Share Like
Simpan

Apakah Ibu telah resmi dinyatakan positif hamil? Selamat! Ibu dan Ayah pasti sangat bahagia dengan berita ini, ya. Bulan-bulan selanjutnya akan menjadi masa yang penuh dengan petualangan seru dalam menantikan si Kecil lahir ke dunia.

Namun kemudian, menginjak minggu ketiga, biasanya yang ditakuti mulai datang: mual-mual dan muntah. Mual dan muntah yang sering disebut morning sickness ini biasanya memang datang pagi hari, tapi ada juga yang datang sore dan malam hari.

Bagi sebagian ibu, mual dan muntah hanya dirasakan sedikit saja dan tak mengganggu aktivitas. Namun bagi sebagian ibu lainnya, termasuk saya, mual dan muntah yang datang dirasakan bisa sangat parah, bahkan membuat Ibu jadi tak bisa menikmati makanan.

Kalau sudah begini, saya punya tips yang bisa Ibu praktekkan. Yaitu jangan terlalu kenyang, tapi juga jangan membiarkan perut kosong. Ketika perut Ibu kosong, maka asam lambung yang tak bisa mencerna makanan akan melukai usus. Hal ini akan membuat mual yang dirasakan tambah parah. Sebaliknya, jika perut ibu terlalu penuh, maka sistem pencernaan pun akan melemah, dan ini juga mengakibatkan mual. Jurus saya waktu dulu adalah selalu menyiapkan camilan (biskuit, kacang-kacangan, buah-buahan) di mana saja, agar perut tak kosong dan juga tak terlalu penuh.

Nah, selain camilan, pasti Ibu juga membutuhkan makanan yang menenangkan alias comfort food, bukan? Kalau saya, akan merasa lebih tenang kalau mengonsumsi makanan yang agak berkuah. Oleh karena itu, di sini saya ingin berbagi resep comfort food versi saya, yang sangat mudah dipraktekkan sehingga Ayah pun bisa membuatkan di dapur. Resep ini juga tinggi protein karena menggunakan ayam sebagai bahan bakunya, dan kaya serat karena mengandung buah, lho!

Ayam Panggang Saus Buah Pear
Bahan-bahan:
- 3 buah pear ukuran sedang
- 750 gram dada ayam, dipotong panjang (seperti chicken nugget)
- 2 sendok makan pasta tomat
- 2 siung bawang merah, iris tipis
- 2 siung bawang putih, iris tipis
- 2 sendok makan cuka apel (bisa diganti dengan ½ sendok teh perasan lemon)
- 1 sendok makan gula coklat
- 1 sendok makan kecap inggris
- 1 sendok teh cabe bubuk (bisa dipakai bisa tidak)
- ½ sendok teh lada hitam, dibagi dua hingga menjadi masing-masing ¼
- ½ sendok teh garam, dibagi dua hingga menjadi masing-masing ¼
- 2 sendok teh minyak goreng

Cara membuat:

  1. Potong dua tiap buah pear, sisihkan bijinya kemudian potong-potong kecil. Letakkan buah pear yang telah dipotong-potong, pasta tomat, bawang merah, bawang putih, cuka apel, gula coklat, kecap inggris, cabe bubuk, ¼ lada hitam dan ¼ garam serta 1 sendok makan air di dalam blender atau food processor, kemudian proses hingga menjadi saus. Bagi saus ke dalam 2 mangkuk.
  2. Siapkan panggangan. Oles tiap ayam dengan minyak, sisa garam dan lada hitam, kemudian panggang hingga 3 menit per bagian. Jika warnanya telah berubah, mulai oleskan saus buah pear. Panggang tiap sisi selama 3-5 menit (tergantung ketebalan dada ayam).
  3. Angkat ayam dari panggangan dan oleskan lagi saus yang tak terkena dada ayam mentah. Jika Ibu suka, sausnya bisa dimakan lagi untuk cocolan ayam.


SUP BIHUN AYAM JAGUNG MANIS

Bahan-bahan:
- 2 wortel besar, iris-iris
- 2 daun bawang, iris tipis-tipis
- 2 buah jagung manis, disisir
- 2 buah bihun
- 1 ikat peterseli, potong kecil-kecil

Untuk kaldu:
- 2 bawang Bombay, potong empat
- 1 dain bawang, potong besar
- 2 wortel, iris besar
- 2 buah daun salam
- 6 buah lada hitam
- 1.3 kg ayam

Cara membuat:

  1. Letakkan semua bahan kaldu dan ayam di dalam wadah besar, kemudian tuangkan air sebanyak 3 liter. Rebus, kecilkan api dan masak hingga 1 – 1 ½ jam, hingga ayamnya matang. Sisihkan lemak di atas kaldu setiap 20 menit. Ambil ayamnya dan dinginkan. Kemudian saring kaldunya dan sisihkan lemaknya.
  2. Cuci wadah dan letakkan kaldu kembali, lalu panaskan dengan api suhu tinggi hingga air berkurang hingga 2 liter. Tambahkan wortel dan daun bawang, kemudian didihkan hingga 10 menit.
  3. Sementara itu, potong-potong ayam, buang kulit dan dadanya. Masukkan ke dalam wadah bersama jagung manis. Tambahkan bihun dan masak hingga 7 menit sampai semuanya matang. Tuangkan ke dalam mangkuk, dan taburi dengan peterseli. Jika ingin membekukannya, tunggu sup sampai dingin sebelum memasukkannya ke dalam freezer. Jika ingin memakannya kembali, tunggu sup sampai mencair lalu panaskan.


Bagaimana, Bu? Sangat mudah dan cepat kan, membuat masakan ini? Rasanya enak, dan yang pasti penuh nutrisi yang sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan bayi Ibu.

Selain protein dan serat yang didapatkan dari resep tadi, ada baiknya juga bila Ibu melengkapi nutrisi makanan dengan Frisian Flag Mama yang dilengkapi dengan kandungan asam lemak esensial, yaitu ALA (Omega-3) dan LA (Omega-6). Keduanya bisa ikut menunjang pertumbuhan sel otak dan retina pada janin. Selain itu, FF Mama juga mengandung protein tinggi, asam folat, Kolin, zat besi, serta 28 jenis vitamin lainnya yang hadir untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Ibu dan janin saat ini. Jadi, dengan rutin minum susu, gizi yang dibutuhkan Ibu dan si Kecil pun bisa terus terpenuhi dengan baik di masa kehamilan ini.

Selamat mencoba, Bu!