Whatsapp Share Like Simpan

Fungsi enzim amilase sangat penting dalam sistem pencernaan si Kecil, karena enzim ini bertugas untuk memecah zat pati atau karbohidrat menjadi gula (glukosa). Fungsi enzim amilase bisa dilihat ketika si Kecil mengunyah makanan yang mengandung karbohidrat, lalu kelenjar liur yang ada di dalam mulut akan menghasilkan amilase. Itulah sebabnya, enzim amilase diproduksi di kelenjar liur, pankreas, dan usus halus. 

Setelah makanan ditelan oleh si Kecil, selanjutnya makanan tersebut akan dicerna lebih lanjut di usus halus. Ini merupakan bagian dari fungsi enzim amilase yang dihasilkan oleh pankreas. Di dalam usus, amilase terus memecah molekul zat pati (karbohidrat) hingga menjadi glukosa, yang nantinya akan diserap ke dalam sirkulasi darah melalui dinding usus halus.

Apa Saja Fungsi Enzim Amilase?

Seperti yang diketahui, fungsi enzim amilase yang utama yaitu memecah ikatan glikosidik dalam molekul pati. Artinya, enzim pencernaan ini mengubah zat gizi dalam karbohidrat menjadi gula sederhana yang dibutuhkan oleh tubuh si Kecil. Kalau dilihat berdasarkan lokasi dihasilkannya, berikut adalah sejumlah peran dan fungsi enzim amilase dalam tubuh:

Seberapa Penting Pemeriksaan Kadar Enzim Amilase?

Mengingat fungsi enzim amilase sangat penting di dalam tubuh, Ibu perlu mengetahui kadar enzim pencernaan ini jika si Kecil mengalami kondisi medis tertentu, terutama jika ada masalah yang serius pada saluran pencernaannya. 

Biasanya anak-anak atau orang dewasa yang mengidap penyakit pankreas perlu menjalani tes amilase darah. Tes ini membantu diagnosis dan memantau penyakit pankreatitis (radang pankreas), baik yang akut maupun kronis, serta masalah pankreas lainnya.

Melansir laman resmi The National Pancreas Foundation, pankreatitis atau radang pankreas pada anak biasanya terjadi akibat penyakit lain yang si Kecil alami. Sejumlah penyakit yang serius dapat menyerang beberapa organ pada tubuh, termasuk pankreas. Selain itu, radang pankreas juga disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

  • Cedera pada area perut (abdomen)
  • Infeksi
  • Konsumsi obat-obatan tertentu
  • Penyakit batu empedu
  • Adanya masalah pada saluran di organ hati atau pankreas
  • Kadar trigliserida yang terlalu tinggi
  • Kelainan genetik (keturunan) 

Namun, Ibu tidak perlu khawatir dan panik ya. Jika si Kecil mengalami gangguan pada saluran pencernaannya, bukan berarti itu adalah radang pankreas. Sebaiknya Ibu segera konsultasi dengan dokter jika si Kecil mengeluhkan rasa sakit di perut, nafsu makan hilang, mual dan muntah terus menerus, diare, hingga berat badan turun.

Pentingnya Fungsi Enzim Pencernaan Lain

Meskipun fungsi enzim amilase sangat penting dalam tubuh si Kecil, bukan berarti enzim pencernaan lainnya kurang penting ya, Bu. Faktanya, enzim pencernaan terbagi ke dalam beberapa jenis dan memiliki perannya masing-masing.

Nah, supaya kesehatan pencernaan si Kecil terjaga, Ibu juga perlu mengetahui fungsi enzim pencernaan lain yang ada di dalam tubuh, antara lain:

  • Enzim protease

    Tak kalah penting dengan fungsi enzim amilase, enzim protease berperan penting untuk memecah protein dalam makanan menjadi asam amino. Enzim ini diproduksi di lambung, pankreas, dan usus halus. Ada beberapa jenis enzim protease, di antaranya pepsin, tripsin, dan kimotripsin.

  • Enzim lipase

    Sama seperti fungsi enzim amilase, lipase juga termasuk enzim pencernaan yang berpengaruh terhadap tumbuh kembang si Kecil. Enzim lipase bertugas untuk memecah lemak menjadi asam lemak dan gliserol (zat gula yang mengandung alkohol).

    Organ tubuh yang berperan dalam menghasilkan enzim lipase yaitu pankreas dan lambung. Lipase juga bisa ditemukan dalam ASI lho, fungsinya untuk membantu bayi mencerna molekul lemak saat menyusu.

  • Enzim Maltase

    Mirip dengan fungsi enzim amilase, maltase merupakan enzim pencernaan yang berperan untuk menghancurkan maltosa menjadi glukosa. Enzim maltase diproduksi oleh usus halus. Zat maltosa bisa Ibu temukan dengan mudah pada tumbuhan, seperti ubi, gandum, dan biji-bijian lainnya.

  • Enzim Laktase

    Enzim pencernaan selanjutnya yang tak kalah penting yaitu laktase. Laktase merupakan jenis enzim pencernaan yang memecah gula laktosa. Gula ini bisa ditemukan dalam susu dan produk olahannya.

  • Enzim Sukrase

    Sukrase merupakan enzim pencernaan yang diproduksi oleh susu halus. Selain pentingnya fungsi enzim amilase, sukrase juga berperan penting untuk memecah sukrosa menjadi gula sederhana, seperti fruktosa dan glukosa. 

Fungsi enzim amilase dan enzim pencernaan lainnya memang sangat penting dan berpengaruh terhadap tumbuh kembang si Kecil. Namun, Ibu perlu tahu bahwa kehadiran enzim ini berkaitan dengan peran protein yang dikonsumsi oleh si Kecil. Sebab, salah satu fungsi protein yaitu membentuk enzim dan hormon di dalam tubuh. 

Itu artinya, si Kecil perlu mengonsumsi protein hewani karena mengandung 9 AAE yang lengkap agar kesehatan pencernaan dan tumbuh kembangnya lebih prima. Pastikan si Kecil mengonsumsi 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap ya, Bu.

9AAE merupakan protein esensial yang harus dikonsumsi secara rutin setiap hari karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri. 9AAE secara lengkap bisa ditemukan dalam susu, telur, daging merah, dan daging putih. 

Asupan 9AAE yang lengkap juga bisa Ibu dapatkan dalam susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+. Dalam masa tumbuh kembang, si Kecil perlu mendapatkan 9AAE yang lengkap. Sebab, penelitian dari J.Nutr menjelaskan bahwa kekurangan semua jenis 9AAE akan menghambat potensi tinggi badan dan kecerdasan sebanyak -50%. Ibu pasti tidak mau hal ini terjadi pada si Kecil, kan? 

Untuk itu, pastikan asupan 9AAE tercukupi dengan rutin mengonsumsi susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+. Selain 9AAE, susu ini juga mengandung 8 nutrisi penting untuk perkembangan otak dan akal kreatif si Kecil, seperti 4x DHA lebih tinggi, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi. 

Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga diperkaya dengan nutrisi prima untuk meningkatkan daya tahan tubuh, seperti zat besi, vitamin D3, zinc, magnesium, dan vitamin C tertinggi, serta mengandung serat pangan inulin yang dapat mendukung kesehatan saluran pencernaan si Kecil.

Pastikan asupan makanan yang si Kecil konsumsi mengandung gizi yang seimbang agar fungsi enzim amilase dan enzim pencernaan lainnya bisa lebih optimal ya, Bu.

Bagi Ibu yang ingin memantau tumbuh kembang si Kecil lebih maksimal, bisa juga lho memanfaatkan fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima. Fitur ini memudahkan Ibu untuk mengetahui berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, dan lingkar perut sesuai dengan grafik pertumbuhan dari WHO dan CDC. Dengan begitu, Ibu bisa mencegah risiko stunting pada si Kecil. Yuk, langsung coba fiturnya di sini.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz