Share Like
Simpan

Si Kecil gemar menyantap daging, Bu? Daging merupakan salah satu sumber gizi balita yang baik untuk pertumbuhannya. Baik daging ayam maupun daging sapi, keduanya sama-sama dapat memenuhi kebutuhan gizi balita berupa protein yang diperlukan tubuh. Secara umum, protein sendiri terdiri atas dua jenis yaitu protein hewani (yang berasal dari hewan) dan nabati (yang berasal dari tumbuhan).

Seperti halnya gizi balita lain yang penting untuk tubuh, protein ini diperlukan untuk membangun dan memperbaiki sel serta jaringan dalam tubuh. Tak hanya itu, gizi balita yang satu ini juga berguna untuk memproduksi enzim, hormon, serta zat lain yang diperlukan untuk mengoptimalkan aktivitas tubuh. Pada dasarnya, protein ini merupakan senyawa organik yang disusun oleh beberapa asam amino. Apa saja asam amino penyusun gizi balita tersebut? Yuk, simak beberapa asam amino penyusun protein berikut ini:

  1. Triptofan

    Triptofan merupakan salah satu asam amino penyusun protein yang sangat dibutuhkan dalam pemenuhan gizi balita. Triptofan ini dapat membantu menjaga pola tidur si Kecil, mengendalikan berat badan berlebih, serta mengoptimalkan produksi hormon serotonin dalam tubuh.

  2. Lisin

    Asam amino penyusun protein yang satu ini bermanfaat untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang pada balita, mempertahankan keseimbangan nitrogen dalam tubuh, mengoptimalkan penyerapan kalsium, memaksimalkan produksi enzim dan antibodi tubuh, serta membantu pemulihan luka pasca operasi.

  3. Metionin

    Selain merupakan kaya akan antioksidan, metionin ini juga dapat memperlancar sistem pencernaan si Kecil dan menjaga kekuatan ototnya. Tak hanya itu, nutrisi yang satu ini juga mampu menjaga kekuatan dan kesehatan rambut si Kecil.

  4. Valin

    Asam amino penyusun protein yang sangat dibutuhkan untuk memenuhi gizi balita ini memiliki segudang manfaat. Selain berperan penting dalam menjaga keseimbangan nitrogen dalam tubuh, asam amino ini juga membantu perbaikan jaringan yang rusak dan mengoptimalkan metabolisme otot si Kecil.

  5. Leusin

    Leusin ini merupakan asam amino yang paling umum dijumpai dalam protein. Zat ini diperlukan si Kecil untuk mengoptimalkan perkembangan tubuhnya serta membantu perbaikan kerusakan kulit, otot, dan tulang.

  6. Treonin

    Asam amino yang satu ini bekerja pada sistem pencernaan tubuh dan melindungi hati serta mempertahankan keseimbangan protein dalam tubuh. Tak hanya itu saja, treonin juga berperan penting dalam memaksimalkan perkembangan otak si Kecil.

  7. Fenilalanin

    Zat ini merupakan salah satu asam amino yang memegang peranan penting dalam produksi pigmen melanin kulit dan hormon. Keberadaan fenilalanin ini dapat membantu meningkatkan kekuatan memori, menjaga keseimbangan nafsu makan serta mengoptimalkan stamina tubuh.

Itulah beberapa asam amino penyusun protein yang diperlukan oleh tubuh si Kecil. Agar fungsi tubuh dan perkembangannya maksimal, Ibu perlu mencukupi kebutuhan gizi balita melalui makanan bergizi yang kaya protein seperti ikan, daging, telur, kacang-kacangan, biji-bijian, dan susu. Ayo Bu, buat sajian lezat dan bergizi untuk si Kecil tersayang!