Share Like
Simpan

Nutrisi Ibu selama kehamilan berpengaruh pada kesehatan si Kecil dalam kandungan. Nutrisi yang baik dan seimbang saat kehamilan memberikan efek positif bagi Ibu hamil maupun si Kecil, sehingga Ibu dapat melahirkan tanpa kesulitan dan perkembangan si Kecil pun optimal. Salah satu cara terbaik menyediakan nutrisi yang kaya akan gizi dan serat selama kehamilan adalah dengan mengonsumsi jus buah-buahan segar. Jus buah-buahan segar mengandung nutrisi yang seimbang dan merupakan sumber vitamin serta mineral yang alami dan baik bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah beberapa tips dalam mengolah dan mengonsumsi jus selama kehamilan:

  • Pilihlah buah-buahan organik yang bebas pestisida. Waspadai sayuran dan buah-buahan yang disemprot antibiotik dan hormon serta pestisida yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang si Kecil. Banyak penelitian yang mengemukakan janin yang terpapar toksin dari makanan dapat mempengaruhi daya ingat (memori) dan kemampuan belajarnya di kemudian hari dapat terganggu.
  • Cucilah buah-buahan dan sayuran yang hendak Ibu jus di bawah air mengalir. Kupaslah lebih dulu, bila buah-buahan tersebut dapat dikupas. Potonglah bagian sayur yang rusak atau layu karena mungkin bakteri lebih mudah bersembunyi di bagian tersebut.
  • Jangan menggunakan sabun, deterjen atau cairan pemutih untuk mencuci buah-buahan dan sayuran. Gunakan sikat kecil untuk menghilangkan kotoran pada permukaan sayuran.
  • Minumlah jus sesering mungkin untuk mendapatkan nutrisi yang kaya akan gizi. Buah-buahan dan sayuran segar dapat menjadi pilihan kombinasi dalam jus Ibu tanpa khawatir kelebihan kalori.
  • Ibu dapat menambahkan jahe pada kombinasi jus untuk mengurangi rasa mual dan muntah atau morning sickness saat kehamilan. Selain itu, jahe juga dapat mengurangi gas dalam saluran cerna. Jahe dapat dikombinasikan dengan buah apel atau seledri.
  • Segera minum jus yang telah dibuat, karena nutrisi di dalamnya dapat segera hilang jika dibiarkan lama terpapar udara akibat teroksidasi, sehingga warna jus tidak segar lagi.


Berikut ini adalah contoh resep membuat jus untuk mengatasi rasa mual dan muntah (morning sickness) :
3 buah apel
3 batang seledri
1 potong kecil ( kurang lebih 1 cm) jahe
Masukkan semua bahan ke dalam blender bersama air dan tuangkan ke dalam gelas. Kombinasi jus ini hendaknya segera diminum setelah dijus. Bila Ibu menyukainya, jus campuran ini dapat diminum setiap hari.

Nah, Ibu kini dapat mencoba mengombinasikan buah-buahan dan sayuran dalam jus yang akan dikonsumsi. Selain mendapat berbagai manfaat kandungan nutrisi dalam jus, Ibu dapat bereksperimen mengombinasikan berbagai buah dan sayuran yang Ibu suka. Selamat mencoba!