Share Like
Simpan

Mau berangkat ke kantor, ya Bu? Di tengah kesibukan yang padat, jangan sampai lupa untuk tetap mengonsumsi makanan seimbang yang dapat memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil. Selain dari menu-menu utama yang dikonsumsi saat sarapan, makan siang, dan makan malam, aneka kudapan yang sehat juga bisa digunakan sebagai pemenuh kebutuhan gizi ibu hamil.

Nah, kira-kira kudapan seperti apa saja yang boleh dikonsumsi selama kehamilan? Untuk tahu lebih jelasnya, mari simak informasi berikut:

1. Buah-buahan

Meski disebut dengan kudapan atau makanan ringan, bukan berarti Ibu bisa mengonsumsi kue-kue dalam kemasan yang dibeli di supermarket karena umumnya memiliki pengawet dan pemanis buatan yang tak baik untuk tubuh. Sebagai gantinya, buah-buahan cocok dijadikan kudapan karena bisa memenuhi berbagai kebutuhan gizi ibu hamil dari zat-zat yang dikandungnya.

Selain memakannya dalam keadaan segar, Ibu juga bisa mencampurkan buah-buahan dengan sereal gandum utuh yang kaya serat untuk variasi kudapan yang lebih nikmat. Buah-buahan dengan jenis berry sangat cocok dicampurkan dalam sereal karena rasanya yang segar dan kaya vitamin C serta antioksidan yang baik untuk tubuh.

Kudapan berupa buah-buahan ini bisa Ibu konsumsi di tengah jam makan ketika perut mulai terasa lapar. Hal yang harus diperhatikan, tetap batasi porsi kudapan yang dikonsumsi agar kebutuhan gizi ibu hamil dapat terpenuhi dengan seimbang.

2. Telur dan wortel rebus

Telur rebus merupakan salah satu kudapan sehat yang cocok dikonsumsi di tengah padatnya aktivitas harian Ibu. Makanan yang kaya protein ini akan memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil dengan kandungan kolin yang baik untuk perkembangan otak janin dan folat yang dapat memaksimalkan pertumbuhan saraf janin.

Ukurannya yang kecil membuat telur rebus mudah dibawa dalam tas dan bisa juga disimpan di laci meja kerja untuk dikonsumsi saat Ibu mulai merasa lapar. Kudapan sehat ini bisa diselingi dengan wortel rebus yang diiris memanjang dan dicelup dalam saus yang terbuat dari low fat sour cream atau krim asam rendah lemak.

Setelah mengonsumsi berbagai kudapan yang memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil tersebut, jangan lupa minum air putih minimal 8 gelas sehari untuk membantu kerja sistem pencernaan agar tetap lancar. Saat bekerja, selalu sediakan sebotol air putih di meja agar Ibu bisa dengan mudah meneguknya setelah menikmati kudapan sehat yang dibawa dari rumah.

Tak hanya buah-buahan, telur, dan wortel rebus saja yang bisa dijadikan kudapan sehat selama masa kehamilan, yoghurt, kentang rebus, roti gandum, kismis, kacang almond, dan keju juga bisa Ibu variasikan menjadi makanan ringan yang nikmat dan praktis untuk dibawa saat bekerja. Ayo Bu, kreasikan aneka makanan sehat jadi kudapan yang bisa disantap setiap hari!