Whatsapp Share Like Simpan

Bingung memilih sayuran untuk MPASI buah hati, Bu? Wortel, brokoli, bayam, dan sawi semua sudah diberikan. Sekarang, coba labu siam saja, yuk. Sayuran ini termasuk mudah diolah dan bisa dikombinasikan dengan berbagai bahan makanan lainnya. Satu lagi yang paling penting, labu siam ini kaya manfaat, lho, karena kandungan nutrisinya sangat beragam. Penasaran kan apa saja manfaatnya untuk bayi? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini:

Kandungan Labu Siam

Berikut ini daftar kandungan nutrisi labu siam:

  • Karbohidrat
  • Vitamin B1
  • Vitamin B3
  • Vitamin C
  • Asam folat
  • Kalium
  • Sodium
  • Magnesium
  • Rendah kalori dan lemak

Manfaat Labu Siam


Melihat banyaknya kandungan labu siam di atas, maka manfaat yang dapat diberikan pun adalah sebagai berikut:

  • Sumber energi bagi tubuh
  • Menyempurnakan Susunan & Kerja Sistem Saraf
  • Memperlancar Pencernaan Bayi

Memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi artinya labu siam dapat menjadi sumber energi bagi tubuh bayi. Energi akan dibutuhkan oleh bayi agar ia kuat dan tidak mudah lemas dalam menjalani aktivitas, karena di usia ini bayi sedang berada dalam fase aktif dan ingin tahu tentang segala hal. Jadi, memberinya labu siam sebagai MPASI merupakan langkah yang tepat.

Artikel Sejenis

Vitamin B kompleks dan asam folat yang terkandung di dalam labu siam berperan penting dalam mengoptimalkan perkembangan sel saraf dan sel otak bayi. Asam folat tersebut juga bisa membantu kerja otak bayi dan menyempurnakan susunan dan kinerja sistem saraf bayi yang masih berada dalam fase pertumbuhan.

Banyaknya kandungan air pada labu siam membuat sayuran ini mengandung serat yang banyak. Serat tersebut dapat membantu memperlancar pencernaan bayi, karena pada fase MPASI bayi akan sering mengalami sembelit. Meskipun hal tersebut umum dialami bayi, tapi susah buang air besar pasti dapat membuatnya merasa tidak nyaman. Kandungan air pada labu siam tersebut juga bisa membantu menyehatkan fungsi ginjal bayi.

  • Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh Bayi

Mempertimbangkan sistem kekebalan tubuh bayi yang masih cenderung lemah, maka Ibu perlu memberikan ia sumber makanan yang mampu memperkuat sistem imunnya tersebut. Hal ini bisa Ibu peroleh dengan cara memberikan labu siam untuk MPASI bayi. Labu siam mengandung vitamin C yang sudah dikenal peranannya dalam memperbaiki sistem imun sehingga tubuh akan lebih kuat menangkal serangan penyakit.

  • Menghindarkan Bayi dari Iritasi Saluran Pencernaan

Labu siam adalah jenis sayuran yang tidak menimbulkan gas, sehingga cukup aman untuk dikonsumsi oleh semua usia, termasuk bayi. Dengan tidak adanya kandungan gas tersebut, maka kerja sistem pencernaan pun akan lebih ringan dan dapat menghindarkan bayi dari iritasi saluran pencernaan. Ini artinya, kesehatan sistem pencernaan bayi akan lebih terjaga.

  • Mengurangi Risiko Obesitas pada Bayi

Berkat adanya kandungan kalium, labu siam akan bermanfaat untuk mengurangi risiko obesitas pada bayi. Kalium diketahui ampuh dalam membunuh kolesterol jahat yang masuk melalui makanan ke dalam tubuh dan menyebabkan kegemukan.

Walaupun bayi yang terlihat montok memang menggemaskan, tapi alangkah baiknya kalau buah hati dibiasakan untuk memiliki berat badan yang ideal supaya tidak berlanjut hingga ia dewasa. Tidak hanya dapat berbahaya bagi kesehatan, berat badan yang berlebih juga bisa membuat bayi kurang bisa bergerak dengan lincah karena ia harus menopang berat tubuhnya.

Kalium juga berfungsi untuk membersihkan kadar karbondioksida di dalam darah bayi. Jadi apabila bayi mengkonsumsi labu siam secara rutin, tubuh bayi akan menjadi bersih dari racun.

Baca juga: Resep Puding Labu Kuning

Mengolah Labu Siam untuk MPASI

Saat mempersiapkan MPASI untuk bayi, Ibu harus benar-benar memperhatikan cara pengolahan seluruh bahan makanannya. Untuk labu siam, buang dulu getah yang menempel pada dagingnya. Caranya adalah dengan memotong bagian pangkalnya, kemudian gosokkan potongan tersebut ke daging labu hingga tak ada lagi getah putih yang keluar.

Langkah selanjutnya adalah mengupas semua kulit labu lalu cuci hingga bersih di bawah air mengalir. Labu siam yang sudah dikupas ini sebaiknya tidak diletakkan pada tempat terbuka terlalu lama karena akan merubah warnanya menjadi kekuningan.

Resep MPASI dari Labu Siam

Berikut ada resep MPASI dari labu siam yang bisa Ibu coba buat di rumah:

Bahan-bahan:

  • 100 gram labu siam, bersihkan getahnya
  • 1 genggam beras
  • 50 gram wortel, kupas bersih
  • 100 gram udang kupas
  • 1 sdm minyak zaitun atau unsalted butter untuk menumis
  • 1 siung bawang putih, cincang halus

Cara membuat:

  1. Cuci bersih beras lalu masak hingga menjadi bubur.
  2. Parut labu dan wortel, lalu rebus hingga matang.
  3. Tumis udang dengan minyak zaitun atau unsalted butter dan bawang putih cincang hingga matang sempurna.
  4. Haluskan labu siam dan udang secara terpisah dengan blender.
  5. Tuang bubur nasi ke dalam mangkuk, lalu berikan udang, labu siam, dan wortel yang sudah dihaluskan ke atasnya.
  6. Bubur udang labu siam siap disantap.

 

Sudah tahu kan Bu, kandungan dan manfaat yang ada di dalam labu siam? Coba resepnya sekarang yuk, Bu. Apabila ada keluhan setelah bayi menyantapnya, langsung bawa ia ke dokter agar segera mendapatkan penanganan dan hentikan dulu memberikan labu siam pada bayi, Bu.

Jika Ibu memiliki pertanyaan seputar tumbuh kembang pada anak, ibu dapat bertanya langsung ke pakar kami melalui fitur Tanya Pakar. Namun untuk menggunakan fitur tersebut, ibu perlu melakukan registrasi terlebih dahulu ya, Bu. Selamat mencoba!


Sumber: Popmama