Memasuki perkembangan bayi 9 bulan tentu semakin banyak tingkah lakunya yang menggemaskan ya, Bu? Pada usia ini, selain menstimulasinya untuk lebih lancar berjalan dan berbicara, Ibu juga perlu mendukungnya untuk cerdas bersosialisasi. Demi mendukung proses tumbuh kembang si Kecil agar cerdas bersosialisasi, selain memberikannya stimulasi, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil dengan memberikannya ASI yang cukup dan berkualitas. Untuk itu Ibu perlu mengonsumsi susu Frisian Flag PRIMAMUM yang mengandung tinggi DHA yang bermanfaat untuk mendukung perkembangan otak si Kecil, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ibu dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu. Dukung si Kecil tumbuh Cermat dan Kuat dengan Frisian Flag PRIMAMUM.

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Mendukung si Kecil cerdas bersosialisasi dapat membantunya dalam banyak hal. Misalnya saja, dapat membantu si Kecil untuk lebih berani, belajar hal baru, memahami emosi orang lain, dan dapat membantu si Kecil dalam hal berbagi. 

Nah, sekarang mari cari tahu apa saja perkembangan bayi 9 bulan agar cerdas bersosialisasi serta stimulasinya ya Bu.

Bagaimana Perkembangan Bayi 9 Bulan?

Di usia 9 Bulan ini biasanya akan ada banyak perkembangan motorik si Kecil yang terlihat semakin terampil. Perkembangan bayi 9 bulan ini biasanya merangkak, bertepuk tangan, atau hal lainnya yang memperlihatkan si Kecil sangat aktif. 

Agar prosesnya bisa Ibu nikmati dengan baik, mari pahami perkembangan bayi 9 bulan sehingga dapat menentukan stimulasi yang tepat dan menyenangkan:

Artikel Sejenis

  • Merangkak

    Perkembangan bayi 9 bulan yang pertama biasanya merangkak. Beberapa bayi memiliki gaya merangkak yang berbeda. Lucunya mungkin Ibu akan menemukan gaya merangkak si Kecil lebih seperti merayap tentara, menarik diri di atas perutnya, atau merangkak dengan satu kaki ke atas. 

    Pastikan rumah Ibu dalam kondisi yang aman dan mendukung perkembangan bayi 9 bulan ini. Jika dirasa perkembangan bayi 9 bulan belum bisa merangkak, Ibu bisa tanyakan langsung kepada dokter untuk memastikan kondisi si Kecil ya.

  • Berdiri

    Perkembangan bayi 9 bulan selanjutnya adalah mulai berdiri. Si Kecil mungkin bisa menarik dirinya ke posisi berdiri dengan berpegangan pada furnitur disekitarnya atau bahkan sambil memegang tangan Ibu. 

    Di momen ini, ada baiknya Ibu selalu waspada jika si Kecil akan beberapa kali jatuh, namun ini adalah proses yang wajar ya, Bu. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, Ibu juga bisa memberikan alas kasur di bawahnya supaya selalu aman.

  • Melambai

    Perkembangan bayi 9 bulan selanjutnya yaitu saat si Kecil mulai bersosialisasi atau tepatnya saat si Kecil mulai berusaha untuk melambaikan tangan sebagai tanda “halo” atau “dadah”, atau mengarahkan tangannya ke arah wajah Ibu dengan kasar atau dengan lembut. 

    Tentu saat terasa kasar, si Kecil tidak bermaksud menyakiti Ibu, mungkin ini sebagai bentuk gemas atau penasaran dengan wajah Ibu. Tidak apa-apa ya Bu, itu tandanya si Kecil sedang berkembang.

  • Bertepuk tangan

    Perkembangan bayi 9 bulan selanjutnya adalah ketika si Kecil akan mulai menyatukan kedua telapak tangannya. Meski tampak sederhana, tapi bertepuk tangan membutuhkan koordinasi tangan-mata yang serius. 

    Untuk melatih kemampuan ini, Ibu bisa memberikan stimulasi dengan menyanyikan lagu-lagu yang memiliki gerakan bertepuk tangan.

  • Jari yang semakin tangkas

    Karena jari tangannya yang semakin mahir, si Kecil mungkin akan sangat senang memasukkan barang-barang ke dalam wadah dan mengeluarkannya lagi. Selalu berikan stimulasi di fase ini ya, Bu. 

    Dengan begitu, perkembangan bayi 9 bulan semakin sempurna dalam genggaman menjepit, yang memungkinkan mereka mengambil benda-benda kecil di antara ibu jari dan jari telunjuk. 

    Namun, fase ini termasuk kemampuan si Kecil untuk memasukkan benda ke dalam mulutnya juga. Jadi, sangat penting untuk memastikan mainan kecil, koin, baterai kancing, jauh dari jangkauan si Kecil karena bahaya tersedak kalau sampai mereka memasukkannya ke dalam mulut.

  • Pandai berceloteh

    Si Kecil yang memasuki usia 9 bulan sudah semakin mampu memahami kata-kata yang Ibu ucapkan. Bahkan, sesekali ia akan berusaha memberikan respons dengan kata-kata juga. 

    Ocehan itu mungkin terdengar seperti kalimat nyata meskipun tidak ada yang akan memahami maksudnya. Namun, Ibu mungkin mulai mengenali beberapa kata yang seperti “mama”, “dada”, atau “hai”.

  • Kemampuan sosialnya semakin baik

    Seiring dengan semakin pandainya ia berceloteh, kemampuan bersosialisasi bayi 9 bulan juga makin terasah. Si Kecil sudah bisa menunjukkan tanda-tanda ketidaknyamanan ketika ia tidak sedang bersama dengan Ibu dan Ayah. Namun, ia akan mulai membuka diri saat mulai terbiasa dengan suasana dan orang yang baru ia temui.

Baca juga: 5 Stimulasi Bayi 11 Bulan untuk si Kecil yang Prima

Stimulasi Perkembangan Bayi 9 Bulan Agar Cerdas Bersosialisasi

perkembangan psikologi bayi usia 9 bulan - ibudanbalita

Bukan hanya kemampuan motoriknya saja yang perlu didukung perkembangannya ya, Bu. Perkembangan psikologi bayi usia 9 bulan juga bisa didukung dengan stimulasi bersosialisasi. Kemampuan sosial si Kecil juga sebaiknya Ibu berikan stimulasi agar kelak ia bisa mudah bergaul dengan orang baru dan beradaptasi dengan lingkungan yang asing.

Mempelajari keterampilan sosial termasuk bagian penting dari perkembangan psikologi bayi usia 9 bulan. Sebab, keterampilan sosial yang baik memungkinkan si Kecil untuk melakukan tahap sosialisasi secara positif dan lebih terbuka untuk mengungkapkan kebutuhan, keinginan, serta perasaan mereka 

Pada usia ini, si Kecil masih butuh waktu untuk menyesuaikan diri dan bertemu dengan orang baru. Jika sudah merasa nyaman, anak usia 9 bulan cenderung suka menjadi pusat perhatian dan menunjukkan tingkah lucunya. Maka dari itu, Ibu perlu memberikan stimulasi bayi 9 bulan agar cerdas bersosialisasi seperti berikut:

  • Undang teman-teman sebayanya

    Proses sosialisasi si Kecil bisa dimulai dengan mengundang teman-teman sebayanya untuk bermain bersama di rumah. Hal ini dilakukan agar si Kecil tetap merasa nyaman dengan lingkungan sekitarnya.

    Meski membutuhkan waktu, bermain bersama dengan teman sebaya akan membantu membentuk pola sosialisasi si Kecil. Biarkan ia mengenal teman-teman bermainnya secara natural ya, Bu. Jangan lupa untuk memberikan si Kecil apresiasi karena dia telah berusaha untuk bersosialisasi dengan baik.

  • Ajak si Kecil ke taman bermain

    Selain mengundang teman sebayanya untuk bermain bersama di rumah, Ibu juga bisa mengajak si Kecil pergi ke taman bermain. Taman bermain yang dipenuhi oleh anak-anak seusia maupun lebih dewasa dari si Kecil bisa menjadi kegiatan yang baik untuk melatih anak berkomunikasi, berinteraksi, mengenal lingkungan, dan mengekspresikan diri.

  • Latih si Kecil berkomunikasi

    Bayi usia 9 bulan memang belum sepenuhnya mengerti apa yang Ibu katakan. Namun, sering mengajaknya berkomunikasi akan membuatnya belajar setiap hal yang Ibu katakan. Melibatkannya dalam percakapan akan membantu si Kecil dalam mengekspresikan apa yang sedang dipikirkan. 

Itulah sejumlah perkembangan bayi 9 bulan dengan beberapa stimulasi bersosialisasi yang bisa Ibu lakukan bersama si Kecil. Selain stimulasi, tentu nutrisi dibutuhkan sehingga perkembangan si Kecil di setiap usia bisa berproses dengan baik. 

Sehingga wajib bagi Ibu untuk selalu memastikan kualitas dan kuantitas ASI sebagai sumber nutrisi utama di usia 9 bulan ini. Menurut penelitian, di usia 9 bulan, bayi membutuhkan sekitar 750 hingga 900 kalori sehari dengan sekitar 400 hingga 500 kalori tersebut berasal dari ASI atau susu formula atau kombinasi keduanya.

Agar produksi ASI meningkat baik dalam jumlah maupun kualitasnya, Ibu harus mendapatkan energi tambahan sebanyak 500 kalori setiap harinya (AKG 2019) begitu juga dengan protein dan nutrisi penting lainnya. Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu menyusui yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak si Kecil, 9 Asam Amino Esensial (AAE), protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode menyusui dan mendukung produksi ASI.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu ibu menyusui yang bisa mendukung si Kecil tumbuh Cermat dan Kuat dengan tinggi DHA, 9 Asam Amino Esensial (AAE) serta 9 nutrisi penting untuk kebaikan Ibu dan si Kecil selama periode menyusui. Dua gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 360 kalori, DHA 68 mg, protein 18 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama menyusui si Kecil. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin.

Namun jika Ibu atau si Kecil mengalami kondisi yang tidak memungkinkan pemberian ASI, Ibu bisa memberikan susu pendamping ASI sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan ya Bu. Pastikan Ibu memilih susu yang mengandung 9 protein asam amino esensial lengkap dan tinggi DHA, karena protein adalah komponen yang penting untuk mendukung tumbuh dan kembang bayi ya, Bu! 

Selain pemenuhan nutrisi dan memahami setiap perkembangan bayi 9 bulan, Ibu juga bisa mengetahui progres pertumbuhan dan perkembangannya melalui fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima. Di fitur ini, tinggi badan anak, berat badan, lingkar kepala, dan indeks massanya akan diukur, serta disesuaikan dengan grafik pertumbuhan dari WHO. Yuk coba sekarang!

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan registrasi Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Daftar sekarang di sini ya!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.