Whatsapp Share Like Simpan

Selain kaya serat yang penting bagi pencernaan, buah yang mengandung vitamin A juga bermanfaat untuk mendukung kesehatan mata si Kecil lho, Bu. Umumnya vitamin A bisa kita temukan pada hampir semua jenis buah-buahan, tapi sebagian buah mengandung vitamin A dengan jumlah yang lebih tinggi. Apa saja rekomendasi buah yang mengandung vitamin A untuk si Kecil? Yuk, intip daftar buahnya berikut ini.

  1. Stroberi

    Kebanyakan anak-anak pasti menyukai buah satu ini. Selain memiliki rasa manis dan asam yang menyegarkan, ternyata stroberi juga mengandung berbagai manfaat. Buah yang mengandung vitamin A ini berperan untuk menjaga kesehatan mata, kulit, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan membantu mendukung daya tahan tubuh si Kecil. Menurut U.S. Department of Agriculture, dalam 100 gram stroberi mengandung vitamin A sekitar 7 mcg yang baik bagi kesehatan si Kecil.

  2. Blewah

    Meskipun jarang terdengar, ternyata blewah juga termasuk buah yang mengandung vitamin A dan manfaatnya penting bagi kesehatan si Kecil. Blewah mengandung beta karoten yang cukup tinggi. Beta karoten berperan untuk membantu mencegah munculnya penyakit. 

    Menurut U.S Department of Agriculture, dalam 100 gram blewah mengandung sekitar 232 mcg vitamin A atau setara dengan 45% kebutuhan harian si Kecil. Waaah… Cukup tinggi juga ya, Bu?

  3. Jambu biji

    Si Kecil gemar mengonsumsi jambu biji? Kabar gembiranya, jambu biji juga termasuk buah yang mengandung vitamin A yang penting untuk kesehatan mata si Kecil. Selain itu, jambu biji juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan kulit, membantu mencegah penyakit, dan mencegah sembelit atau konstipasi.

    Artikel Sejenis

  4. Mangga

    Siapa yang tidak suka mangga? Perpaduan rasa manis dan asam yang segar membuat buah yang satu ini jadi favorit banyak orang, apalagi anak-anak. Mangga juga dikenal sebagai buah yang mengandung vitamin A dengan jumlah yang cukup tinggi. Menurut U.S Department of Agriculture, dalam 1 buah mangga utuh mengandung 112 mcg vitamin A atau setara dengan 45% jumlah kebutuhan vitamin A harian si Kecil. 

    Selain mendukung kesehatan mata, buah yang mengandung vitamin A ini pun dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan saluran pencernaan si Kecil.

  5. Tomat

    Buah yang sering dianggap sayuran ini ternyata tidak kalah penting untuk menjaga kesehatan mata si Kecil lho, Bu. Buah yang mengandung vitamin A ini pun dapat mencegah sembelit atau konstipasi, mendukung kesehatan kulit, jantung, dan mencegah risiko berbagai penyakit.

  6. Semangka

    Selain kaya akan kandungan airnya, ternyata semangka termasuk buah yang mengandung vitamin A. Buah ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, kulit, dan jantung, membantu mencegah dehidrasi, mencegah sembelit, dan membantu menurunkan peradangan dalam tubuh.

  7. Jeruk bali

    Meskipun jarang ditemukan di pasar, tapi jeruk bali menyimpan berbagai manfaat yang penting bagi kesehatan si Kecil, Bu. Jadi, tidak ada salahnya untuk memberikan si Kecil jeruk bali sebagai camilan sehat, tentunya bisa dikombinasikan dengan buah-buahan yang lain. Bahkan, jeruk bali dianggap sebagai salah satu superfood yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan pencernaan, mendukung kesehatan mata, kulit, dan jantung.

  8. Pepaya

    Mungkin Ibu sudah tahu kalau pepaya jadi buah yang ‘ampuh’ untuk melancarkan pencernaan si Kecil, apalagi saat ia sedang susah BAB. Ternyata manfaatnya tidak cuma itu lho, pepaya juga termasuk buah yang mengandung vitamin A yang penting untuk kesehatan mata si Kecil, menjaga kesehatan kulit, mendukung kesehatan jantung, dan lain sebagainya.

    Baca juga: 4 Fakta dan Mitos Makanan Manis, Bikin Anak Hiperaktif?

  9. Melon jingga

    Ibu pasti pernah melihat melon yang memiliki daging buah berwarna orange, kan? Nah, itu adalah melon jingga. Warna orange dalam daging buahnya muncul berkat kandungan beta karoten yang berperan untuk mendukung kesehatan mata si Kecil. Itulah sebabnya, melon jingga termasuk buah yang mengandung vitamin A.

  10. Aprikot

    Aprikot juga termasuk buah yang mengandung vitamin A yang cocok dikonsumsi anak-anak. Dalam 100 gram aprikot mengandung vitamin A sekitar 90 mcg atau setara dengan 30% jumlah kebutuhan harian si Kecil. Buah yang mirip buah persik ini juga kaya vitamin C, sehingga baik bagi kesehatan kulit, membantu mencegah sembelit, menjaga kesehatan jantung, dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh. 

  11. Labu

    Pasti Ibu familiar banget dengan buah yang satu ini? Yup! Labu kuning sering banget dijadikan menu MPASI untuk bayi usia 6-12 bulan. Selain mudah diolah, labu juga termasuk buah yang mengandung vitamin A lho. 

    Manfaatnya juga tidak main-main, Bu, labu kuning berperan penting untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan, mendukung kesehatan mata, mengontrol berat badan, menjaga kesehatan jantung, dan lain sebagainya.

  12. Jeruk

    Meskipun identik sebagai buah yang kaya akan vitamin C, siapa sangka ternyata jeruk juga termasuk ke dalam kategori buah yang mengandung vitamin A. Manfaatnya juga tidak main-main lho, jeruk berperan penting untuk mencegah sembelit, mendukung kesehatan jantung, menjaga kesehatan mata dan kulit, membantu meningkatkan daya tahan tubuh, dan lain-lain.

Selain dari berbagai jenis buah di atas, vitamin A juga bisa didapatkan dalam susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ lho, Bu. Itulah sebabnya, Ibu tetap harus memberikan si Kecil zat gizi makro, terutama protein. Sebab, protein merupakan nutrisi yang mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE). 9AAE ini ibarat mobil yang berperan untuk mengangkut zat gizi lain untuk memenuhi kebutuhan sel-sel tubuh. 

Baca juga: 3 Fakta dan Mitos Tentang Susu Pertumbuhan yang Kaya Formula Asam Amino 

Coba bayangkan kalau si Kecil tidak mengonsumsi 9AAE secara lengkap, Bu? Kemungkinan besar tumbuh kembangnya akan terhambat. Penelitian dari J.Nutr yang dipublikasi dalam National Center for Biotechnology Information menjelaskan bahwa kekurangan semua jenis 9AAE akan menghambat potensi tinggi badan dan kecerdasan si Kecil sebanyak -50%. 

Maka dari itu, buah yang mengandung vitamin A bukan satu-satunya nutrisi yang harus dikonsumsi. Si Kecil tetap membutuhkan nutrisi lain, seperti 9AAE agar tumbuh lebih prima. Yang tidak kalah penting, Bu, 9AAE ini harus dikonsumsi secara rutin setiap hari karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri.

Tapi Ibu tak perlu khawatir karena 9AAE yang lengkap bisa Ibu dapatkan dalam protein hewani, salah satunya adalah susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+. Selain 9AAE yang lengkap, susu ini juga mengandung kombinasi 8 nutrisi penting untuk dukung perkembangan otak dan akal kreatif si Kecil, di antaranya 4x DHA lebih tinggi, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi. 

Susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga diperkaya dengan 5 nutrisi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, seperti zat besi, vitamin D3, zinc, magnesium, dan vitamin C tertinggi, serta mengandung serat pangan inulin yang dapat mendukung kesehatan saluran pencernaan si Kecil.

Dengan begitu, Ibu perlu menyeimbangkan asupan nutrisi dari susu  Frisian Flag PRIMAGRO 1+, buah yang mengandung vitamin A, serta berbagai makanan bergizi seimbang lainnya agar si Kecil lebih kreatif, tangkas, dan berani.

Selain memberikan nutrisi terbaik, Ibu juga harus memantau tumbuh kembang si Kecil secara rutin agar terhindar dari stunting. Nah, caranya gampang banget lho, Ibu bisa memanfaatkan fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima.

Fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima dapat memudahkan Ibu untuk mengetahui berat badan, tinggi badan, indeks massa tubuh, lingkar kepala, lingkar perut, dan hal-hal penting lainnya yang berkaitan dengan tumbuh kembang anak. Melalui fitur ini, Ibu bisa melihat bagaimana grafik pertumbuhan si Kecil berdasarkan ketentuan dari WHO dan CDC. Ibu bisa memanfaatkan fiturnya di sini.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz