Perkembangan bayi 8 bulan umumnya ditandai dengan si Kecil yang mulai belajar untuk merangkak dan berdiri sendiri. Pada usia ini, si Kecil akan mulai merasa penasaran dengan hal-hal di sekelilingnya.

Banner Register
Banner AKP
Banner Register

Ibu perlu memahami tahapan-tahapan apa saja yang akan si Kecil lewati ketika ia memasuki usia 8 bulan. Hal ini agar Ibu bisa memberikan stimulasi yang tepat untuk mendukung tumbuh kembang bayi 8 bulan.

Dalam usia ini, kemampuan motoriknya sudah semakin baik lho, Bu. Berikut tahapan perkembangan bayi 8 bulan yang perlu Ibu ketahui.

5 Tahap Perkembangan Bayi 8 Bulan

Mulai dari kemampuan motorik halus, kemampuan motorik kasar, kemampuan berkomunikasi dan berbahasa, kemampuan sosial dan emosional, hingga fisik si Kecil akan mengalami peningkatan di usia 8 bulan.

  1. Perkembangan kemampuan motorik kasar

    Perkembangan bayi 8 bulan dari segi motorik kasar sudah menunjukkan banyak kemajuan, ya Bu. Si Kecil biasanya sudah bisa berguling, duduk sendiri, dan mengubah posisi dari berdiri atau berbaring menjadi duduk.

    Artikel Sejenis

    Setelah di usia sebelumnya si Kecil belajar berdiri sendiri dengan berpegangan tetapi belum lancar, kini ia sudah bisa mengangkat tubuhnya dengan menggunakan tangan dan lutut.

  2. Perkembangan kemampuan motorik halus

    Keingintahuan bayi usia 8 bulan ketika melihat objek menarik di sekitarnya akan semakin besar pada usia ini. Si Kecil akan berusaha untuk mengambil benda yang menarik perhatiannya.

    Ibu perlu menjauhkan benda-benda berbahaya seperti gunting, jarum, kabel listrik, dan benda berbahaya lainnya dari hadapan si Kecil. Sebagai gantinya, Ibu bisa memberikan mainan bayi 8 bulan untuk mendukung perkembangannya ini.

    Selain itu, si Kecil juga memiliki beberapa kemampuan lain, di antaranya:

    • Menggerakkan mainan untuk menuntaskan rasa penasarannya dengan berbagai cara, seperti membanting, mengocok, meremas, memukul, dan menjatuhkannya.
    • Mulai sering bermain dengan mainan yang bentuknya menyerupai benda aslinya seperti telepon mainan.
    • Mulai bisa menyantap finger foods yang Ibu berikan seperti wortel, apel, atau brokoli yang sudah dipotong dan dimasak hingga lunak.
  3. Perkembangan kemampuan berkomunikasi dan berbahasa

    Dilihat dari kemampuan berkomunikasi dan berbahasanya, perkembangan bayi 8 bulan sudah mulai bisa merespons kata-kata yang sering di dengarnya. Si Kecil akan semakin cerewet meski pelafalannya belum jelas.

    Berdasarkan paparan NHS UK, bayi yang berusia 6-9 bulan akan mulai mengenali penggunaan frasa tertentu dalam konteksnya. Untuk mendukung perkembangannya ini, Ibu bisa mencoba mengajak si Kecil berkomunikasi dan mengenalkannya dengan berbagai benda yang ada di sekitarnya.

  4. Perkembangan kemampuan sosial dan emosional

    Kemampuan sosial si Kecil akan terus berkembang, ya Bu. Pada usia 8 bulan ia sudah dapat meniru perilaku orang di sekitarnya. Misalnya berpura-pura bicara di telepon, minum dari cangkir, atau menyisir rambut.

    Emosinya juga terlihat semakin jelas di fase ini. Dalam beberapa bulan ke depan setelah melewati usia 8 bulan, si Kecil sudah mulai bisa belajar menghargai, meniru suasana hati, dan mungkin menunjukkan rasa simpatinya.

  5. Perkembangan fisik

    Selain perkembangan motorik dan emosional, si Kecil juga akan menunjukkan perkembangan pada bagian fisiknya. Berikut adalah perkembangan fisik bayi 8 bulan menurut grafik pertumbuhan WHO yang diterbitkan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), ukuran tubuh rata-rata anak laki-laki dan perempuan berbeda.

    Sementara bayi perempuan umumnya memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibanding bayi laki-laki. Berikut pertumbuhan rata-ratanya:

    • Berat badan: 8 kg
    • Panjang badan: 69 cm
    • Lingkar kepala: 43,5 cm

    Indeks massa tubuh: 16,8 kg/m²

    Untuk anak laki-laki, berikut ukuran tubuh yang dicapai ketika memasuki usia 8 bulan:

    • Berat badan: 8,6 kg
    • Panjang badan: 70,5 cm
    • Lingkar kepala: 44,5 cm
    • Indeks massa tubuh: 17,3 kg/m²

Stimulasi Tepat untuk Mendukung Perkembangan Bayi 8 Bulan

Stimulasi Perkembangan Bayi 8 Bulan

Rasa ingin tahu si Kecil yang semakin tinggi pada usia ini perlu didukung dengan stimulasi yang tepat agar perkembangannya semakin optimal. Ibu bisa memberikan salah satu stimulasi bayi 8 bulan berikut ini:

  • Bermain air

    Saat sedang mandi, ajak si Kecil bermain sedikit. Biarkan si Kecil memercik, meraih, dan menepuk-nepuk air. Bila perlu, Ibu juga dapat menambahkan beberapa mainan kamar mandi dan meminta si Kecil untuk mencoba mengambilnya saat mengapung di atas air. Stimulasi ini bagus untuk meningkatkan koordinasi tangan, mata, dan keterampilan motorik.

  • Latih si Kecil memegang makanannya sendiri

    Ibu bisa mencoba memberikan MPASI padat seperti buah atau sayur yang dipotong memanjang. Pilih buah atau sayuran yang mudah dipegang namun memiliki tekstur empuk seperti pisang.

  • Ajak si Kecil menari dan menyanyi

    Perkembangan bayi 8 bulan bisa Ibu latih dengan mengajaknya menari dan menyanyi ringan. Aktivitas ini akan mendorong keterampilan motorik si Kecil.

Kesehatan Bayi Usia 8 Bulan

Begitu menyadari bahwa perkembangan anak 8 bulan di atas tidak dialami oleh si Kecil, Ibu bisa konsultasikan lebih lanjut dengan dokter. Hal ini perlu dilakukan agar Ibu bisa tahu apakah ada masalah dengan si Kecil atau tidak.

Jika si Kecil tidak mengalami kondisi medis yang serius, dokter biasanya tidak akan melakukan pemeriksaan terkait kesehatan dan perkembangan si Kecil.

Demikian informasi terkait perkembangan bayi 8 bulan yang harus Ibu ketahui. Informasi tersebut bisa dijadikan pedoman untuk memantau sejauh mana tumbuh kembang si Kecil.

Selain stimulasi, jangan lupa juga untuk memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak usia 8 bulan melalui pemberian ASI. 

Agar produksi ASI meningkat baik dalam jumlah maupun kualitasnya, Ibu harus mendapatkan energi tambahan sebanyak 500 kalori setiap harinya (AKG 2019) begitu juga dengan protein dan nutrisi penting lainnya. Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu menyusui yang mengandung 9AAE (9 Asam Amino Esensial yaitu jenis protein siap serap yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh) untuk mendukung pertumbuhan sel otak, otot dan tulang si Kecil serta menjaga kesehatan ibu dan 9 nutrisi penting lainnya seperti: tinggi asam folat, omega 3 (ALA)/DHA, Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng agar kebutuhan nutrisi Ibu selama periode menyusui tercukupi dan produksi ASI meningkat .

Frisian Flag Primamum adalah susu ibu menyusui dengan 9AAE + 9 Nutrisi Penting untuk melengkapi nutrisi Ibu dan si Kecil selama periode menyusui. Dua gelas Frisian Flag Primamum mengandung energi sebanyak 360 kalori, protein 18 gram, DHA 68 mg dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan ibu menyusuil. DHA dibutuhkan si Kecil untuk mendukung pertumbuhan sel otaknya di 1000 Hari Pertama Kehidupannya. Frisian Flag Primamum tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin.

Supaya perkembangan bayi 8 bulan tidak sampai terlewatkan, Ibu bisa memantaunya melalui melalui fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima. Tinggi badan, berat badan, lingkar kepala, dan indeks massa si Kecil nantinya akan diukur serta disesuaikan dengan grafik pertumbuhan dari WHO. Yuk coba fiturnya di halaman ini!