Share Like
Simpan

Seiring perkembangannya yang semakin pesat, si Kecil kini biasanya sudah mampu menggerakkan seluruh bagian tubuhnya dengan baik. Bahkan, bukan tidak mungkin jika ia mulai belajar jalan dan bergerak aktif ke sana kemari. Anak saya pun begitu, Bu. Di usianya sekarang, ia seolah tidak bisa diam dan terus menggerakkan kaki mungilnya untuk menjelajahi seisi rumah.

Melihat perkembangannya ini, perasaan senang tentu saya rasakan. Namun di saat yang bersamaan, saya jadi khawatir karena takut si Kecil meraih benda-benda yang mungkin bisa berbahaya. Setelah berdiskusi di forum Ibu dan Batita, saya pun jadi tahu beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga si Kecil tetap aman saat bermain di dalam rumah. Yuk, kita baca sama-sama, Bu!

• Bagian Sudut Perabot Rumah

Beberapa perabot yang ada di rumah seperti meja atau rak buku biasanya memiliki sudut yang tajam dan lancip. Hal tersebut tentu bisa membahayakan si Kecil yang sekarang sudah mulai belajar untuk berjalan. Untuk itu, sebaiknya Ibu menutup sudut perabot tersebut dengan pengaman khusus yang terbuat dari karet atau material lembut lainnya. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah cedera serius jika si Kecil tanpa sengaja terbentur.

• Zat-zat Berbahaya

Di masa tumbuh kembang batita, rasa ingin tahu si Kecil tentu semakin besar, Bu. Selain meraih dan bermain-main dengannya, tak jarang si Kecil memasukkan benda yang ia anggap menarik ke mulutnya karena penasaran. Selain terus mengawasinya, sebaiknya Ibu juga menyimpan benda atau zat berbahaya seperti cairan pembersih, semprotan anti serangga, dan obat-obatan di tempat yang tidak bisa dijangkau oleh si Kecil guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

• Jendela

Si Kecil yang kini sudah mulai belajar berjalan, menunjukkan bahwa kemampuan fisiknya semakin berkembang. Ditambah dengan rasa ingin tahu yang tinggi, bukan tidak mungkin jika ia berusaha memanjat keluar jendela untuk melihat ada apa di luar sana. Guna mencegah hal tersebut, memasang pagar pelindung jendela bisa dijadikan solusi. Selain itu, Ibu juga bisa mengajaknya bermain di luar rumah supaya ia tidak lagi penasaran dengan apa yang ada di sana.

• Alat-alat Elektronik

Selain menyimpan benda-benda yang mengandung zat berbahaya, Ibu juga perlu menjauhkan alat-alat eletronik dari jangkauan si Kecil. Sebab, si Kecil bisa saja mencoba meraih peralatan berbahaya tersebut. Agar ia tetap aman saat belajar jalan, Ibu bisa menutup stop kontak atau colokan listrik dengan alat khusus. Tak hanya itu, letakkan juga peralatan elektronik seperti pengering rambut dan catokan di tempat yang tidak bisa dijangkau olehnya ya, Bu.

• Penampungan Air

Genangan air tentu menjadi objek yang menarik di mata si Kecil. Jadi, ia bisa saja berusaha untuk pergi ke kolam atau bak mandi yang ada di rumah untuk bermain di sana. Untuk mencegahnya agar tidak tercebur ke dalamnya, sebaiknya tutup akses menuju tempat-tempat penampungan air ya, Bu. Sesekali ajak juga si Kecil bermain air untuk menghilangkan rasa penasarannya.

Nah, itulah beberapa bagian rumah yang perlu diperhatikan agar tidak membahayakan si Kecil yang sedang belajar jalan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat ya, Bu!