Whatsapp Share Like
Simpan

Semua ibu tentu ingin yang terbaik untuk anaknya. Hal itu dapat dicapai salah satunya dengan mulai mendidik anak sedini mungkin. Ketika anak usia 1-3 tahun, ibu tentu harus menentukan cara mendidik anak secara tepat. Pendidikan seperti apa yang dibutuhkan buah hati di usia 1-3 tahun?

Hal-hal yang harus diajarkan tidak boleh monoton sebab ada berbagai aspek perkembangan pada anak usia 1-3 tahun yang harus mulai diperhatikan. Beberapa diantaranya seperti perkembangan verbal, motorik, kognitif, sosial, dan emosional. Ibu harus memberi pendidikan yang mencakup 5 hal tersebut. Berikut ini terdapat tips mendidik anak secara efektif dan mudah yang bisa dicoba, lho!

Mengajak anak berbicara untuk melatih perkembangan verbal

Pendidikan paling dasar dan mudah untuk anak berusia 1-3 tahun adalah mengajaknya berbicara. Jika ibu tidak suka bicara, ibu harus membiasakan diri untuk mengajak anak mengobrol dengan sering. Hal ini akan membuat anak lebih cerdas karena kemampuan verbalnya terasah.

Anak berusia 1 tahun biasanya akan mulai berusaha menirukan apa yang ibu katakan setiap hari. Ibu bisa mulai menyebutkan kata yang sama dan berulang-ulang agar anak paham. Selain itu, ibu pun dapat sekaligus memperkenalkan berbagai jenis benda pada anak. Misalnya, ketika ibu menyebutkan kata sendok, ulurkan sendok makan pada anak agar ia mengerti.

Bermain bersama anak agar tubuhnya aktif bergerak

Selain kemampuan verbal, kemampuan motorik pada anak juga sebaiknya dilatih saat usia 1-3 tahun. Cara paling mudah dan efektif adalah dengan mengajak anak bermain. Luangkanlah waktu 40 menit hingga 1 jam setiap hari khusus untuk bermain dengan anak. Pagi hari atau sore hari bisa menjadi pilihan yang menyenangkan.

Artikel Sejenis

Ibu bisa menggunakan alat bantu mainan seperti bola dan mobil-mobilan. Anak juga bisa dibiarkan mengeksplorasi barang-barang di ruangan seperti kursi, meja, atau pun karpet. Jika anak sudah bergerak aktif tanpa bantuan, tugas ibu tinggal mengawasi saja. Tubuh anak yang bergerak setiap hari akan sangat berpengaruh pada kemampuan motoriknya baik yang halus maupun yang kasar.

Mengasah kemampuan kognitif dengan memperkenalkan warna

Apabila anak mulai mulai memahami benda di sekitarnya, ibu bisa mulai mengajarkan berbagai jenis warna. Hal ini dapat membantu anak untuk berpikir lebih kompleks dari sebelumnya. Langkah pertama adalah kenalkan berbagai warna dengan memberinya visual dari buku atau kertas berwarna. Jika anak sudah mulai paham dan dapat membedakan warna, ibu dapat menuju tahap selanjutnya.

Langkah kedua adalah mengkombinasikan penyebutan benda dan warnanya. Misalnya, anak sudah memahami benda yang disebut bebek dan bisa mengucapkan kata bebek dengan jelas. Setelahnya, ibu bisa mulai mengatakan bahwa bebek berwarna kuning. Hal ini akan meningkatkan kemampuan kognitifnya.

Ajak anak bertemu dengan teman yang seumuran dengannya

Pintar saja tentu tidak cukup jika tidak diimbangi dengan kemampuan bersosial yang baik. Pendidikan untuk mengembangkan kemampuan sosial dalam diri anak sebaiknya dimulai sejak anak berusia satu tahun. Cara paling efektif yang bisa ibu lakukan adalah dengan mempertemukan anak dengan teman sebayanya.

Hal ini sangat solutif terutama jika anak ibu tipe yang pemalu dan cenderung tertutup. Bertemu teman yang berusia seumuran dapat membuatnya lebih terbuka dan berani. Dengan begitu, diharapkan anak akan cenderung lebih mudah bersosialisasi nantinya.

Kenalkan anak pada berbagai hal baru

Mendidik anak dari segi emosional dengan benar akan memberi dampak positif jangka panjang pada psikologisnya. Ibu bisa mengenalkan anak pada berbagai suasana dan tempat baru. Coba bawa anak ke pantai, dan lihat reaksinya. Biasanya anak akan menunjukkan reaksi secara emosional seperti senang, takut, atau bahkan sedih. Selain itu, ibu juga bisa mulai memberi asupan tontonan sesuai usia pada anak. Cara ini tergolong mudah namun efektif untuk mengasah perkembangan anak dari sisi emosionalnya.

Itulah 5 tips mendidik anak secara efektif dan mudah. Tentunya ibu harus tekun dan sabar dalam mendidik anak usia 1-3 tahun. Pendidikan anak usia ini akan sangat mempengaruhi pertumbuhannya secara signifikan. Anak usia 1-3 tahun yang mendapatkan pendidikan secara baik dan benar tentunya akan tumbuh pintar ketika dewasa. Oleh karena itu, pastikan ibu konsisten setiap hari dalam mendidik anak. Selamat mencoba, ya!