Whatsapp Share Like
Simpan

Menyiapkan menu MPASI buat si Kecil bisa dibilang gampang-gampang susah, khususnya bagi Ibu baru. Mulai dari memikirkan menu menarik agar si Kecil tidak bosan, hingga persiapan masak yang terkadang cukup rumit. Nah, beberapa waktu lalu, saya sempat membaca informasi tentang rekomendasi resep labu kuning sebagai MPASI si Kecil. Di artikel tersebut, saya menemukan bahwa selain rasanya yang enak dan mudah diolah, labu kuning juga dapat mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil berkat beberapa kandungan di dalamnya. Berikut ini beberapa manfaat labu kuning untuk bayi. Simak yuk, Bu!

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Labu kuning mengandung Vitamin C cukup tinggi yang mampu menjaga metabolisme dan kekebalan tubuh si Kecil, Bu. Jika daya tahan tubuh baik, maka secara otomatis bayi akan jarang terserang penyakit yang semakin berkembang. Namun, karena labu kuning memiliki struktur yang cukup kasar dan berserat, Ibu disarankan sudah menghaluskannya hingga lembut, terutama saat memberikan MPASI di bulan-bulan pertama.

2. Mengurangi Risiko Kanker

Menurut penelitian oleh National Cancer Institute di Amerika Serikat, kandungan Beta Karoten pada labu kuning dapat mengurangi risiko kanker. Karena saat ini di sekeliling kita banyak sekali zat yang dapat memicu kanker, maka buah labu akan sangat dibutuhkan untuk dapat menangkal kanker dari tubuh si Kecil. Itulah alasan kenapa saya sering menyuapi si Kecil MPASI labu kuning, Bu.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Selain meningkatkan daya tahan tubuh, manfaat labu kuning untuk bayi berikutnya adalah mampu menjaga kesehatan mata si Kecil. Dari artikel online yang saya baca, labu kuning kaya kandungan vitamin A yang mampu menjaga kesehatan mata si Kecil. Mata merupakan indera yang sangat penting untuk proses belajar anak. Untuk itu, mari dukung kemampuan mata si Kecil agar ia dapat lebih bebas belajar banyak hal di sekelilingnya.

4. Membantu Si Kecil Tidur Lebih Nyenyak

Tahukah, Ibu? Ketika tidur, otak si Kecil sedang bekerja untuk menyaring dan menyimpan informasi yang telah ia pelajari selama seharian. Nah, Ibu bisa mendukung kualitas tidur si Kecil dengan menyuapinya MPASI labu kuning. Hal ini dikarenakan labu kuning mengandung Asam Amino yang bisa membuat tubuh si Kecil lebih rileks dan tidur lebih nyenyak. Dengan tidur yang cukup, proses tumbuh kembang si Kecil bisa lebih optimal.

Artikel Sejenis

5. Sumber Nutrisi Penting Bayi

Siapa sangka di dalam buah labu terdapat banyak nutrisi yang baik untuk dikonsumsi si Kecil. Labu mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral untuk perkembangan bayi. Selain itu, buah ini juga kaya kalsium dan magnesium untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulangnya. Terakhir, ada kandungan fosfor yang menyehatkan pencernaan, menyeimbangkan hormon, serta membantu perkembangan otak.

6. Menyehatkan Pencernaan

Selain rasanya yang enak, labu merupakan buah kaya serat yang sudah pasti dapat menyehatkan pencernaan si Kecil. Untuk bayi yang memasuki masa MPASI akan sering mengalami konstipasi atau sembelit. Labu kuning untuk bayi pun bisa menjadi obat alami untuk masalah tersebut, Bu. Tak hanya itu, jika pencernaannya sehat maka risiko terkena diare pun jadi lebih kecil

7. Tinggi Kandungan Antioksidan

Labu kuning sama seperti wortel yang mengandung beta-karoten yang bermanfaat sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas pada tubuh. Di samping itu, tubuh anak juga akan mengubah bagian dari beta-karoten tersebut menjadi vitamin A. Dengan begitu anak pun juga akan mendapatkan manfaat dari vitamin A.

8. Menyehatkan Kulit

Di dalam labu kuning juga terkandung karotenoid yang juga berfungsi untuk mengurangi radikal bebas dalam tubuh. Kandungan tersebut dikenal efektif untuk mencegah kanker, menjaga kesehatan, menyehatkan kulit, serta mencegah penuaan dini. Kulit si Kecil pun jadi lebih halus, lembut, dan terhindar dari penyakit kulit.

9. Meningkatkan Energi

Di usia ini bayi akan sering bergerak dan selalu ingin tahu tentang semua hal yang ditemuinya. Semua aktivitas tersebut tentunya dapat menghabiskan banyak energinya. Di sinilah labu kuning untuk bayi berperan sebagai penyokong energi hariannya. Ini berkat kandungan potasium yang dapat menjadi sumber energi si Kecil. Potasium juga mampu meningkatkan fungsi otot dan menyeimbangkan elektrolit tubuh.

Wah, siapa sangka ternyata ada banyak sekali manfaat labu kuning untuk bayi di masa tumbuh kembangnya ya, Bu. Agar manfaat di atas bisa didapatkan secara optimal, pastikan Ibu rutin membuat berbagai resep labu kuning agar si Kecil tidak mudah bosan, ya. Meski sudah mengandung berbagai macam nutrisi, tapi tetap variasikan buah ini dengan sumber nutrisi lainnya juga agar mendapatkan lebih banyak manfaat bagi tubuh mungilnya. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba kreasi MPASI labu kuning, Bu!

Sumber:
popmama.com

Tidak perlu khawatir Jika Ibu masih ingin mengetahui lebih lanjut mengenai Manfaat Labu Kuning Untuk Bayi, cukup dengan melakukan registrasi, Ibu bisa bahas langsung di Forum Ibu dan Balita bersama Ibu lainnya sekarang!

Daftar Sekarang