Whatsapp Share Like
Simpan

Bagaimana kabar si Kecil hari ini? Apakah ia sudah mulai diajari toilet training, Bu? Jika iya, coba latih si Kecil menyelesaikan kebutuhan di toilet dalam posisi jongkok, yuk! Ini dikarenakan mengajari si Kecil berjongkok tak hanya bermanfaat untuk toilet training atau latihan ke toilet saja, tapi juga memberikan manfaat bagi kekuatan otot kaki dan tubuhnya. Penasaran apa saja manfaat yang dimaksud? Yuk, simak selengkapnya!

1. Melancarkan Proses Buang Air Besar

Ketika buang air besar dalam posisi jongkok, organ pencernaan si Kecil akan berjalan lebih lancar, Bu. Ini dikarenakan saat jongkok otot pada panggul akan mengendur. Bahkan, menurut jurnal kesehatan Digestive Diseases and Sciences, anak yang buang air besar dalam posisi jongkok hanya memerlukan waktu 51 detik untuk buang air besar, sedangkan anak dalam posisi duduk butuh sekitar 130 detik.

2. Memperkuat Otot Kaki

Selain melancarkan proses buang air besar, toilet training jongkok juga dapat memperkuat otot kaki si Kecil, Bu! Dari artikel online yang saya baca, otot-otot penting pada kaki akan terlatih ketika si Kecil jongkok. Untuk itu, saya pun mulai membiasakan si Kecil buang air besar jongkok sejak ia berusia 2 tahun.

3. Melatih Keseimbangan Tubuh

Tahukah Ibu? Mengoptimalkan pembentukan otot kaki saat berjongkok ternyata mampu melatih fungsi keseimbangan tubuh si Kecil, lho! Ketika ketika Kecil sudah mulai lancar berjalan dan berlari, ini saatnya untuk Ibu mulai melatih keseimbangannya agar tidak mudah jatuh. Jadi, si Kecil akan lebih aktif bergerak tanpa takut cedera.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tidak hanya itu, mengajarkan si Kecil buang air besar dalam posisi jongkok juga dapat meningkatkan daya tahan tubuhnya, Bu. Perlu Ibu ketahui bahwa 80% sistem imun si Kecil ada pada saluran cernanya. Untuk itu, ketika proses buang airnya berjalan dengan sempurna, ini dapat mengurangi risiko ia terserang penyakit, sehingga perkembangan fisik anak bisa berjalan secara optimal!

Ada banyak sekali ya, manfaat buang air besar dalam posisi jongkok bagi si Kecil. Tunggu apa lagi, Bu? Yuk, dukung pembentukan otot tubuhnya agar lebih aktif bergerak dengan melatih si Kecil toilet  training dalam posisi jongkok. Semoga artikel ini bermanfaat ya, Bu!