Whatsapp Share Like
Simpan

Berbagai sikap akan mulai muncul pada masa perkembangan si Kecil terutama usia 1-3 tahun. Salah satu sikap buruk yang sering muncul adalah suka merebut mainan atau barang orang lain tanpa izin. Padahal, pada masa perkembangan, bermain dengan teman sebaya sangatlah penting. Namun, jika si Kecil terus memelihara sikapnya yang nakal, tentu tidak akan ada lagi yang mau bermain dengannya. Oleh karena itu, Ibu bisa menggunakan 5 cara berikut ini untuk mengatasi kebiasaan buruk si Kecil tersebut.

Tetap perlalukan si Kecil dengan lembut namun tegas

Saat Ibu mengetahui bahwa si Kecil memiliki sikap buruk seperti sering merebut mainan temannya, Ibu sebaiknya mencari solusi yang paling nyaman untuk diterapkan pada si Kecil. Usahakan Ibu tetap memperlakukan si Kecil dengan lembut. Jangan marah terhadap si Kecil apalagi membentak karena hal itu tidak efektif untuk menghentikan sikap buruk si Kecil.

Ibu sebaiknya mulai memberi penjelasan pada si Kecil bahwa perbuatannya bukanlah suatu hal yang baik. Katakan dengan lembut, jelas, namun tegas. Ibu diharapkan dapat bersikap tegas. Jika perilaku semakin parah, Ibu bisa menerapkan metode hukuman edukatif sehingga si Kecil bisa mulai memikirkan untuk mengubah sikapnya.

Tenangkan situasi dan jelaskan bahwa perbuatannya salah

Ketika si Kecil berusaha merebut mainan temannya, tentu hal itu akan memicu pertengkaran di antara keduanya. Tak jarang keduanya akhirnya saling berteriak dan menangis bahkan bisa saling pukul. Apabila si Kecil merebut mainan temannya dan Ibu menyaksikan hal tersebut, segeralah bertindak. Jika suasana sudah kacau balau, yang pertama perlu dilakukan oleh Ibu adalah menenangkan situasi terlebih dahulu. Pisahkan si Kecil dan temannya kemudian ajak ia berbicara empat mata. Katakan pada si Kecil bahwa perbuatannya merebut mainan salah dan telah menyakiti hati temannya.

Buat peraturan mengenai kepemilikan barang

Untuk mencegah sikap suka merebut barang, Ibu bisa memberikan pengertian tentang kepemilikan sejak dini. Katakan pada si Kecil bahwa ada barang miliknya dan ada pula barang milik orang lain. Jelaskanlah bahwa barang yang bukan miliknya berarti tidak bisa sembarangan digunakan oleh si Kecil. Beri contoh secara langsung mengenai kepemilikan barang agar si Kecil lebih mudah paham. Misalnya, katakan padanya bahwa handphone merupakan barang milik Ibu sehingga si Kecil tidak bisa ambil tanpa izin.

Artikel Sejenis

Ajarkan untuk selalu meminta izin terlebih dahulu

Setelah memberi pengertian pada si Kecil mengenai kepemilikan barang, Ibu bisa menuju langkah selanjutnya. Ajari si Kecil untuk meminta izin terlebih dahulu setiap kali ingin menggunakan barang orang lain. Ibu juga harus menambahkan bahwa jika si pemilik barang tidak mengizinkan maka si Kecil tidak boleh memaksa. Dengan begini, si Kecil akan belajar sikap saling memahami serta hak orang lain. Selain itu, Ibu juga diharapkan dapat menjadi contoh dengan cara selalu meminta izin si Kecil terlebih dahulu jika ingin mengambil barangnya seperti mainan atau botol dot untuk dicuci.

Pantau terus dan berikan hadiah jika sikapnya bisa berubah

Mengatasi sikap si Kecil yang suka merebut barang temannya tentu tidak bisa dilakukan dalam sehari apalagi jika hal itu sudah menjadi kebiasaan. Oleh karena itu, Ibu harus sabar dan konsisten membantu si Kecil untuk mengatasi sikap buruk tersebut. Pantaulah setiap hari perubahan sikap si Kecil. Apabila sudah semakin baik dan akhirnya si Kecil berhasil menghilangkan sikap suka merebut barang, Ibu dapat memberinya hadiah sebagai ungkapan rasa bangga. Hal itu sekaligus menjadi penguat bagi si Kecil untuk terus mempertahankan sikap barunya yang tidak lagi suka merebut barang secara paksa dan sembarangan.

Si Kecil yang suka merebut mainan temannya berarti masih kurang dalam hal pengendalian emosi. Salah satu faktor yang membuat emosi si Kecil tidak stabil adalah tidak seimbangnya nutrisi dalam tubuh. Untuk mengatasi hal tersebut Ibu dapat memberikan susu Frisian Flag 123 PRIMANUTRI.

Terdapat 3 varian rasa yang tentu disukai si Kecil yaitu madu, vanila, dan coklat. Kandungan di dalamnya sangat lengkap seperti omega 2, omega 6, minyak ikan, zat besi, asam sialat, dan sphingomyelin terdapat dalam tabel informasi gizi yang akan membuat si Kecil semakin Pintar. Selain itu terdapat pula kandungan vitamin A, C, E, Seng, Selenium, dan Serat Pangan Inulin yang berperan menjaga si Kecil selalu Kuat. Tak kalah penting, kandungan protein, kalsium, dan vitamin D juga ada di dalam susu Frisian Flag 123 PRIMANUTRI yang membantu proses penambahan tinggi si Kecil tumbuh sesuai usianya.