Whatsapp Share Like Simpan

Apa itu probiotik? Probiotik adalah bakteri baik yang berperan penting untuk kesehatan si Kecil. Di balik perannya tersebut, probiotik adalah nutrisi yang memiliki beragam manfaat lain yang tak kalah penting lho, Bu. Namun, sayangnya masih sedikit orang yang memahami pentingnya probiotik. Untuk itu, simak penjelasannya dalam artikel ini, yuk! 

Pembahasan mengenai probiotik adalah bakteri baik pasti selalu berkaitan dengan kesehatan saluran pencernaan manusia yang harus dijaga dengan cara mengonsumsi asupan nutrisi berkualitas. Melansir laman resmi healthline.com, American Family Physician menjelaskan bahwa probiotik adalah nutrisi yang dapat mengobati penyakit gastroenteritis. 

Gastroenteritis merupakan kondisi saat si Kecil mengalami muntah dan diare akibat infeksi atau peradangan pada dinding saluran pencernaan, terutama lambung dan usus. Penyakit ini dikenal juga dengan istilah flu perut atau muntaber. Selain menjaga kesehatan saluran pencernaan, ternyata probiotik termasuk nutrisi yang penting untuk kesehatan otak dan mental si Kecil juga lho, Bu. Oleh karena itu, penting bagi Ibu untuk memahami probiotik adalah salah satu nutrisi yang penting bagi tumbuh kembang si Kecil.

Jenis-jenis Probiotik

Sebagian besar Ibu hanya mengetahui probiotik adalah bakteri baik yang bermanfaat bagi kesehatan saluran pencernaan. Namun, tahukah Ibu bahwa probiotik terbagi ke dalam beberapa jenis sesuai dengan bakterinya? Yup! Jenis-jenis probiotik adalah Bifidobacterium, Lactobacillus, Saccharomyces Boulardii, dan Streptococcus Thermophilus.

Penjelasan tentang probiotik adalah nutrisi penting perlu digali lebih dalam untuk memahami setiap jenisnya. Ini berguna agar Ibu bisa membedakan jenis-jenis probiotik yang bermanfaat bagi kesehatan si Kecil. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa jenis probiotik yang perlu Ibu ketahui: 

Artikel Sejenis

  • Probiotik Bifidobacterium

    Bifidobacterium probiotik adalah jenis probiotik yang sering digunakan untuk meredakan gangguan saluran pencernaan pada anak-anak maupun orang dewasa. Bifidobacterium mempunyai peran yang sangat penting dalam pembentukan berbagai vitamin, terutama vitamin B, vitamin K, dan vitamin B9 (asam folat). Selain itu, Bifidobacterium probiotik adalah bakteri yang memproduksi asam laktat dan asam asetat di usus besar. Dengan begitu, Bifidobacterium sangat penting bagi kesehatan saluran pencernaan dan sistem imun tubuh si Kecil hingga masa depan. 

  • Probiotik Lactobacillus 

    Lactobacillus probiotik adalah jenis probiotik yang bisa ditemukan pada produk-produk makanan yang difermentasi, salah satunya adalah yoghurt. Selain dari produk fermentasi, lactobacillus juga dapat ditemukan dalam bentuk suplemen. Suplemen Lactobacillus bekerja dengan cara menjaga tingkat keasaman di saluran pencernaan, sehingga dapat menghentikan pertumbuhan mikroorganisme berbahaya. Probiotik ini sering digunakan untuk mengatasi diare dan gangguan penyerapan laktosa. 

    Dalam memahami mengenai probiotik adalah bakteri baik bisa dikonsumsi dalam bentuk suplemen, Ibu juga perlu tahu bahwa suplemen Lactobacillus sebaiknya dikonsumsi sesuai dengan anjuran dari dokter. Sebab, suplemen ini sebaiknya dihindari oleh anak-anak maupun orang dewasa yang mengalami beberapa kondisi, seperti alergi, infeksi saluran kemih, diare kronis, dan kondisi medis lainnya. Ibu perlu konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan suplemen tersebut. 

  • Probiotik Saccharomyces Boulardii

    Saccharomyces Boulardii probiotik adalah jenis probiotik yang berasal dari ragi atau jamur. Selain dari produk fermentasi, probiotik ini juga yang bisa Ibu temukan pada kulit manggis dan leci. Probiotik ini diyakini bermanfaat untuk meredakan diare, radang saluran pencernaan, atau iritasi saluran pencernaan. Sama seperti bakteri Lactobacillus, bakteri jenis ini bisa Ibu temukan juga dalam bentuk suplemen. Namun, pemberiannya harus sesuai dengan anjuran dan resep dokter. 

  • Probiotik Streptococcus Thermophilus?

    Streptococcus Thermophilus probiotik adalah jenis probiotik yang dapat memproduksi enzim laktase, yaitu enzim yang dapat mencegah intoleransi laktosa. Kemudian, ada jenis lain yang dikenal dengan nama probiotik Leuconostoc. Probiotik tersebut banyak dimanfaatkan dalam memproses makanan dalam tubuh.

Itulah penjelasan mengenai probiotik adalah bakteri baik yang bisa dibedakan berdasarkan jenis bakterinya. Setelah mengetahui informasi seputar probiotik adalah bakteri yang bermanfaat bagi anak-anak, Ibu diharapkan dapat lebih cermat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan si Kecil dengan optimal. Hal tersebut dikarenakan saluran pencernaan yang sehat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh si Kecil secara keseluruhan.

Cara Kerja Probiotik

Seperti yang telah dijelaskan, berbicara mengenai penjelasan probiotik adalah bakteri baik, maka hal ini berkaitan pula dengan cara kerja dan manfaatnya terhadap tumbuh kembang si Kecil. 

Melansir laman resmi Medicalnewstoday.com, beberapa penelitian menunjukkan hasil bagaimana cara bakteri baik ini bekerja dalam tubuh manusia. Berikut ini beberapa cara yang membuat probiotik berguna bagi kesehatan si Kecil, antara lain:

  • Ketika si Kecil mengonsumsi antibiotik, maka bukan hanya bakteri buruk saja yang terbunuh, melainkan seluruh bakteri baik pun ikut terbunuh. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik, maka tubuhnya akan dapat mengembalikan bakteri-bakteri baik yang terbunuh.
  • Probiotik dapat membantu si Kecil menyeimbangkan antara bakteri baik dan bakteri buruk dalam tubuhnya. Dengan begitu, tubuh si Kecil dapat berfungsi dengan lebih optimal.

Manfaat Probiotik

Dalam memahami konsep apa itu probiotik, maka penting bagi Ibu untuk mengetahui manfaatnya dengan lebih jelas. Berikut ini beberapa manfaat probiotik bagi kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil: 

  • Meningkatkan sistem imun tubuh

    Pemberian makanan yang mengandung probiotik merupakan salah satu cara efektif untuk mencegah si Kecil mengalami gangguan kesehatan. Itulah sebabnya, salah satu manfaat probiotik adalah untuk meningkatkan sistem imun tubuh si Kecil.

    Semakin banyak jumlah probiotik yang ada dalam tubuh, maka semakin efektif pula probiotik dalam menyeimbangkan limfosit B dan T dalam tubuhnya. Limfosit adalah bagian dari sel darah putih yang diproduksi oleh sumsum tulang belakang. Limfosit beserta sel darah putih lainnya berperan dalam menjaga sistem imun tubuh dengan cara memerangi bakteri, virus, dan racun-racun yang masuk ke dalam tubuh agar si Kecil terhindar dari sakit.

  • Menjaga kesehatan saluran pencernaan

    Selanjutnya, manfaat probiotik adalah untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, baik bagi anak-anak hingga orang dewasa. Perlu Ibu ketahui bawah anak-anak sangat rentan mengalami gangguan saluran pencernaan karena sistem pencernaannya masih berkembang dan belum sempurna. Kondisi seperti ini sebenarnya bisa diatasi dengan probiotik karena dapat membuat proses pemecahan makanan dan penyerapan nutrisi bisa berlangsung lebih optimal.

    Selain probiotik, si Kecil juga membutuhkan asupan serat untuk mencegah terjadinya sembelit. Sebab, sembelit jadi masalah pencernaan yang sering dialami oleh anak-anak hingga orang dewasa. Bahkan, 9 dari 10 anak Indonesia kerap mengalami sembelit. Kondisi ini biasa dialami oleh anak-anak karena kekurangan mengonsumsi makanan berserat. 

    Padahal, menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) 2019 dari Kemenkes RI, kebutuhan serat harian anak usia 4-6 tahun sekitar 20 gram per hari. Ibu tidak perlu khawatir karena dengan mengonsumsi susu Frisian Flag PRIMAGRO AAE 3+ sebanyak 3 kali sehari, Ibu sudah bisa memenuhi hampir 40% kebutuhan serat harian si Kecil, karena di dalam susu Frisian Flag PRIMAGRO AAE 3+ terdapat kandungan serat inulin yang menjadi makanan untuk bakteri baik di dalam pencernaan si Kecil.

    Susu Frisian Flag PRIMAGRO AAE 3+ juga diperkaya oleh 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap, serta nutrisi penting lainnya, seperti DHA 4x lebih tinggi, asam lemak omega 3, omega 6, minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, tirosin yang berfungsi untuk mendukung kreativitas si Kecil, serta dikombinasikan dengan nutrisi lain, yakni zat besi, zinc, vitamin D3, magnesium, vitamin C untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuhnya. 

  • Membantu menjaga kesehatan otak dan mental

    Tak sampai di situ lho, Bu. Manfaat lain dari probiotik adalah membantu menjaga kesehatan otak dan mental si Kecil. Ini karena probiotik mampu membuat neurotransmitter bekerja secara efektif dalam proses komunikasi antara otak dan usus. Selain itu, asupan probiotik yang cukup juga bisa memicu produksi hormon bahagia (serotonin) dan hormon relaksasi (melatonin). Hormon tersebut berperan dalam menjaga suasana hati, membantu meningkatkan kualitas tidur, dan dapat mencegah si Kecil mengalami kelelahan.

  • Berguna untuk terapi pengobatan

    Melansir laman resmi healthline.com, manfaat probiotik adalah untuk terapi pengobatan. Meskipun bukan sebagai pengobatan utama, probiotik bisa dikonsumsi untuk membantu terapi pengobatan dan proses penyembuhan. 

Selain yang telah disebutkan di atas, probiotik adalah bakteri baik yang bermanfaat untuk mengurangi risiko munculnya alergi dan eksim, memperbaiki gejala akibat intoleransi laktosa, dan mengurangi infeksi saluran pernapasan atas. Oleh karena itu, kehadiran probiotik sangat diperlukan agar kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil optimal. Ibu bisa mendapatkan probiotik dari susu pertumbuhan, tempe, yogurt, keju, dan sup miso.