Whatsapp Share Like
Simpan

Ibu pasti merasa khawatir ketika si Kecil sulit makan. Kejadian ini sudah biasa terjadi dalam proses tumbuh kembangnya. Banyak faktor yang menyebabkan si Kecil tidak mau makan. Ibu harus mengamati gerak-geriknya agar mengetahui penyebab susah makan tersebut. Mungkin saja si Kecil tidak menyukai rasa makanannya. Sehingga Ibu perlu membuat berbagai makanan dengan rasa yang disukai si Kecil.

Mencari tahu penyebab susah makan si Kecil memang sangat sulit. Si Kecil yang belum bisa berbicara ataupun menyampaikan ketidaksukaan memang menjadikannya sulit. Memasuki usia 7 bulan ia harus membiasakan diri mengunyah makanan. Sehingga si Kecil bisa saja tidak menyukai hal tersebut.

Namun, karena kebutuhan nutrisi si Kecil tidak hanya dipenuhi dengan ASI, maka harus Ibu rangsang untuk makan. Tubuhnya harus menerima banyak nutrisi agar seimbang dengan tenaga yang ia keluarkan. Si Kecil yang mulai aktif tidak bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya hanya dari ASI. Sehingga Ibu harus berusaha membujuk si Kecil untuk makan. Membujuk si Kecil makan memang pekerjaan yang sulit, namun Ibu perlu melakukannya. Berikut beberapa tips agar si Kecil tidak susah makan.

  1. Berikan mainan berbunyi

    Si Kecil sangat suka dengan bunyi-bunyian. Karena ia menyukainya, Ibu bisa menyuapi si Kecil sambil bermain. Saat si Kecil lengah karena perhatiannya tertuju pada mainan, Ibu bisa menyuapinya tanpa disadari. Si Kecil akan spontan membuka mulutnya saat Ibu menyodorkan makanan ke mulutnya. Dengan begitu ia bisa makan sambil bermain.

    Selain mainan, Ibu bisa menggunakan nada dering handphone. Nada dering biasanya bernada tinggi, nada tersebut bisa menarik perhatian si Kecil. Ibu juga bisa bermain bunyi dengan tepuk tangan. Namun untuk melakukan ini Ibu perlu bantuan orang lain. Setelah bertepuk tangan, akhiri dengan teriakan “horeeee”. Si Kecil akan merasa senang dan mau makan.

    Artikel Sejenis

  2. Berikan mainan yang bisa digigit

    Untuk merangsang si Kecil mengunyah makanan, dapat dicoba dengan memberikan mainan yang bisa digigit. Pastikan ya Bu, mainannya dalam kondisi yang bersih. Jika mainan kotor tentu akan membawa penyakit ke tubuh si Kecil. Mainan ini akan merangsang si Kecil ingin mengunyah dan memakan sesuatu. Sehingga memberikan mainan akan mengembalikan nafsu makannya.

  3. Buatlah si Kecil makan bersama keluarga

    Suasana ini dapat membantu si Kecil makan. Saat si Kecil melihat anggota keluarga yang lain makan, maka ia akan tergoda untuk makan juga. Selain itu, dengan makan bersama keluarga, si Kecil bisa belajar bersosialisasi dengan yang lain.

  4. Buatlah variasi makanan

    Si Kecil akan merasa bosan jika mengonsumsi makanan yang sama setiap harinya. Ia bosan dengan rasa dan teksturnya. Rasa bosan itulah yang menyebabkan si Kecil susah makan. Sehingga cara yang perlu Ibu lakukan adalah memasak jenis makanan yang berbeda. Beri selingan rasa makanan misalnya, hari ini makanan manis besok makanan gurih. Dengan begitu si Kecil tidak akan bosan dan makan lahap.

  5. Selingkan minum air putih

    Ketika makan, si Kecil mungkin merasa mulutnya terlalu penuh dan menahannya di mulut. Bahkan menolak jika diberi suapan baru. Hal ini bisa saja terjadi. Ibu perlu memberi air putih agar makanan yang berada di mulutnya bisa berjalan lancar ke dalam tubuh. Namun Ibu tidak boleh memberinya minum terlalu banyak. Hal tersebut bisa membuatnya menolak makan karena perutnya terlalu penuh oleh air minum.

  6. Mengatur jadwal makan

    Terkadang si Kecil menolak makan karena ia masih merasa kenyang. Bisa saja karena habis makan snack di sela-sela jam makan. Ibu tidak boleh memaksanya makan. Berikan waktu agar si Kecil bisa merasakan lapar. Sesekali saja jangan terlalu sering. Ibu juga bisa memberi rentang waktu makan sekitar 1-1,5 jam. Setelah itu Ibu bisa memberinya makan.

  7. Suasana saat makan

    Suasana saat makan juga sangat perlu untuk menjaga mood makan si Kecil. Buatlah suasana makan yang menyenangkan. Sehingga ia tidak merasa terbebani saat makan. Ibu bisa melakukan gerakan pesawat terbang saat menyuapi si Kecil. Sambil menyuapi iringi dengan nada naik turun agar si Kecil senang.

Beberapa tips di atas bisa Ibu coba jika si Kecil susah makan. Ibu harus mengusahakan kebutuhan makan si Kecil agar terus terpenuhi ya, Bu.