Whatsapp Share Like
Simpan

Memasuki usia 1 tahun, si Kecil mulai menunjukkan perkembangan fisiknya salah satunya ialah tumbuhnya gigi. Untuk merawat gigi si Kecil yang mulai tumbuh agar tetap sehat, penting bagi Ibu untuk menjaga kebersihan mulut si Kecil. Menjaga kebersihan mulut si Kecil bisa Ibu lakukan dengan cara menggosok gigi secara rutin dan memilih sikat gigi yang benar untuknya. Membiasakan si Kecil menyikat giginya sejak dini adalah hal yang sangat disarankan. Selain untuk kebersihan mulut, hal ini juga akan membuat si Kecil merasa nyaman menggunakan sikat gigi sejak awal.

Penting bagi Ibu untuk memilih sikat gigi berdasarkan kebutuhan dan pertumbuhan gigi si Kecil. Berikut panduan memilih sikat gigi yang benar untuk si Kecil:

  1. Terbuat dari bahan yang aman

    Sikat gigi yang berfungsi untuk membersihkan gigi dan perlu dimasukkan ke mulut sebaiknya terbuat dari bahan yang aman. Ibu sebaiknya memilih sikat gigi yang tidak mengandung BPA, terbuat dari silikon yang fleksibel sehingga mudah ditekuk, tidak menyebabkan iritasi dan alergi, serta mudah dibersihkan.

  2. Ukuran sesuai

    Panjang sikat gigi sebaiknya tidak terlalu panjang, agar Ibu maupun si Kecil akan nyaman saat memegangnya. Sesuaikan ukuran sikat gigi dengan ukuran yang pas untuk si Kecil. Jangan sesekali memberikan sikat gigi ukuran dewasa untuk menyikat gigi si Kecil. Ukuran sikat si Kecil umumnya berukuran sekitar 1,5 centimeter, sedangkan ukuran sikat gigi orang dewasa adalah 2, 5 centimeter.

  3. Ujung kepala bulat dan kecil

    Ujung kepala sikat yang bulat dan kecil akan memudahkan Ibu dan si Kecil membersihkan gigi dan gusi si Kecil secara keseluruhan dan detail hingga kebagian dalam mulutnya. Hal tersebut juga dapat menghindari si Kecil tersedak saat menyikat gigi.

    Artikel Sejenis

  4. Bulu sikat lembut

    Gusi si Kecil pada awal pertumbuhan giginya memiliki permukaan yang lembut dan sensitif, sehingga sikat gigi yang tepat untuk si Kecil agar gusinya tidak terluka sebaiknya memiliki bulu sikat yang lembut. Namun, biasanya sikat gigi akan terbungkus dan tertutup rapat sehingga Ibu tidak bisa memegang bulu sikat saat membelinya. Perlu adanya ketelitian dan kecermatan Ibu dalam memilih sikat yang tepat dan memiliki bulu yang lembut.

  5. Memiliki pegangan yang baik

    Ibu sebaiknya memastikan agar sikat gigi si Kecil memiliki batas yang kuat di bagian pegangan untuk mencegah tangan Ibu atau si Kecil terpeleset saat menyikat gigi. Pegangan sikat gigi yang kurang kuat dapat mengejutkan saat jatuh secara tiba-tiba dan berisiko membuat luka mulut si Kecil. Umumnya, sikat gigi si Kecil akan memiliki karet dan sedikit kontur untuk memudahkan si Kecil dalam memegangnya.

  6. Desain unik dan warna menarik

    Desain unik dan warna menarik salah satu cara membuat si Kecil lebih bersemangat dalam aktivitasnya menyikat gigi. Hal tersebut penting untuk membuatnya antusias dalam menyikat gigi secara rutin.

Selain beberapa panduan di atas, Ibu sebaiknya menyelipkan cerita pada si Kecil tentang baiknya menyikat gigi secara rutin. Ibu juga bisa melakukan kegiatan menyikat gigi bersama untuk memberikan contoh yang baik kepada si Kecil. Ibu juga perlu ingat untuk selalu mengganti sikat gigi si Kecil secara berkala terutama saat sikat gigi si Kecil mulai terlihat adanya kerusakan. Mengganti sikat gigi si Kecil bisa Ibu lakukan setidaknya tiga bulan sekali. Sikat gigi yang terlalu lama digunakan juga berpotensi menimbun kuman yang dapat menginfeksi mulut si Kecil.

Panduan tersebut berlaku khususnya bagi si Kecil yang baru mengalami pertumbuhan gigi atau si Kecil usia 1 tahun. Jika si Kecil mulai memasuki usia dua tahun, si Kecil sudah dapat menggunakan sikat gigi khusus balita serta menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Sikat gigi si Kecil memasuki usia dua tahun juga mulai memiliki ukuran yang besar agar mampu mencapai dan membersihkan gigi gerahamnya.

Yuk Bu, ajak si kecil memilih sikat giginya dan membiasakan si Kecil menyikat giginya sendiri secara rutin. Hal tersebut bisa membuat si Kecil pintar melakukan koordinasi antara mulut, gerak tangan, dan otaknya saat menyikat gigi. Untuk melatih kemandirian si Kecil dalam merawat diri, Ibu bisa membantu mengoptimalkan tumbuh kembangnya dengan Frisian Flag 123 PRIMANUTRI yang memiliki kandungan Omega 3, Omega 6, Minyak Ikan, Zat Besi serta asam sialat dan sphingomyelin yang tercantum pada label nutrisi yang berfungsi untuk mebangun sel-sel otak sehingga meningkatkan kecerdasan si Kecil.