Whatsapp Share Like
Simpan

Saya ingin berbagi cerita nih, Bu. Beberapa waktu lalu saya berencana untuk mengajak si Kecil liburan ke pantai. Namun, saya sempat bingung apakah ia sudah bisa diajak bermain di tepi pantai. Saya pun mulai mencari tahu rekomendasi permainan pantai untuk si Kecil di Internet. Dari artikel online yang saya baca, ternyata ada banyak aktivitas menyenangkan yang bisa si Kecil lakukan dan sekaligus mampu stimulasi motorik anaklho. Apa sajakah itu? Simak ulasannya sama-sama, ya!

1. Menangkap Ombak

Memasuki usia dua tahun, umumnya si Kecil akan semakin aktif begerak dan berlari. Itu sebabnya, coba ajak si Kecil untuk bermain menangkap ombak, yuk! Caranya mudah, Bu. Ajak si Kecil berlari mengejar ombak ke dalam air, kemudian berlari menghindarinya saat ombak datang kembali. Selain menyenangkan, aktivitas anak ini juga dapat melatih sistem motorik si Kecil lho, Bu. Ketika berlari, tanpa disadari otot tubuh si Kecil akan bergerak secara penuh untuk melatih keseimbangan tubuhnya.

2. Mencari Kerang

Sebelum si Kecil asyik bermain tangkap ombak seperti sekarang, ia sempat takut mendengar suaranya, Bu. Saat itu adalah pertama kalinya saya mengajaknya ke pantai. Tak ingin si Kecil trauma dengan wisata pantai, sebagai gantinya saya mengajak ia untuk bermain mencari kerang cantik di pasir.  Nah, kumpulan kerang cantik itu nantinya akan si Kecil hias sebagai pajangan di rumah. Menariknya, ketika menghias kerang, si Kecil akan belajar untuk menggenggam spidol, lem, dan sebagainya. Dengan begitu keterampilan motorik halusnya pun akan ikut terstimulasi.

Artikel Sejenis

3. Bermain Layang-Layang

Selain mencari kerang, Ibu juga bisa mengajak si Kecil menerbangkan layang-layang di pantai. Dari artikel online yang saya baca, permainan ini dapat melatih keseimbangan tubuh atau motorik si Kecil agar ia dapat berdiri kuat untuk mengontrol arah layang-layang yang tertiup angin. Mengingat tubuhnya masih sangat mungil, si Kecil mungkin masih butuh bantuan Ibu atau Ayah untuk menerbangkan layang-layangnya, ya.

Itulah beberapa aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan untuk stimulasi motorik anak. Dengan kemampuan motorik yang baik, si Kecil diharapkan tumbuh menjadi anak yang aktif bergerak. Selamat mengajak si Keci bermain di pantai!