Whatsapp Share Like Simpan

Hai, Bu, seberapa sering Ibu memberikan apresiasi pada buah hati? Terdengar simpel, tapi bagi anak apresiasi dari Ibu memberikan banyak manfaat lho, Bu. Apresiasi adalah sebuah bentuk penghargaan atas usaha seseorang.   

Seringnya, orang tua hanya menginginkan anaknya untuk melakukan hal yang benar, cepat belajar, dan menuruti perintah tanpa mau memahami apa yang diinginkan oleh anak. Sebagai akibatnya, anak akan merasa tertekan karena ia tidak bisa menyampaikan keinginannya.

Sangat wajar bagi setiap orang tua ingin sang anak berprestasi, tapi keinginan tersebut juga harus diimbangi dengan apresiasi atas usaha yang telah anak lakukan. Tak peduli apakah hasilnya baik atau buruk, Ibu tetap harus memberikannya. Saat Ibu mengapresiasi anak, maka ia akan mendapatkan berbagai manfaat berikut ini:

Meningkatkan Keterampilan dan Kreativitas

Ketika anak berkreasi, jangan lupa untuk memberikan apresiasi pada setiap karya buatannya. Apresiasi adalah semangat baginya untuk meningkatkan kreativitasnya dalam menciptakan sebuah karya yang lebih baik lagi. Hasil karya anak mungkin masih berantakan dan susah untuk dipahami, tapi Ibu tetap harus mengapresiasi usaha yang telah ia curahkan untuk menciptakan karya tersebut. Apresiasi tersebut juga akan membantu membangun keterampilan anak agar bisa lebih terampil lagi dalam menghasilkan sebuah karya yang baik.

Membahagiakan Anak agar Terhindar dari Stres

Seperti yang sudah disebutkan di atas, apresiasi adalah sebuah bentuk penghargaan atas usaha yang telah dilakukan. Saat Ibu memberikan apresiasi pada anak, artinya Ibu menghargai usaha anak. Penghargaan dari Ibu tersebut akan membuat anak merasa senang.

Artikel Sejenis

Emosi positif yang terbentuk pada diri anak ini nantinya akan menciptakan rasa bahagia sehingga ia pun akan terhindar dari depresi. Dalam masa tumbuh kembangnya ini anak memang sangat membutuhkan atmosfer bahagia agar ia memiliki ingatan yang indah tentang masa kecilnya.

Sebagai Motivasi Belajar Anak

Manfaat selanjutnya dari apresiasi adalah sebagai motivasi belajar anak. Apresiasi ibarat sebuah dukungan yang dapat membangkit rasa percaya dirinya dan melecut ia untuk giat dalam belajar banyak hal baru.

Anak juga akan merasa bahwa Ibu peduli terhadap perkembangan dirinya. Semakin sering Ibu memberikan apresiasi pada anak, maka semangat belajarnya akan semakin besar, bahkan bisa meningkat sampai 10-20 tahun.

Meningkatkan Kemandirian Anak

Rasa percaya diri anak yang Ibu bangkitkan dari apresiasi akan turut berdampak pada kemandiriannya lho, Bu. Ia merasa yakin bahwa ia mampu melakukan kegiatan tersebut, sehingga ia akan melakukannya dengan senang hati. Ibu tak perlu lagi memerintah atau memarahinya terlebih dulu. Hal ini akan membantunya untuk tumbuh menjadi anak yang mandiri.

 

Baca juga: 7 Cara Mendidik Anak Agar Mandiri Sejak Dini

Membangun Kepedulian dan Kepekaan Terhadap Lingkungan di Sekitarnya

Ketika anak mendapatkan banyak penghargaan dari orang tua atau guru, maka ia akan dikelilingi oleh banyak energi positif. Ia juga akan terbiasa diperhatikan, sehingga kepekaan dan kepekaannya terhadap lingkungan di sekitarnya pun akan meningkat. Anak cenderung tidak egois, menjadi pribadi yang lebih peduli, dan memiliki empati terhadap orang lain. Sebagai makhluk sosial, kedua sifat tersebut tentunya harus dimiliki oleh anak sejak dini agar terbawa hingga ia dewasa nanti.

Menghindarkan Anak dari Perbuatan Curang

Terakhir, manfaat dari memberikan apresiasi adalah untuk menghindarkan anak dari berbuat curang demi memperoleh hasil yang baik. Ini berkat rasa percaya diri yang berhasil terkumpul di dalam dirinya karena mendapatkan apresiasi dari Ibu. Ia yakin bahwa dirinya mampu berhasil atas usahanya sendiri, dan walaupun gagal, Ibu tetap akan memberikan penghargaan karena ia sudah berusaha yang terbaik.

Mempererat Ikatan Orang Tua dan Anak

Ibu perlu tahu bahwa apresiasi adalah salah satu cara untuk membangun sebuah ikatan yang erat antara Ibu dan buah hati. Mulailah kebiasaan saling mengucapkan terima kasih dan menghargai setiap hari di antara anggota keluarga agar tercipta hubungan yang harmonis dan akrab satu sama lain.

Jika anak memiliki hubungan yang dekat dengan Ibu, maka ia akan lebih terbuka dan tidak segan untuk berbagai apapun. Hal ini tentunya lebih baik sehingga Ibu akan mengetahui jika anak memiliki masalah, seperti di sekolah atau di lingkungan sekitar rumah.

Apresiasi Tanpa Berlebihan

Ternyata, memberikan apresiasi adalah suatu kegiatan yang memberikan banyak dampak positif bagi anak ya, Bu. Jadi, jangan pernah ragu untuk mengapresiasi anak atas apapun usaha yang telah ia lakukan. Namun, Ibu perlu tahu kalau apresiasi juga tidak boleh diberikan terlalu berlebihan.

Penghargaan cukup hanya berupa rasa terima kasih dan memuji bahwa ia adalah anak yang hebat. Untuk penghargaan berupa hadiah, sebaiknya hanya diberikan pada saat tertentu saja. Misalnya saat anak berhasil memenangkan sebuah lomba.

 

Apresiasi adalah suatu hal yang mudah dilakukan. Jika Ibu belum melakukannya, maka mulai sekarang selalu berikan apresiasi kepada buah hati, ya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Bagi Ibu yang ingin berkonsultasi seputar anak, bisa langsung berkunjung ke laman Tanya Pakar, ya. Para ahli di sana akan membantu menjawab pertanyaan Ibu. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, jangan lupa untuk registrasi terlebih dulu.


Sumber:

Kompasiana

Popmama