Manfaat ikan nila ternyata penting lho bagi tumbuh kembang si Kecil. Itulah sebabnya, Ibu perlu memasukkan jenis ikan ini ke dalam menu harian si Kecil. Ibu bisa memilih beberapa jenis ikan nila, baik itu ikan nila hitam ataupun ikan nila merah. Apapun jenisnya, manfaat ikan nila tetap penting untuk menjaga perkembangan tubuh si Kecil. Selain itu, pastikan Ibu memberikan si Kecil susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 3+ ya, Bu. Susu ini mengandung DHA 4x lebih tinggi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak dan 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya. Si Kecil pun dapat tumbuh kreatif, tangkas, dan berani serta 14 vitamin dan 9 mineral yang bisa bantu menjaga daya tahan tubuh si Kecil. 

Banner Register
Banner AKP
Banner Register

Salah satu manfaat ikan nila yang merupakan ikan air tawar ini cukup populer. Konsumsi ikan nila dinilai dapat meningkatkan perkembangan otak, sehingga dapat membantu mencerdaskan si Kecil. Padahal, manfaat ikan nila bukan hanya itu lho, Bu. Ada banyak manfaat yang bisa si Kecil dapatkan berkat kandungan nutrisi di dalam ikan ini, terutama juga untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Kandungan Gizi Ikan Nila

Manfaat ikan nila terlihat dari kandungan nutrisi di dalamnya. Ikan nila mengandung protein yang cukup tinggi. Melansir Healthline, 100 gram ikan nila mengandung 26 gram protein dan 128 kalori. Selain itu, ikan nila juga dinilai rendah lemak

Tak hanya di situ manfaat ikan nila lainnya dilihat dari sumber vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya, berikut beberapa kandungan gizi ikan nila yang perlu Ibu ketahui:

  • Kalori: 128
  • Karbohidrat: 0 gram
  • Protein: 26 gram
  • Lemak : 3 gram
  • Vitamin B3: 24% dari rekomendasi konsumsi harian
  • Vitamin B12: 31% dari rekomendasi konsumsi harian
  • Fosfor : 20% dari rekomendasi konsumsi harian
  • Selenium: 78% dari rekomendasi konsumsi harian
  • Kalium: 20% dari rekomendasi konsumsi harian

Manfaat Ikan Nila untuk Kesehatan Tubuh

Dari manfaat ikan nila yang terlihat di dalam kandungannya seperti berbagai mineral, vitamin, rendah lemak serta nutrisi, manfaat ikan nila untuk anak seperti di bawah ini bisa Ibu dapatkan antara lain sebagai berikut:

Artikel Sejenis

  1. Mengandung asam lemak yang baik untuk kesehatan tubuh

    Manfaat ikan nila yang pertama adalah kandungan asam lemak yang ada pada ikan nila. Kandungannya memang tidak sebanyak ikan laut, misalnya, salmon. Namun, jumlah asam lemak omega-3 pada ikan nila tetap lebih tinggi dibandingkan dengan hewan lain seperti ayam dan daging sapi.

    Selain asam lemak omega-3, ikan nila juga mengandung asam lemak omega 6 yang tidak dapat diproduksi secara alami di tubuh termasuk si kecil. Asam lemak yang berperan dalam manfaat ikan nila ini akan membantu tubuh untuk menjaga kesehatan terkait kadar kolesterol. Selain itu, komponen ini juga akan membuat otot lebih peka untuk merespons hormon insulin.

    Selain ikan nila, susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 3+ juga mengandung 69 mg omega 3 yang bisa mendukung tumbuh kembang si Kecil.

  2. Sumber protein yang sehat

    Kandungan protein yang cukup tinggi menjadi manfaat ikan nila selanjutnya. Protein ikan nila bisa membuat anak merasa kenyang lebih lama. Selain itu, protein ikan nila juga berperan dalam berbagai fungsi penting di tubuh. Beberapa di antaranya adalah membantu penyembuhan jaringan yang rusak, berperan dalam pencernaan, serta menyeimbangkan kadar hormon di tubuh.

    Kandungan protein juga bisa ditemukan dalam susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 3+ yang mengandung 5 g protein untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil.

  3. Menjaga kesehatan dan kekuatan tulang

    Manfaat ikan nila yang lain adalah baik untuk kesehatan tulang karena kandungan kalsiumnya. Selain untuk kesehatan tulang anak, kalsium juga penting untuk menjaga proses pembekuan darah dan kesehatan otot, termasuk juga otot jantung.

    Kalsium juga terkandung di dalam susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 3+ yang bisa memenuhi 25% kebutuhan harian kalsium si Kecil.

  4. Mengoptimalkan tumbuh kembang 

    Manfaat ikan nila berikutnya sangat baik untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil. Tingginya kandungan protein hewani dalam ikan nila, membuatnya bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi di tubuh khususnya bagi anak-anak yang masih dalam tahap tumbuh kembang. 

    Sebab, protein merupakan komponen yang sangat dibutuhkan dalam perkembangan organ, membran, sel, dan otot. Itulah sebabnya, manfaat ikan nila bisa menjadi salah satu nutrisi untuk mendukung asupan gizi harian si Kecil. Selain itu, manfaat ikan nila juga berguna untuk membuat anak mendapatkan berat badan yang ideal. Sebagaimana yang Ibu ketahui bahwa berat badan ideal merupakan salah satu bentuk perkembangan optimal dari fisik anak. 

  5. Meningkatkan sistem imun tubuh

    Berkat kandungan seleniumnya, konsumsi manfaat ikan nila lainnya adalah dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, selenium juga berperan dalam fungsi kognitif. 

    Sebagai pilihan; susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 3+ juga bisa memenuhi 15% kebutuhan harian selenium si Kecil lho, Bu.

  6. Menangkal radikal bebas

    Selain menjaga imun tubuh si kecil, manfaat ikan nila dari kandungan selenium dalam ikan nila yaitu melawan radikal bebas. Selenium dapat bertindak sebagai antioksidan yang dapat mencegah kerusakan dan penyakit akibat radikal bebas, seperti penuaan dini dan kanker.

Baca juga: 6 Resep Olahan Ikan Nila untuk Anak yang Lezat Bergizi

Cara Mengolah Ikan Nila

Setelah mengetahui manfaat ikan nila untuk anak, Ibu juga perlu mengetahui cara pengolahannya agar ikan nila tidak kehilangan nutrisinya terdapat tiga cara berikut ini.

  • Dengan cara dikukus. Ikan nila dapat dikombinasikan dengan beberapa jenis sayur dan dibungkus di dalam kertas alumunium foil. Lalu, kukus selama lima menit dengan api sedang.
  • Dengan cara digoreng. Pertama, keringkan daging ikan nila dengan kertas tisu, lalu bumbui dengan sedikit garam dan masak selama 2 menit untuk masing-masing sisinya di atas penggorengan dengan sedikit minyak yang panas.
  • Dengan cara dipanggang. Masukkan ikan nila yang telah dibumbui ke oven atau microwave dengan suhu 219° C selama 20 hingga 25 menit.

Tips Memilih Dan Mengolah Ikan Nila yang Tepat

manfaat ikan nila - Ibudanbalita

Agar si kecil mendapatkan manfaat ikan nila dengan tepat, Ibu perlu memilih dan mengolah ikan nila dengan baik. Ibu bisa memperhatikan beberapa bagian tubuh salah satu jenis ikan untuk MPASI ini. Menurut Kesmas dari Kemenkes, terdapat beberapa cara untuk memiliki ikan nila yang baik dan segar, seperti berikut ini:

  • Kulit ikan terlihat berwarna terang dan jernih, terlihat masih kuat membungkus tubuh ikan, tidak mudah sobek terutama pada bagian perut, dan warna asli khusus pada ikan masih terlihat jelas.
  • Sisiknya masih menempel kuat pada tubuh ikan dan sulit dilepas.
  • Mata ikan terlihat terang, menonjol, jernih, dan cembung.
  • Insangnya terlihat berwarna merah segar dan terang. 
  • Insang ikan tertutup dengan lendir yang berwarna jernih dan baunya segar.
  • Dagingnya berbau segar ala ikan.
  • Bila dicoba ditekan dengan jari, tidak berbekas.
  • Warna daging masih putih dan masih melekat kuat pada tulang agar manfaat ikan nila didapatkan oleh si Kecil dengan lebih optimal. 
  • Daging ikan bagian perut terlihat utuh dan kenyal.
  • Jika ditaruh di dalam air akan tenggelam ke dasar.

Tips Agar si Kecil Mau Makan Ikan Nila

Manfaat ikan nila sebagai salah satu bahan makanan ikan air tawar memang cukup beragam, namun faktanya tidak semua anak-anak lahap mengonsumsi makanan satu ini. Terkadang si Kecil menolak makan ikan dan lebih memilih makan makanan manis. 

Selain itu, alasan lain si Kecil enggan makan ikan adalah karena baunya yang amis, Bu. Aroma ini memang cukup mengganggu. Orang dewasa sekalipun bisa kehilangan selera makan saat menciumnya. Untuk itu, simak beberapa tips agar si kecil mau menyantap makanan ini dan mendapatkan manfaat ikan nila dengan lebih optimal. 

  • Bersihkan Ikan dengan Baik

    Cara membersihkan ikan supaya tidak amis cukup sederhana, Bu. Pertama-tama, keluarkan isi perut ikan, lalu cucilah dengan air yang mengalir hingga bersih. Selanjutnya, Ibu bisa merendam ikan di dalam air jeruk nipis selama 15 menit sebelum dimasak. Selain jeruk nipis, merebus ikan dengan jahe juga bisa jadi alternatif untuk menghilangkan bau.

  • Ubah Bentuk Ikan

    Agar manfaat ikan nila bisa didapatkan oleh si Kecil dan ia mau memakannya dengan lahap, Ibu bisa mengubah bentuk ikan dalam menu harian si Kecil dengan lebih menarik. Cara ini cukup efektif jika si Kecil menolak untuk makan ikan.

    Siasatilah dengan menyamarkan bentuknya hingga tak terlihat seperti bentuk asli ikan. Ibu bisa mencoba membuat bakso atau nugget ikan supaya ia lebih tertarik untuk mencicipi dan manfaat ikan nila bisa didapatkan oleh si Kecil. Jangan lupa tambahkan saus mayonaise dan lemon sebagai pendamping nugget untuk menambah selera. Tak perlu ragu, meskipun bentuk ikan berubah, kandungan nutrisinya tetap sama kok, Bu.

  • Cobalah Resep Favoritnya

    Nah, cara lain agar si Kecil mendapatkan manfaat ikan nila yang lebih optimal, yaitu dengan mencampurkannya ke dalam berbagai menu favorit si Kecil. Sebagai contoh, Ibu bisa memasukkan suwiran ikan ke nasi goreng, menambahkannya dalam olahan saus pasta, atau menjadikan ikan sebagai salah satu topping pizza buatan rumah favoritnya. Selain rasa amisnya hilang, si Kecil pun akan lebih lahap karena ia makan menu yang ia suka.

    Manfaat ikan nila memang cukup beragam untuk kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil. Namun, manfaat ikan nila tak cukup untuk memenuhi asupan nutrisi hariannya. Sebab, tubuh si Kecil juga membutuhkan asupan nutrisi dari berbagai makanan dan minuman bergizi lainnya. 

    Bahkan, makanan dan minuman tersebut sebaiknya mengandung beragam zat gizi, mulai dari protein, karbohidrat, serat, lemak, serta berbagai jenis vitamin dan mineral. Itulah sebabnya, Ibu perlu menyeimbangkan jumlah asupan nutrisi si Kecil secara tepat, tidak kurang dan tidak lebih.

Baca juga: Ragam Manfaat Ikan yang Penting Bagi Tumbuh Kembang Anak

Selain manfaat ikan nila, Ibu juga bisa mendapatkan manfaat dari sumber protein hewani lain, salah satunya adalah susu. Susu berperan penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil. 

Tahukah Ibu? Sekitar 90% perkembangan otak si Kecil di 5 tahun pertamanya sangat membutuhkan asupan DHA. Itulah sebabnya, si Kecil perlu mengonsumsi DHA yang cukup untuk mengoptimalkan fungsi otak. Nah, Ibu bisa mendapatkan DHA 4x lebih tinggi dalam susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 3+ untuk meningkatkan akal kreatif, kemampuan kognitif, dan fungsi sistem saraf si Kecil.

Selain itu, selama masa tumbuh kembangnya, hormon pertumbuhan sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak dan otot anak. Peran 9AAE sangat berpengaruh pada hormon pertumbuhan. Bahkan kekurangan 1 dari 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan sebanyak 34%, dan kekurangan semua jenis 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan hingga 50%. 9AAE dan DHA harus terpenuhi bersamaan. Karena keduanya harus bekerja bersamaan dan harus dipenuhi dari makanan karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri. 

Semua nutrisi penting ini bisa Ibu dapatkan dengan memberikan si Kecil susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 3+. Selain mengandung DHA 4x lebih tinggi serta 9AAE, susu ini juga dilengkapi dengan 14 vitamin dan 9 mineral, Minyak Ikan, Omega 3&6, Asam Sialat, dan Sphingomyelin tertinggi di kelasnya. Susu ini juga mengandung serat pangan inulin yang dapat menjaga kesehatan pencernaan.

Tak kalah penting dari itu, Ibu juga perlu mengecek kecukupan jumlah gizi harian Si Kecil melalui fitur Kalkulator Gizi yang dikembangkan oleh Akademi Keluarga Prima. Yuk, Bu coba fiturnya sekarang juga!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.