Whatsapp Share Like
Simpan

Senang rasanya ya, Bu, saat tahu janin di dalam rahim berkembang dengan sempurna. Saya pun merasakan hal yang sama di awal kehamilan, Bu. Saking semangatnya, saya mulai mencari tahu informasi seputar asupan bernutrisi yang baik untuk perkembangan si Kecil. Alhasil, kebanyakan teman saya menyarankan untuk sering minum air kelapa. Lalu, apakah manfaat air kelapa untuk Ibu hamil sudah terbukti secara medis? Berikut saya rangkum informasinya untuk Ibu. Simak, yuk!

Kandungan dalam Air Kelapa

Dari artikel medis yang saya baca, air kelapa kaya akan Kalium dan Magnesium yang berguna untuk mengatur tekanan darah. Selain itu, air kelapa juga terbukti dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan mengurangi kolesterol buruk dalam tubuh. Dengan begitu, kesehatan Ibu dapat selalu terjaga selama masa kehamilan. Selain itu, nutrisi yang terkandung dalam air kelapa juga dapat mengoptimalkan pertumbuhan janin, lho.

Mitos: Air Kelapa Membuat Rambut Bayi Lebih Tebal

Menurut dokter kandungan, ketebalan rambut bayi ditentukan oleh faktor genetik. Apabila Ibu dan Ayah memiliki rambut yang tebal, rambut si Kecil juga kemungkinan akan tumbuh lebat. Jadi, tidak ada hubungannya dengan minum air kelapa, Bu.

Mitos: Air Kelapa Bisa Buat Kulit Bayi Lebih Mulus

Sama halnya dengan mitos Ibu hamil sebelumnya, sampai saat ini belum ada penelitian ilmiah yang dapat membuktikan pengaruh air kelapa dengan kondisi kulit bayi. Kulit bayi ketika lahir dipengaruhi oleh faktor genetik dan nutrisi yang diasup Ibu selama hamil. Untuk itu, jika ingin si Kecil lahir bersih, Ibu bisa mengurangi konsumsi makanan berlemak seperti kulit, santan, keju, dan lain sebagainya. Hal ini disebabkan lemak makanan dapat mengendap pada tubuh janin, sehingga si Kecil berisiko lahir dengan kulit tidak mulus, terutama di bagian kepala dan dahinya.

Mitos: Air Kelapa Menghindari Ibu Hamil dari Dehidrasi

Ternyata,  ini bukan mitos, Bu. Sama halnya dengan air putih, air kelapa juga kaya akan kandungan Elektrolit atau mineral yang dapat menghidrasi tubuh secara optimal. Itu sebabnya, meminum air kelapa saat mual dan muntah dapat membantu tubuh mendapat cairan dan mineral yang hilang. Itu pula penyebab saya rutin meminum segelas air kelapa setiap harinya saat hamil, Bu. 


Bagaimana, Bu? Semoga informasi seputar manfaat air kelapa untuk Ibu hamil ini bermanfaat, ya. Terus jaga kesehatan selama masa kehamilan, Bu!