Share Like
Simpan

Hai, Bu! Apa minuman favorit si Kecil saat ini? Kalau saya, waktu si Kecil masih berusia 13 bulan, dia suka sekali dengan smoothie, Bu. Rasanya yang lezat dan menyegarkan, serta teksturnya yang creamy membuat minuman yang satu ini selalu ditunggu-tunggu olehnya di sela aktivitas bermainnya sehari-hari.

Ngomong-ngomong soal smoothie, hari ini saya ingin berbagi resep menarik untuk Ibu. Biasanya, untuk membuat minuman tersebut, kita kan selalu memadukan buah seperti jeruk dan stroberi dengan yogurt serta susu saja. Namun, bagaimana kalau hari ini kita menjodohkan bahan-bahan tersebut dengan labu?

Mengapa labu? Ini karena buah tersebut kaya akan Antioksidan, Bu. Selain itu, warnanya yang kuning juga menandakan kalau labu mengandung Karotenoid yang bagus untuk mata. Bukan hanya itu saja, labu pun kaya akan kandungan Zat Besi yang diperlukan untuk membentuk sel darah merah, serta mengandung mineral penting lainnya seperti seng dan kalium.

Lalu, buah apa yang tepat untuk dipadukan dengan labu? Saya biasanya menggunakan pisang, apel, atau pepaya, Bu. Salah satu alasannya karena ketiga buah ini memiliki kandungan Vitamin A dan C yang tinggi. Sebagaimana kita tahu, Vitamin A baik untuk menjaga kesehatan mata, sementara Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil di tahap tumbuh kembang ini. Buah-buahan tersebut juga kaya akan serat yang baik bagi kesehatan pencernaan si Kecil, lho.

Nah, penasaran kan bagaimana cara memadukan labu dengan buah-buahan sehingga menjadi smoothie yang menyegarkan? Yuk, kita intip resepnya!

 

Smoothie Labu Pisang (untuk anak usia di atas 1 tahun)

Bahan:

  • 1 buah pisang beku (ambil bagian pinggirnya saja dan buang bagian tengah yang ada bijinya).
  • 100 gr labu kuning, buang kulitnya.
  • 200 ml air.
  • 3 sdm susu Frisian Flag Jelajah.

Cara membuat:

  1. Rebus labu hingga teksturnya lunak.
  2. Cacah pisang dan labu yang sudah lunak.
  3. Larutkan 3 sdm susu Frisian Flag Jelajah dengan 200 ml air.
  4. Campur semua bahan lalu haluskan dengan blender.
  5. Smoothie pun siap disajikan.

 

Smoothie Labu Apel Pepaya (untuk anak usia di atas 1 tahun)

 

Bahan:

  • 100 gr labu kuning buang kulitnya.
  • 150 gr pepaya beku.
  • 1 buah apel manis.
  • 200 ml air.
  • 3 sdm susu Frisian Flag Jelajah.

Cara membuat:

  1. Rebus labu kuning sampai empuk.
  2. Potong-potong semua bahan (labu kuning, pepaya, dan apel).
  3. Larutkan 3 sdm susu Frisian Flag Jelajah dengan 200 ml air.
  4. Campurkan semua bahan ke dalam blender. Tuangkan susu Frisian Flag Jelajah ke dalamnya.
  5. Blender hingga halus.
  6. Smoothie kini siap untuk disajikan.

Cara pembuatannya mudah kan, Bu? Sekilas langkah-langkahnya mungkin mirip dengan cara membuat jus. Namun, keduanya jenis minuman yang berbeda, Bu. Jika jus merupakan sari buah yang diekstrak, maka smoothie adalah buah-buahan yang dilumat. Nilai plusnya, smoothie memungkinkan serat untuk ikut terbawa masuk ke dalam tubuh saat dikonsumsi si Kecil nanti. Seperti yang saya sebutkan di atas tadi, serat dalam buah sangat bermanfaat bagi sistem pencernaan si Kecil karena dapat mencegah konstipasi atau sembelit serta diare.

Jadi, sudah siap memadukan labu dalam smoothie buatan Ibu nanti? Selamat mencoba resep dari saya, ya. Jika Ibu punya resep unik serupa, silahkan langsung di-share di bawah ini, Bu!