Share Like
Simpan

Cuaca yang sering tak menentu seperti ini sering menimbulkan sakit ya, Bu. Salah satunya adalah sakit panas dalam. Istilah penyakit “panas dalam” sebenarnya hanya ada di Indonesia lho, Bu. Di dunia medis, gangguan penyakit ini lebih sering diartikan ke sakit tenggorokan atau sariawan.

 

Nah, ternyata tak hanya orang dewasa saja yang bisa mengalami panas dalam. Dulu, waktu si Kecil masih balita, anak saya juga pernah mengalami hal yang sama lho, Bu. Duh, sedihnya melihat si Kecil yang tadinya aktif tiba-tiba menjadi rewel, tak mau makan dan mengeluh sakit.

Tapi, dari kejadian itu saya jadi tahu kalau ternyata ada dua bahan alami pereda panas dalam bisa kita gunakan untuk mengobat panas dalam, Bu. Yang pertama adalah cincau. Di balik warnanya yang hitam pekat, cincau menyimpan banyak khasiat, termasuk meredakan panas dalam. Kandungan karbohidrat, kalsium, fosfor, vitamin (A, B1, C), air, yang cukup banyak membuat cincau dipercaya sebagai alternatif untuk menghilangkan panas dalam. Kedua, aloe vera atau lidah buaya yang bermanfaat menghilangkan panas dalam karena kandungan vitamin C dan E serta antioksidannya yang tinggi.

 

Nah, mengolah kedua makanan tersebut dalam bentuk pudding tak sulit, kok, Bu. Si Kecil akan menyukainya karena enak untuk dijadikan cemilan, sekaligus mencegahnya dari panas dalam. Yuk kita ke dapur

 

 PUDING CINCAU HITAM MANIS

Bahan-bahan:

90 gram cincau hitam yang sudah dikeruk panjang
500 ml santan 
90 gram gula pasir 
1/4 sendok teh garam

1/2 bungkus agar-agar 
1 1/2 sendok teh jeli instan  
2 lembar daun pandan yang sudah dibuat simpul

Bahan Saus:
200 ml air 
40 gram gula merah yang sudah disisir halus
1 lembar daun pandan yang sudah dibuat simpul
1/2 sdm tepung maizena

1/2 sdm air yang dilarutkan untuk jadi pengental

Cara membuat:

  1. Pertama-tama, mari kita merebus santan, gula pasir, garam, daun pandan, agar-agar, dan jeli instan sambil diaduk hingga mendidih.
  2. Setelah selesai, tuangkan adonan di gelas plastik kecil. Kemudian, taburkan cincau hitam. Jika sudah, bekukan
  3. Nah, untuk membuat sausnya, rebus air, gula merah, dan daun pandan sambil diaduk sampai mendidih, kemudian kentalkan dengan larutan tepung maizena, lalu masak sampai meletup.
  4. Setelah sudah siap semua, kini sajikan puding dengan sausnya

 

PUDING LIDAH BUAYA

Bahan-Bahan:

 700 ml susu cair 
1/2 bungkus agar-agar bubuk 
1 sendok teh jeli bubuk 
150 gram lidah buaya 
100 gram gula pasir 
100 ml sirup melon atau vanilla 

Cara membuat:

  1. Pertama-tama, mari kita rebus susu cair, agar-agar, jeli, dan gula pasir sambil diaduk sampai terlihat mendidih. Kemudian, masukkan sirup dan lidah buaya. Aduk rata, kemudian sisihkan.
  2. Tuang ke dalam gelas atau tatakan kecil.
  3. Sebagai hiasan, Ibu juga bisa menambahkan potongan buah-buahan, seperti jeruk, leci, atau stroberi di atasnya.
  4. Jika sudah, lalu dinginkan.

 

Asyik ya, Bu? Kedua bahan alami tersebut dapat dijadikan puding kesukaan si Kecil. Nah, apakah Ibu punya resep cincau dan lidah buaya lainnya? Yuk, boleh di-share ke saya!