yang tidak bisa memperoleh ASI dan harus sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan) ke dalam food processor lalu tambahkan pir dan apel yang sudah dikukus. Blender hingga halus.
    4. Saring menggunakan saringan kawat.
    5. Sajikan ke dalam wadah.
  • Banana Rice Raisin

    MPASI dengan Pisang yang Bagus untuk Bayi

    Bahan-bahan:

    • 1 buah pisang yang bagus untuk bayi
    • 200 gr nasi (sebaiknya gunakan brown rice)
    • 60-120 ml ASI susu pengganti ASI (untuk bayi yang tidak bisa memperoleh ASI dan harus sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan)
    • Setetes vanilla essence
    • Sejumput pala
    • Sejumput kayu manis
    • 1 sdm kismis, rendam dalam air hangat agar lembut

    Cara membuat MPASI Pisang:

    1. Kupas pisang dan potong-potong.
    2. Masukkan semua bahan ke dalam food processor atau blender hingga lembut dan tercampur rata.
    3. Saring menggunakan saringan kawat.
    4. MPASI pisang siap disajikan.
  • Pure Pisang dan Alpukat

    MPASI dengan Pisang yang Bagus untuk Bayi

    Bahan-bahan:

    • 1 buah pisang yang bagus untuk bayi
    • 1 buah alpukat
    • ASI susu pengganti ASI (untuk bayi yang tidak bisa memperoleh ASI dan harus sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan)

    Cara membuat MPASI Pisang:

    1. Kupas pisang dan potong-potong.
    2. Kupas alpukat dan kerok dagingnya.
    3. Masukkan pisang dan alpukat ke dalam food processor atau blender, tambahkan ASI/ susu pengganti ASI (untuk bayi yang tidak bisa memperoleh ASI dan harus sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan). Blender hingga halus.
    4. Saring menggunakan saringan kawat.
    5. Pure siap disantap.

Sangat mudah dan praktis, bukan, aneka resep MPASI pisang di atas? Semoga ia suka dengan menu MPASI yang sehat dan kaya manfaat ini ya, Bu. Selamat mencoba!

Jangan lupa untuk selalu semangat menjaga produksi dan kualitas ASI untuk tumbuh kembang si Kecil. Jika perlu, Ibu bisa konsumsi asupan nutrisi pendukung supaya lebih optimal.

Agar produksi ASI meningkat baik dalam jumlah maupun kualitasnya, Ibu harus mendapatkan energi tambahan sebanyak 500 kalori setiap harinya (AKG 2019) begitu juga dengan protein dan nutrisi penting lainnya. Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu menyusui yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak si Kecil, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode menyusui dan mendukung produksi ASI.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu ibu menyusui untuk dukung imunitas dan akal cermat Si Kecil dengan DHA, 9 Asam Amino Esensial (AAE) serta 9 nutrisi penting untuk kebaikan Ibu dan si Kecil selama periode menyusui. Dua gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 360 kalori, DHA 68 mg, protein 18 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama menyusui si Kecil. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin.

Namun jika Ibu atau si Kecil mengalami kondisi yang tidak memungkinkan pemberian ASI,  Ibu bisa memberikan susu pendamping ASI sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan ya Bu. Pastikan Ibu memilih susu yang mengandung 9 protein asam amino esensial lengkap dan tinggi DHA, karena protein adalah komponen yang penting untuk mendukung tumbuh dan kembang bayi ya, Bu! 

Selain itu Ibu bisa mengetahui kebutuhan gizi harian si Kecil lebih terperinci melalui fitur Kalkulator Gizi yang juga terdapat dalam Akademi Keluarga Prima. Di fitur ini, Ibu bisa cek kecukupan jumlah gizi harian Si Kecil yang dikembangkan oleh Akademi Keluarga Prima bersama Lora Sri Nofi, PGNutr, MNutrDiet, RD.

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan registrasi Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Daftar sekarang di halaman ini ya!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.