Whatsapp Share Like
Simpan

Proses pertumbuhan si Kecil memang berjalan dalam jangka waktu yang panjang. Pertumbuhan di dalam maupun di luar tubuh si Kecil. Sejak dalam kandungan si Kecil pun mengalami pertumbuhan. Pembentukan organ-organ tubuh yang memiliki waktunya masing-masing. Pemberian nutrisi yang lengkap menjadi tolak ukur baik buruknya pertumbuhan si Kecil.

Pertumbuhan gigi si Kecil pun tidak bisa lari dari pemenuhan nutrisi tubuhnya. Gigi menjadi bagian tubuh yang sangat dibutuhkan si Kecil. Tidak hanya si Kecil, orang dewasa pun sangat bergantung pada gigi. Si Kecil akan tumbuh menjadi anak yang sehat dan pintar. Seiring bertambahnya usia jenis makanan si Kecil pun semakin bervariasi.

Pada usia 0-6 bulan si Kecil akan mengonsumsi ASI. Saat minum ASI tentu saja si Kecil tidak terlalu membutuhkan gigi. Setelah memasuki usia 6 bulan lebih si Kecil akan dikenalkan pada makanan selain ASI. Makanan tersebut biasanya bertekstur lembut karena harus menyesuaikan dengan kesiapan si Kecil. Sehingga pemberian makanan yang lebih keras akan diberikan sesuai usia dan perkembangan gigi si Kecil.

Sebagian besar bayi akan mengalami tumbuh gigi pada usia 5 bulan. Ada pula yang lebih cepat pada usia 4 bulan dan yang lambat pada usia 6 atau 7 bulan. Hal tersebut terjadi karena tumbuh kembang setiap anak berbeda-beda. Saat gigi baru si Kecil mulai muncul, gusinya akan bengkak dan berwarna kemerahan. Gusi si Kecil yang bengkak biasanya membuat si Kecil tidak nyaman. Sehingga Ibu perlu memijat bagian gusi untuk menenangkan si Kecil. Ibu juga harus lebih sabar karena si Kecil akan lebih rewel dan sering menangis.

Memasuki usia 5 – 7 bulan gigi pertama si Kecil mulai muncul. Gigi yang muncul biasanya dua gigi seri depan rahang bawah secara bersamaan. Ibu sudah boleh membersihkan gigi setelah menyusu menggunakan kain bersih. Ibu perlu hati-hati saat menyusui karena sekarang si Kecil sudah memiliki gigi. Terkadang si Kecil akan mulai menggigit. Sehingga Ibu perlu berhati-hati jika si Kecil menggigit saat menyusu.

Artikel Sejenis

Usia 7 bulan akan muncul lagi gigi baru yaitu dua gigi seri depan rahang atas. Rentang usia tumbuhnya gigi tersebut pada usia 6 – 8 bulan. Karena gigi serinya sudah muncul, Ibu bisa memberikan si Kecil makanan padat. Saat ini gigi seri si Kecil sudah lengkap. Gigi seri ini biasanya digunakan untuk menggigit makanan. Tumbuhnya gigi seri si Kecil akan membuatnya ingin menggigit segala hal. Bahkan ketika Ibu memberikan jari ke mulutnya ia akan menggigitnya.

Gigi si Kecil akan terus bertambah dan berkembang. Setelah gigi serinya lengkap maka pada usia 9 – 16 bulan akan tumbuh gigi di sebelah gigi seri depan bagian atas. Kemudian gigi di samping gigi seri bawah menyusul. Gigi ini biasanya muncul berpasangan atas dan bawah, dua di sebelah kanan dan dua di sebelah kiri. Gigi tersebut biasanya disebut gigi geraham. Gigi geraham berfungsi untuk menghancurkan makanan. Bentuk gigi geraham lebih besar dibanding gigi lainnya. Gigi geraham biasanya muncul di usia 14 bulan. Namun ada juga yang tumbuh pada usia 12 bulan atau 15 bulan.

Usia 18 bulan gigi taring si Kecil mulai muncul, baik gigi taring atas maupun gigi taring bawah. Gigi taring muncul pada usia yang berbeda, mulai usia 16 bulan sampai 22 bulan. Gigi taring tumbuh dengan mengapit gigi seri atas dan bawah. Ujung gigi taring berbentuk lebih lancip dari gigi lainnya. Gigi taring berfungsi untuk memotong makanan.

Pada usia 24 bulan gigi geraham kedua pada bagian belakang di rahang bawah sudah muncul. Lalu menyusul tumbuh gigi geraham kedua pada rahang atas di usia 26 bulan. Gigi geraham belakang ini memiliki waktu tumbuh yang bervariasi, antara usia 20-33 bulan. Pada usia 2-3 tahun si Kecil sudah memiliki gigi yang lengkap berjumlah 20 gigi. Masing-masing 10 buah rahang atas dan rahang bawah. Gigi si Kecil yang tumbuh masih gigi susu yang akan bertahan sampai usia sekitar 6 sampai 7 tahun.

Nah, itulah Bu fase pertumbuhan gigi si Kecil. Ibu harus bisa menjaga kebersihan gigi si Kecil agar kuat dan sehat. Bersihkan gusi dan gigi agar terhindar dari penyakit gigi. Ibu bisa menggunakan kain bersih saat membersihkan gigi si Kecil. Bersihkan gigi dengan lembut agar gigi si Kecil tidak terluka. Usia si Kecil yang masih muda tentu tidak bisa membersihkan gigi sendiri. Sehingga peran Ibu sangat penting dalam pertumbuhan gigi si Kecil.