Whatsapp Share Like
Simpan

Demam merupakan kondisi yang biasanya dialami oleh anak usia 3 tahun. Demam merupakan salah satu tanda bahwa tubuh sedang berusaha melawan infeksi yang bisa menyerang anak. Membiarkan demam hingga berlalu bisa saja diterapkan, namun demam yang menyerang anak usia 3 tahun bisa jadi sangat mengkhawatirkan. Maka dari itu, penting bagi Ibu untuk mengetahui cara meredakan demam anak usia 3 tahun agar anak tetap nyaman dengan kondisi badannya dan daya tahan tubuhnya tetap kuat dan optimal.

Berikut adalah cara yang dapat dilakukan Ibu untuk meredakan demam anak:

Pahami Penyebab Demam

Demam pada anak usia 3 tahun dapat terjadi karena banyak penyebab, antara lain:

Mandikan Anak dengan Air Hangat

Banyak yang tidak tahu jika sebenarnya mandi merupakan cara efektif yang dapat menurunkan demam. Mandi mampu menurunkan demam lebih cepat daripada obat-obatan. Hal ini dikarenakan air mampu menurunkan panas dari tubuh lebih cepat daripada udara. Mandi bisa dilakukan selagi menunggu efek obat seperti Parasetamol atau obat penurun panas bekerja. Mandi yang benar saat demam adalah mandi dengan air suam (hangat-hangat kuku). Selain mandi, mengompres anak dengan waslap dingin atau lembab yang diletakkan pada dahi atau tubuh anak bisa digunakan untuk meredakan demam.

Berilah Obat Penurun Demam

Memberikan obat kepada anak dapat menurunkan demam sekaligus membuat anak merasa lebih nyaman. Namun, alangkah baiknya jika memberikan obat hanya pada saat-saat yang dibutuhkan, atau untuk menurunkan demam tinggi yang berpotensi menyebabkan komplikasi serius. Dalam memberikan obat untuk anak, selalu perhatikan pemberian dosis sesuai dengan yang dianjurkan. Konsultasikan dengan dokter anak dalam memilih dan memberikan obat kepada anak.

Optimalkan Suhu Kulit dan Ruangan

Pakaikan satu lapis pakaian untuk anak dengan bahan yang ringan. Banyaknya lapisan pakaian akan mempengaruhi banyak panas yang ditahan di sekitar tubuh. Cukup sediakan satu selimut di dekat anak jika ia merasa kedinginan. Jika menggunakan pendingin ruangan atau kipas angin, selalu atur suhunya agar tidak terlalu dingin bagi anak. Jangan arahkan kipas angin langsung kepada anak.

Berilah Banyak Cairan

Demam dapat menyebabkan dehidrasi anak. Oleh karena itu, Ibu sebaiknya memberikan banyak asupan cairan seperti air putih yang banyak kepada anak. Tidak perlu memberikan air putih banyak dalam sekali minum, sedikit namun dengan intensitas sering lebih baik untuk dilakukan. Air putih membantu tubuh untuk lebih cepat dalam menurunkan suhu panas di tubuh. Selain air putih, berilah asupan nutrisi yang cukup. Pastikan karbohidrat, serat, dan vitamin tetap terpenuhi agar daya tahan tubuh anak tetap kuat dan terjaga.

Dari beberapa cara di atas, Ibu juga perlu membawa anak ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Selain itu, penting bagi Ibu untuk selalu memperhatikan kesehatan anak. Hal yang dapat dilakukan untuk mencegah anak terserang penyakit adalah dengan membangun kekebalan tubuhnya. Kekebalan tubuh pada anak usia 3 tahun dapat dibangun dengan cara berikut:

Tidur Cukup dan Berkualitas

Anak memang membutuhkan waktu untuk beraktivitas dalam meningkatkan kreativitas dan imajinasinya. Namun, anak juga membutuhkan waktu yang cukup untuk beristirahat. Ibu perlu memastikan bahwa anak memiliki tidur yang berkualitas, artinya dapat tidur nyenyak tanpa sering terbangun. Kebutuhan tidur yang kurang bagi anak menyebabkan produksi protein sitoksin yang memelihara kekebalan tubuh anak menurun. Tidur yang cukup pada anak usia 3 tahun berkisar 10-12 jam per hari.

Hindari Anak Stress

Stress pada anak dapat mengganggu nafsu makan dan pola tidur anak. Hal tersebut dapat menyebabkan menurunnya kemampuan respon kekebalan tubuh pada sang anak. Hindari stress pada anak dengan tidak memaksakan kehendak anak, berilah perhatian dan kasih sayang saat berbicara dengan anak.

Berikan Vaksinasi

Vaksinasi perlu dilakukan untuk mencegah anak terinfeksi penyakit. Vaksin tersebut nantinya akan membuat kekebalan spesifik terhadap suatu penyakit.

Jaga Kebersihan Anak

Biasakan anak dalam untuk selalu menjaga kebersihan. Ajari anak untuk selalu mencuci kaki, tangan, dan menggosok gigi sebelum tidur. Selain itu, kebersihan pakaian, makanan atau minuman, permainan anak perlu menjadi perhatian orangtua.

Mengingat tingkah aktif anak usia 3 tahun, memiliki resiko tinggi untuk terinfeksi penyakit. Jadi, selalu jaga kesehatan si Kecil ya, Bu!