Hai, Bu! Melihat tumbuh kembang anak termasuk perkembangan bayi 6 bulan di setiap harinya tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi orangtua ya, Bu. Supaya tumbuh kembang si Kecil selalu optimal, pastikan ASI yang diberikan selalu berkualitas dengan baik. Untuk mendukungnya, diperlukan asupan bernutrisi untuk Ibu menyusui seperti susu Frisian Flag PRIMAMUM yang mengandung tinggi DHA yang bermanfaat untuk mendukung perkembangan otak si Kecil, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ibu dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu. Dukung si Kecil tumbuh Cermat dan Kuat dengan Frisian Flag PRIMAMUM.

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Memastikan tumbuh kembang si Kecil sejak dini merupakan hal penting. Mengingat di usia ini bayi masih harus beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, kali ini, mari berbagi informasi seputar perkembangan bayi 6 bulan yang dimulai sejak dini. Yuk, simak lebih lanjut!

  1. Usia 0-2 Bulan

    perkembangan bayi baru lahir hingga perkembangan bayi 6 bulan - ibudanbalita

    Berikut ini adalah beberapa tahap perkembangan bayi 0 - 2 bulan yang perlu Ibu ketahui:

  2. Usia 3-4 Bulan

    perkembangan bayi 3 bulan hingga perkembangan bayi 6 bulan - ibudanbalita

    Berikut ini adalah beberapa tahap perkembangan bayi 3 - 4 bulan. Yuk, disimak baik-baik, Bu!

    • Sosial dan Emosional

      Perkembangan bayi 6 bulan sejak dini di usia ini, bayi sudah mampu tersenyum secara spontan kepada orang lain. Si Kecil juga suka bermain dengan siapapun, bahkan bisa jadi langsung menangis jika berhenti bermain. 

      Selain itu, di masa perkembangan bayi 6 bulan sejak dini anak juga akan mulai meniru gerakan atau ekspresi wajah seseorang, seperti tersenyum atau cemberut.

    • Bahasa dan Cara Komunikasi

      Memasuki usia ini, perkembangan bayi 6 bulan sejak dini akan menunjukan bayi yang masih berusaha belajar bicara mulai mengoceh dengan ekspresi dan meniru suara-suara yang si Kecil dengar. Sebagai tanda bahwa si Kecil lapar, sakit atau lelah, si Kecil biasanya akan menangis dalam beberapa cara berbeda.

    • Kemampuan Kognitif

      Kemampuan kognitif anak semakin berkembang di usia ini. Banyak hal yang sudah mulai bisa si Kecil lakukan, seperti memberitahu Ibu saat merasa senang atau sedih dan merespon ungkapan kasih sayang yang Ibu berikan sebagai bentuk perkembangan bayi 6 bulan sejak dini. 

      Bayi pun kini sudah mulai bisa menggunakan mata dan tangannya dalam waktu bersamaan, seperti melihat mainan, kemudian meraih mainan tersebut dengan satu tangan. 

      Kemampuannya untuk melihat di usia ini sudah jauh berkembang. Di masa perkembangan bayi 6 bulan sejak dini satu ini, bayi pun akan semakin intens mengikuti benda bergerak dan mampu mengenali wajah yang familiar baginya.

    • Pergerakan Fisik

      Bayi sudah mulai bisa mengontrol dan menahan gerakan kepalanya dengan lebih stabil. Si Kecil akan menendang-nendang, jika kakinya berada dalam keadaan tidak nyaman. Di usia ini, bayi bisa jadi membuat Ibu terkejut dengan melakukan gerakan berguling dari tengkurap menjadi telentang. 

      Jangan heran juga jika di masa perkembangan bayi 6 bulan, si Kecil sudah sanggup menggenggam mainan, lalu menggoyang-goyangkan bahkan melemparnya ya, Bu. Selain itu, pada tahap tumbuh kembang anak di usia ini biasanya anak sudah mulai senang memasukkan benda ke mulut.

  3. Usia 5-6 Bulan

    perkembangan bayi 6 bulan - ibudanbalita

    Berikut ini adalah beberapa tahap perkembangan bayi 3 - 4 bulan yang perlu Ibu ketahui:

    • Sosial dan Emosional

      Dalam memahami pendekatan menuju perkembangan bayi 6 bulan, di usia ini, kemampuan sosial bayi perlu Ibu asah dengan baik. Pasalnya, si Kecil tidak hanya bisa mengenali wajah yang familiar, bayi juga sudah mulai dapat mengetahui seseorang yang asing baginya. 

      Bahkan, si Kecil kini sudah bisa merespon perasaan yang orang lain rasakan di usia ini sebagai bagian peningkatan kemampuan sosial dan emosional. Si Kecil akan merasa senang jika Ibu senang atau sebaliknya. Siap-siap juga merasa gemas dengannya, karena di usia 5-6 bulan, si Kecil Suka melihat dirinya di cermin, Bu.

    • Bahasa dan Cara Komunikasi

      Bahasa dan cara komunikasi menjadi tahapan tumbuh kembang anak berikutnya yang bisa Ibu lihat. Jika Ibu penasaran bayi 6 bulan bisa apa, akan tampak pada respon si Kecil terhadap suara sudah semakin kuat di menuju perkembangan bayi 6 bulan.

      Si Kecil akan bereaksi jika Ibu mengeluarkan suara, bahkan ketika Ibu memanggil namanya. Anak juga mulai mengucapkan vokal dan konsonan tertentu saat mengoceh, seperti “ah,” “eh,” “oh”, “m,” “b” untuk menunjukkan rasa suka dan tidak suka terhadap sesuatu.

    • Kemampuan Kognitif

      Bayi suka sekali melihat benda-benda yang ada di sekitarnya, merasa penasaran dengan benda itu, bahkan si Kecil tidak segan untuk mengambil benda tersebut dan memasukkannya ke mulut. 

      Tak hanya itu, si Kecil juga sudah mulai bisa memindahkan benda dari tangan satu ke tangan lainnya sebagai tanda tumbuh kembang anak semakin meningkat.

    • Pergerakan Fisik

      Memasuki usia 5-6 bulan, kemampuan fisik si Kecil sudah semakin aktif. Ya, si Kecil akan sering berguling ke kiri-kanan atau depan-belakang. Ibu pun akan mendapati si Kecil sudah bisa duduk dan merangkak tanpa bantuan siapapun. Hebatnya lagi, di usia ini bayi juga mulai ingin belajar jalan dengan berusaha berdiri sendiri, lho.

Nah, itu tadi tahapan tumbuh kembang anak pada bayi usia 0-6 bulan yang perlu Ibu tahu. Agar nantinya anak bisa bertumbuh dengan maksimal, perhatikan jika perkembangannya belum menunjukkan tahapan-tahapan di atas ya, Bu. 

Stimulasi Perkembangan Bayi 6 Bulan 

Selain dari informasi mengenai perkembangan bayi 6 bulan di atas, Ibu juga perlu memastikan tumbuh kembangnya mendapatkan stimulasi yang tepat. Stimulus bisa membantu si kecil untuk lebih mudah bergerak. Sebagaimana yang Ibu ketahui, bahwa aktivitas si Kecil juga memengaruhi pertumbuhannya lebih baik. 

  1. Melatih Bayi Duduk 

    Di masa perkembangan bayi 6 bulan, Ibu bisa mulai membantu anak untuk bisa seimbang dalam mengatur gerak tubuhnya. Di tahapan awal ini, Ibu bisa mulai melatih bayi untuk duduk. Sebagaimana yang Ibu ketahui, perkembangan bayi 6 bulan sudah menunjukan adanya kekuatan tulang dan otot bayi. 

    Kekuatan tulang dan otot bayi di masa perkembangan bayi 6 bulan perlu Ibu latih agar senantiasa mampu menopang badan si Kecil. Selain itu, dengan melatih duduk, anak juga bisa mulai memahami bahwa dirinya perlu bergerak meraih yang dirinya inginkan. Pelatihan ini memiliki dampak baik bagi kemampuan motoriknya, Bu. 

  2. Ajari Anak Makan Sendiri 

    Dalam meningkatkan kemampuan motorik di masa perkembangan bayi 6 bulan, Ibu juga bisa mulai melatih anak untuk mengambil makanannya sendiri. Di usia 6 bulan, Ibu sudah boleh memberikan makanan pendamping ASI (MPASI). Untuk itu, berikan sedikit keleluasaan kepada si Kecil untuk bermain dengan makanannya. 

    Biarkan si Kecil menyentuh MPASI yang telah Ibu siapkan. Tidak hanya untuk membantu meningkatkan kemampuan motorik, stimulasi perkembangan bayi 6 bulan ini juga membuat si Kecil merasa waktu makan adalah waktu yang menyenangkan untuk bermain. Jadi bayi bisa lebih lahap dan Ibu merasa lebih mudah ketika menyuapi si Kecil. 

  3. Stimulasi Gerak Motorik 

    Selain membiarkan anak bermain dengan makanannya, masih ada cara lainnya dalam menstimulasi motorik si Kecil. Salah satunya adalah dengan mainan. Ibu bisa siapkan beberapa mainan kecil dengan bentuk dan warna yang menarik. Biarkan si Kecil untuk mengambil sendiri mainan tersebut di masa perkembangan bayi 6 bulan ke 7 bulan ini. 

    Biarkan si Kecil belajar untuk menggenggam dan mengangkat mainan kesukaannya di masa perkembangan bayi 6 bulan. Sedikit berantakan tidak apa-apa. Alangkah baiknya jika Ibu mempersiapkan area mainannya sendiri agar proses merapikannya tidak begitu merepotkan. 

  4. Ajarkan Cara Komunikasi 

    Ibu tentu sadar jika pada perkembangan bayi 6 bulan ke 7 bulan, si Kecil sudah mulai sering mengajak bicara. Meskipun hanya mengeluarkan suara saja, tapi alangkah baiknya jika Ibu memberikan respons, layaknya berkomunikasi seperti biasa. Hal tersebut bisa membantu si Kecil mengenal kata-kata lebih mudah dan cepat demi meningkatkan kemampuan komunikasi. 

    Selain itu, Ibu juga bisa tambahkan dengan sering membacakan si Kecil buku cerita. Mendengar Ibu berkomunikasi dengan si Kecil juga dapat memberi stimulasi perkembangan bayi 6 bulan dengan baik dalam meningkatkan kemampuan komunikasi.

Agar proses perkembangan bayi 6 bulan berjalan dengan lancar dengan stimulasinya, Ibu juga perlu memerhatikan asupan nutrisinya. ASI merupakan asupan nutrisi utama yang perlu Ibu penuhi kepada si Kecil dalam memastikan perkembangan bayi 6 bulan optimal. 

Agar produksi ASI meningkat baik dalam jumlah maupun kualitasnya, Ibu harus mendapatkan energi tambahan sebanyak 500 kalori setiap harinya (AKG 2019) begitu juga dengan protein dan nutrisi penting lainnya. Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu menyusui yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak si Kecil, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode menyusui dan mendukung produksi ASI.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu ibu menyusui yang bisa mendukung si Kecil tumbuh Cermat dan Kuat dengan tinggi DHA, 9 Asam Amino Esensial (AAE) serta 9 nutrisi penting untuk kebaikan Ibu dan si Kecil selama periode menyusui. Dua gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 360 kalori, DHA 68 mg, protein 18 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama menyusui si Kecil. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin.

Namun jika Ibu atau si Kecil mengalami kondisi yang tidak memungkinkan pemberian ASI, Ibu bisa memberikan susu pendamping ASI sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan ya Bu. Pastikan Ibu memilih susu yang mengandung 9 protein asam amino esensial lengkap dan tinggi DHA, karena protein adalah komponen yang penting untuk mendukung tumbuh dan kembang bayi ya, Bu! 

Selain memantau perkembangan bayi 6 bulan, Ibu juga bisa mengetahui progres pertumbuhan dan perkembangannya melalui fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima. Di fitur ini, tinggi badan anak, berat badan, lingkar kepala, dan indeks massanya akan diukur, serta disesuaikan dengan grafik pertumbuhan dari WHO. Yuk coba sekarang!

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan registrasi Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Daftar sekarang di sini ya!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.