Whatsapp Share Like Simpan

Manfaat putih telur nyatanya cukup banyak dan sangat sayang untuk dilewatkan. Ya, cairan putih telur justru memiliki sederet manfaat yang baik untuk tubuh. Tak hanya mengandung protein tinggi, manfaat putih telur lainnya bisa mencegah dari penyakit jantung.

Umumnya putih telur tidak lebih banyak dilirik dibandingkan dengan kuning telur. Padahal putih telur merupakan makanan yang baik untuk kesehatan karena sama sekali tidak mengandung kolesterol.

Banyak orang juga menganggap putih telur kurang bergizi dibanding kuning telur, sehingga kebanyakan orang kurang tertarik untuk menjadikannya sebagai pilihan konsumsi. Padahal putih telur juga memiliki kandungan yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh.

Putih telur dan kandungannya

Dilansir dari SF Gate, menurut U. S.  Department of Agriculture Nutrient Data Laboratory, putih telur memang mengandung protein sedikit lebih banyak daripada kuning telur. Satu porsi putih telur besar mengandung 3,6 gram protein yang sedikit lebih tinggi dibandingkan protein kuning telur yaitu 2,7 gram.

Artikel Sejenis

Kandungan protein antara kuning telur dan putih telur memang tidak terlalu besar, tapi yang membedakan adalah kualitasnya. Protein yang ditemukan dalam putih telur adalah protein kompleks dengan kualitas yang tinggi. Protein kompleks mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh, khususnya anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Selain mengandung protein tinggi, putih telur juga mengandung nutrisi lain yang penting untuk kesehatan seperti kalium, sodium, magnesium, dan kalsium. Dari sini manfaat putih telur tentunya sudah bisa dilihat dari kandungannya.

Putih telur juga mengandung lemak dan kolesterol jenuh lebih sedikit. Dengan kondisi ini, kandungan jumlah kalori yang ada dalam satu butir putih telur jauh lebih rendah daripada telur utuh.

Oleh karena itu, manfaat putih telur tentunya sangat baik untuk mendukung tumbuh kembang si kecil sehingga Ibu bisa menjadikannya sebagai opsi dalam memberikan menu makanan kepada buah hati.

Manfaat putih telur

Secara keseluruhan telur adalah adalah asupan makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh. Namun demikian, manfaat putih telur tak bisa diabaikan begitu saja oleh Ibu karena bermanfaat untuk membantu tumbuh kembang si kecil. 

Manfaat putih telur: Tidak mengandung kolesterol

Putih telur tidak memiliki kandungan kolesterol itu yang menjadi manfaat putih telur pertama, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh anak. Tak hanya itu, menyantap putih telur saat sarapan juga diklaim dapat membuat perut kenyang lebih lama.

Karena tidak mengandung kolesterol, putih telur juga bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan mencegah naiknya kolesterol.

Manfaat putih telur: Sumber protein tinggi

Telur adalah salah satu makanan dengan protein tertinggi, karena kandungan kuning telurnya. Namun manfaat putih telur juga memiliki protein. Putih telur bahkan memiliki jumlah protein yang rendah lemak dan menguntungkan bagi kesehatan.

Manfaat putih telur: Membangun otot yang kuat

Protein sangat penting untuk membangun otot yang kuat, dan protein tersebut dapat diperoleh dengan cara mengkonsumsi putih telur.  Manfaat putih telur ini tentunya sangat baik bagi si kecil yang masih dalam masa pertumbuhan sekaligus menguatkan ototnya.

Manfaat putih telur: Baik untuk saraf dan fungsi otak

Manfaat putih telur lainnya adalah baik untuk saraf dan fungsi otak karena putih telur mengandung kolin, sebuah nutrisi yang dapat membantu melancarkan proses metilasi atau proses pembentukan sel DNA. Selain itu, putih telur juga dapat memaksimalkan fungsi saraf dan otak serta  membantu mendetoksifikasi racun dalam tubuh.

Manfaat putih telur: Mencegah penyakit kronis

Putih telur diperkaya dengan kandungan riboflavin yang diperlukan tubuh untuk mencegah sederet penyakit tertentu seperti katarak dan migrain. Selain itu, manfaat putih telur juga dapat mencegah berbagai penyakit kronis seperti serangan jantung, demensia, dan penyakit tulang.

Manfaat putih telur: Mengontrol tekanan darah

Keberadaan kalium (potassium) di dalam putih telur menjadi manfaat putih telur berikutnya karena berpotensi mengontrol atau bahkan menurunkan tekanan darah. Kalium adalah zat mineral dan elektrolit yang seringkali dikaitkan dengan kesehatan jantung. Selain itu, putih telur mengandung peptida RVPSL, komponen protein yang bisa menurunkan tekanan darah.

Manfaat putih telur: Mengandung banyak vitamin penting

Putih telur memiliki banyak kandungan vitamin, termasuk vitamin B-12. Salah satu vitamin terpenting yang dikandung putih telur adalah riboflavin alias vitamin B2. Vitamin ini bisa mencegah penyakit katarak.

Olahan putih telur

Manfaat putih telur lainnya adalah Ibu bisa mengolahnya menjadi berbagai macam makanan. Sisa putih telur biasanya tidak terpakai, tetapi nyatanya masih bisa dimanfaatkan. Putih telur bisa diolah lagi menjadi berbagai sajian. Mulai dari lauk lezat nan praktis hingga dessert legit. 

Omelet putih telur

Putih telur bisa diolah kembali menjadi omelet yang lembut dan creamy di lidah. Cara membuatnya, kocok putih telur hingga mengembang lalu masak menggunakan api kecil hingga matang. Putih telur kocok akan menghasilkan cita rasa omelet yang lembut dan kenyal. Agar lebih lezat, tambahkan potongan sosis, daging sapi atau ayam, atau sayur cincang. 

Pancake empuk

Tampilan pancake yang empuk tentu lebih menggoda selera. Untuk mendapatkan tekstur pancake yang empuk seperti bantal, Ibu bisa memanfaatkan putih telur.  Caranya, kocok putih telur hingga kaku dan mengembang lalu campurkan ke dalam adonan pancake. Panggang dengan wajan anti lengket hingga mengembang, dan matang. Sajikan dengan sirup maple atau cokelat.

Whipped cream ekonomis

Memanfaatkan sisa putih telur untuk membuat krim kue yang terjangkau. Cara membuatnya pun tak terlalu sulit. Cukup kocok putih telur, mentega putih, dan gula halus hingga kaku. Setelah itu, krim pun bisa digunakan untuk menghias kue atau topping dessert lainnya. Agar lebih lezat, Ibu bisa menambahkan ekstrak vanila atau parutan kulit lemon sebagai penambah aroma.

Putih telur kukus

Ibu bisa mengolahnya menjadi putih telur kukus. Sajian ini terbuat dari; putih telur yang dicampur dengan garam, merica, dan potongan sayur lalu dikukus hingga teksturnya lebih keras. Bila suka, Ibu juga bisa menambahkan parutan keju di atas telur agar tekstur dan rasanya lebih creamy. 

Manfaat putih telur ada banyak dan bermanfaat bagi tumbuh kembang si kecil, selain putih telur susu juga dikenal memiliki kandungan protein baik yang tinggi. Kandungan protein baik di dalam susu juga membantu tubuh dalam memproduksi 9 asam amino esensial atau 9AAE yang mengoptimalisasi tumbuh kembang anak. Susu Frisian Flag 456 bisa jadi pilihan baik untuk menambah nutrisi yang dibutuhkan di masa tumbuh kembang anak. Agar anak tumbuh aktif, sehat, dan kuat. Jangan lupa minum susu setiap hari.