Whatsapp Share Like Simpan

Ibu pasti sering mendengar fungsi vitamin A yang paling utama yaitu menjaga kesehatan mata. Akan tetapi, fungsi vitamin A bukan hanya itu saja lho, Bu. Kehadiran vitamin A berperan dalam meningkatkan sistem imun tubuh anak.

Melansir laman resmi WHO, kekurangan vitamin A pada anak dapat meningkatkan risiko gangguan penglihatan, munculnya penyakit infeksi seperti diare dan campak, kulit dan mata kering, masalah pada saluran pernapasan, dan proses penyembuhan luka pada tubuh menjadi lebih lama. Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan RI mencanangkan bulan Februari dan Agustus sebagai bulan vitamin A agar kebutuhan vitamin ini tercukupi dengan optimal. 

Melansir laman resmi kemkes.go.id, Kementerian Kesehatan RI menganjurkan pemberian suplemen vitamin A kapsul biru (dosis 10.000 IU) untuk bayi berusia 6-11 bulan dan vitamin A kapsul merah (dosis 200.000 IU) untuk anak berusia 1-5 tahun. Vitamin A tersebut bisa Ibu dapatkan di fasilitas kesehatan, seperti posyandu, rumah sakit, puskesmas, dan klinik kesehatan lainnya secara gratis.

Selain dari pemberian suplemen, fungsi vitamin A juga bisa Ibu dapatkan secara alami dari makanan sehat, seperti sayuran dan buah-buahan. Untuk mengetahui fungsi vitamin A dan sumber makanannya, simak penjelasannya di bawah ini ya, Bu.

Ragam Fungsi Vitamin A untuk Anak

Berikut ini beberapa fungsi vitamin A untuk si Kecil yang perlu Ibu ketahui:

Artikel Sejenis

  • Menjaga kesehatan mata

    Seperti yang Ibu ketahui, fungsi vitamin A yang sering disebut yaitu dapat menjaga kesehatan mata. Mencukupi asupan vitamin A pada si Kecil terbukti mampu melindungi mata dari kerusakan sel, meningkatkan penglihatan, dan menurunkan risiko munculnya berbagai penyakit mata di kemudian hari.

  • Meningkatkan sistem imun tubuh

    Fungsi vitamin A juga penting untuk menjaga sistem imun tubuh si Kecil agar berfungsi dengan baik, sehingga tubuhnya akan lebih kuat melawan penyakit. Ini karena fungsi vitamin A turut berperan dalam pembentukan sel-sel imun guna melawan infeksi dan menghasilkan antibodi yang kuat.

  • Mengurangi risiko terkena penyakit

    Fungsi vitamin A yang tak kalah penting yaitu berperan sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Dengan memenuhi asupan vitamin A, si Kecil dapat terhindar dari risiko munculnya berbagai penyakit.

  • Mendukung proses pertumbuhan

    Fungsi vitamin A selanjutnya yaitu dapat mendukung proses pertumbuhan si Kecil lebih optimal. Oleh karena itu, pemerintah melalui Kemenkes RI gencar mencanangkan pemberian vitamin A secara gratis kepada anak-anak Indonesia. 

  • Menjaga kesehatan tulang

    Fungsi vitamin A yang sayang untuk dilewatkan yaitu dapat membantu proses pembentukan tulang si Kecil. Mungkin selama ini Ibu mengetahui jenis nutrisi yang paling dibutuhkan tulang adalah protein, vitamin D, dan kalsium, tetapi ternyata fungsi vitamin A juga mendukung kesehatan si Kecil lho.

  • Membantu mengatasi campak

    Tahukah Ibu bahwa salah satu faktor utama risiko penyakit campak yaitu karena kekurangan vitamin A dalam tubuh. Maka dari itu, fungsi vitamin A penting untuk membantu mengatasi penyakit campak. Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan pemberian vitamin A kepada anak-anak di bawah usia 5 tahun secara optimal setiap harinya.

  • Mencegah risiko anemia

    Selain mengonsumsi makanan kaya zat besi, Ibu juga perlu memasukkan vitamin A ke dalam menu makanan si Kecil karena fungsi vitamin A dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah (hemoglobin) dalam tubuhnya agar terhindar dari anemia.

Menurut penelitian dari Persatuan Ahli Gizi Indonesia, kekurangan vitamin A pada anak-anak berisiko meningkatkan anemia. Oleh karena itu, fungsi vitamin A juga dapat meningkatkan produksi hemoglobin dalam tubuh. Supaya pembentukan sel darah merah dalam tubuh lebih optimal, Ibu bisa mengombinasikan pemberian vitamin A dengan zat besi sesuai dengan batas normal.

Sumber Makanan yang Kaya Vitamin A

Mengingat banyaknya fungsi vitamin A bagi kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil, kini saatnya Ibu mencukupi asupan nutrisi ini secara tepat. Vitamin A dalam makanan terbagi ke dalam 2 bentuk, yaitu retinol (vitamin A1) yang ditemukan pada sumber makanan hewani dan karotenoid (beta karoten) yang ditemukan pada sumber makanan nabati.

Berikut ini beberapa makanan hewani yang mengandung vitamin A, di antaranya:

  • Susu
  • Hati sapi dan hati ayam
  • Ikan salmon
  • Telur
  • Minyak hati ikan kod
  • Keju

Sedangkan, beta karoten adalah zat pada tanaman yang dengan cepat diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Berikut ini beberapa makanan yang banyak mengandung beta karoten, di antaranya:

  • Ubi jalar
  • Labu
  • Brokoli
  • Sawi
  • Wortel
  • Bayam

Lantas, berapa kebutuhan vitamin A harian untuk anak usia 1-3 tahun? Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) tahun 2019 dari Kementerian Kesehatan RI, jumlah asupan vitamin A untuk anak 1-3 tahun yaitu 300 mcg per hari. Dengan begitu, si Kecil bisa merasakan fungsi vitamin A lebih optimal sehingga membantu meningkatkan kesehatan tubuhnya.

Asupan vitamin A juga bisa Ibu dapatkan dalam susu pertumbuhan, yaitu susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+. Pada susu pertumbuhan ini, jumlah asupan vitamin A yang bisa didapatkan oleh si Kecil yaitu sekitar 35% dari AKG setiap minum 1 gelas susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+.. Dengan konsumsi 3 gelas sehari, Ibu sudah mencukupi 100% kebutuhan vitamin A anak.

Selain vitamin A, susu  Frisian Flag PRIMAGRO 1+ mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap. Asupan 9AAE ini harus Ibu dapatkan dari sumber protein berkualitas seperti susu karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri. 

9 Asam Amino Esensial (9AAE) merupakan bentuk sederhana dari protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh? Terutama dalam masa tumbuh kembang anak-anak. Asupan 9AAE ini harus dipenuhi dalam jumlah yang lengkap. 

Sebab, penelitian di National Center for Biotechnology Information yang menyebutkan bahwa kekurangan 1 jenis 9 Asam Amino Esensial (9AAE) akan menurunkan hormon pertumbuhan, termasuk potensi tinggi badan, tingkat kecerdasan, dan daya tahan tubuh sebanyak -34% dan kekurangan semua jenis 9 AAE akan menurunkan hormon pertumbuhan tersebut sebanyak -50%. Itulah sebabnya, 9 jenis Asam Amino Esensial harus dikonsumsi oleh si Kecil secara lengkap yang meliputi leusin, isoleusin, valin, triptofan, fenilalanin, metionin, treonin, lisin, dan histidin.

Selain itu, susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga diperkaya dengan 8 kombinasi nutrisi penting lainnya untuk mendukung kreativitas si Kecil, seperti DHA 4x lebih tinggi, omega 3, omega 6, minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, & tirosin.

Tak hanya itu lho, Bu, susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga mengandung 5 kombinasi nutrisi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, di antaranya zat besi, vitamin D3, zinc, magnesium, dan vitamin C. Dengan banyaknya kandungan nutrisi di dalam susu Frisian FIag PRIMAGRO 1+, maka akan mendukung potensi si Kecil tumbuh lebih kreatif, tangguh, dan percaya diri.