Whatsapp Share Like Simpan

Manfaat selada air bagi kesehatan anak ternyata tidak tanggung-tanggung lho, Bu. Salah satunya dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh si Kecil agar tidak mudah sakit. Selada air termasuk sayuran yang kaya akan kandungan air dan memiliki sejumlah asam amino esensial pembentuk protein. 

Tak heran jika manfaat selada air cukup penting untuk kesehatan. 
Selada air merupakan salah satu sumber makanan protein nabati yang mengandung lisin, valin, dan treonin yang dibutuhkan oleh si Kecil dalam masa tumbuh kembang. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai manfaat selada air, simak penjelasannya di bawah ini, yuk! 

Jenis Asam Amino Esensial dalam Selada Air

Berbicara tentang manfaat selada air dalam memproduksi lisin, valin, dan treonin, Ibu perlu mengetahui dampak positif apa saja yang dihadirkan untuk tumbuh kembang anak melalui 3 dari asam amino esensial tersebut. Berikut adalah manfaat selada air berdasarkan asam amino esensial yang diproduksi dari protein yang dikandungnya. 

Lisin

Manfaat selada air yang hadir dalam produksi lisin adalah membantu tubuh agar dapat menyerap kalsium dengan baik. Penyerapan kalsium yang baik akan membantu proses tumbuh kembang anak jadi lebih optimal. 

Maka dari itu, peran lisin dari manfaat selada air sebagai salah satu asam amino esensial cukup penting kehadirannya. Sebagai salah satu dari 9 jenis asam amino esensial atau 9AAE, lisin yang merupakan salah satu manfaat selada air ini memainkan peran utama dalam pembentukan sistem penyerapan kalsium yang didukung dengan proses sintesis protein. 

Artikel Sejenis

Dengan kata lain, manfaat selada air dalam masa pertumbuhan anak adalah membantu agar anak tumbuh dengan tinggi badan yang ideal. Selain selada air, untuk menjaga kadar lisin yang cukup bagi tumbuh kembang anak, Ibu bisa berikan daging ayam bagian dada sebagai makanan utama untuk anak. Pasalnya, dada ayam diketahui sebagai salah satu sumber makanan yang memiliki kandungan lisin yang cukup tinggi.

Valin

Manfaat selada air lainnya yang dapat meningkatkan proses tumbuh kembang anak adalah dalam memproduksi valin sebagai bagian 9 asam amino esensial atau 9AAE. Salah satu manfaat selada air melalui valin yang merupakan ini berguna untuk membantu merangsang pertumbuhan dan regenerasi otot. Pertumbuhan dan regenerasi otot sangat diperlukan dalam masa perkembangan anak, agar anak tumbuh menjadi anak yang kuat. 

Selain itu, valin juga dikenal memiliki peran dalam memproduksi energi yang dibutuhkan oleh anak. Kebutuhan energi ini perlu selalu dipenuhi agar tubuh anak tetap dapat beraktivitas, sehingga masa tumbuh kembangnya dilalui secara nyaman dan menyenangkan. 

Manfaat selada air dalam menjaga tumbuh anak menjadi kuat juga bisa ditemukan di dalam telur. Telur juga merupakan sumber makanan yang dapat memproduksi valin dengan tingkatan yang cukup tinggi. Maka dari itu, penting untuk telur selalu hadir ke dalam pola makan anak dalam masa tumbuh dan berkembang.

Treonin

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anak juga merupakan salah satu manfaat selada air yang ditemukan di dalam treonin sebagai salah satu dari 9 asam amino esensial atau 9AAE. Treonin merupakan salah satu dari 9 jenis asam amino esensial yang dapat meningkatkan proses tumbuh kembang yang sehat bagi anak. 

Selain itu, manfaat selada air melalui treonin juga dapat membuatnya komponen penting untuk kulit dan jaringan ikat pada anak. Treonin sebagai salah satu manfaat selada air memiliki fungsi yang dapat mengubah protein untuk membentuk kolagen dan elastin. Oleh karena itu, penting bagi Ibu untuk mengombinasikan sayuran, seperti selada air ke dalam pola makan anak sehari-hari.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa selada air memang mengandung asam amino esensial, namun jumlahnya tidak lengkap. Padahal, kebutuhan asam amino esensial harus terpenuhi dalam jumlah dan jenis yang lengkap, yaitu mencakup leusin, isoleusin, valin, triptofan, fenilalanin, metionin, treonin, lisin, dan histidin. 

Semua jenis asam amino esensial ini disebut juga dengan istilah 9 Asam Amino Esensial atau 9AAE. Karena selada air termasuk sumber protein nabati, maka di dalamnya terdapat asam amino pembatas yang menyebabkan asam amino lainnya tidak terserap dengan baik di dalam tubuh.

Lantas, apa efeknya jika asam amino esensial tidak terpenuhi secara lengkap? Maka, akan mengurangi fungsi optimal yang dibutuhkan oleh tubuh. Itulah sebabnya, protein hewani seperti susu, telur, ikan, dan daging-dagingan lebih penting dibandingkan protein nabati seperti selada air, kacang-kacangan, serta berbagai buah dan sayuran, terutama di masa tumbuh kembang anak. 

Kekurangan 1 jenis 9 Asam Amino Esensial (9AAE) akan menurunkan kinerja hormon pertumbuhan sebanyak -34% dan kekurangan semua jenis 9 Asam Amino Esensial (9AAE) akan menurunkan hormon pertumbuhan tersebut sebanyak -50%. Hormon pertumbuhan berfungsi untuk memastikan agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. 

Dalam jurnal EBioMedicine yang dipublikasi oleh The Lancet pun menjelaskan bahwa masalah stunting pada anak berkaitan erat dengan kurangnya asupan asam amino esensial dalam tubuh. Penelitian itu menunjukkan pentingnya asupan 9 asam amino esensial (9AAE) sebagai nutrisi penting untuk pertumbuhan anak. 

Manfaat Daun Selada Air bagi Kesehatan

Di luar manfaat selada air dalam memproduksi 3 asam amino esensial untuk tumbuh kembang anak, masih banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan dari selada air untuk kesehatan anak. Kesehatan anak juga jadi faktor penting dalam penentu tumbuh kembang yang optimal. Berikut adalah manfaat selada air bagi kesehatan anak.

Kandungan antioksidan yang tinggi

Sebagaimana yang telah ibu ketahui, menjaga kesehatan anak dengan meningkatkan sistem imun merupakan salah satu manfaat selada air. Namun selain itu, selada air juga mampu membawa manfaat dalam menangkal radikal bebas. Manfaat selada air lainnya dalam menjaga kesehatan tubuh anak adalah terdapatnya kandungan antioksidan yang tinggi. 

Antioksidan merupakan sebuah senyawa yang mampu menangkal serangan radikal bebas yang dapat menyerang siapa saja, terutama anak-anak. Radikal bebas memiliki risiko dalam menimbulkan berbagai penyakit kronis dalam jangka lama. Dengan kata lain, manfaat selada air dapat menjaga tubuh anak tetap sehat dan meminimalisasi risiko penyakit serius di masa depan

Menjaga kesehatan tulang

Membantu tubuh menyerap kalsium secara baik merupakan salah satu manfaat selada air yang dapat membantu anak tumbuh dengan tinggi badan ideal. Namun, demi tumbuh dengan tinggi badan yang ideal, Ibu juga perlu menjaga kondisi kesehatan dari tulang anak. 

Manfaat selada air lainnya adalah menjaga kesehatan tulang. Manfaat yang satu ini hadir berkat kandungan vitamin K yang baik untuk tulang serta menjadi salah satu komponen penting dalam pembentukan jaringan tulang yang kuat dan sehat. Manfaat selada air lainnya adalah kandungan kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium yang dapat memperkuat dan mempertahankan fungsi tulang agar tetap berjalan secara optimal.

Menyehatkan mata

Mata yang sehat merupakan elemen penting dalam memastikan anak memiliki proses tumbuh kembang yang optimal. Dengan memiliki mata yang sehat, anak akan lebih mudah mempelajari tentang hal yang ada di sekelilingnya dan manfaat selada air lainnya yang bisa Ibu temui adalah kemampuannya dalam menyehatkan mata. Selain itu, manfaat sayuran ini juga bisa meminimalisasi risiko penyakit katarak. Kandungan vitamin yang ada di dalam selada air diketahui mampu mengurangi risiko katarak.

Mencegah dehidrasi

Seperti yang Ibu ketahui, tubuh si Kecil sangat bergantung pada air untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Memenuhi asupan air itu bukan hanya dari minum air mineral saja, tetapi juga memenuhi asupan air dari konsumsi buah dan sayuran yang tinggi kandungan air. Dengan begitu, kadar air dalam tubuh tetap tercukupi dengan baik. Sesuai namanya, selada air memiliki kandungan air yang sangat tinggi, sehingga sangat baik dimanfaatkan untuk mencegah dehidrasi. 

Mengandung anti karsinogen

Manfaat selada air lainnya yang baik untuk kesehatan adalah kandungan anti karsinogen. Kandungan ini juga yang menjadi salah satu penyebab kenapa daun selada air memiliki rasa yang agak pahit. Meskipun punya rasa yang kurang diminati oleh anak, nyatanya manfaat selada air satu ini cukup berguna dalam melawan timbulnya sel kanker. 

Manfaat selada air dari anti karsinogen ini mampu menstimulasi atau merangsang sistem imun dan melindungi sel-sel di dalam tubuh. Salah satu perlindungan yang didapatkan dari manfaat selada air ini terdapat pada sel darah putih. Anti karsinogen mampu memperbaiki kerusakan DNA pada sel darah putih

Baik untuk kesehatan rambut

Dalam menjaga pertumbuhan anak yang optimal, penting bagi Ibu untuk memerhatikan kesehatan dari ujung rambut hingga ujung kaki. Dengan kata lain, agar anak tumbuh sehat maka seluruh bagian di dalam tubuh perlu diperhatikan. Manfaat selada air ternyata bisa memberi dampak positif terhadap kesehatan rambut anak di masa pertumbuhannya. 

Daun selada air diketahui memiliki kandungan zinc yang baik dalam proses penyuburan rambut. Selain itu, vitamin A yang ada di dalam kandungan manfaat selada air ini juga berperan untuk mempercepat proses pertumbuhan rambut anak.

Meskipun selada air kaya akan manfaat, penting bagi Ibu untuk coba konsultasikan ke dokter terlebih dahulu terkait jumlah konsumsi selada air per harinya kepada dokter. Pasalnya, di balik manfaat selada air yang positif, anak Ibu tetap membutuhkan asupan protein hewani dari susu, telur, ikan, dan daging-dagingan. 

Sebab, protein hewani mengandung mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap. Asupan 9 asam amino esensial (9AAE) sangat penting karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri, sehingga harus didapatkan dari sumber protein hewani yang berkualitas. 

Nah, kandungan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) bisa secara lengkap Ibu dapatkan dalam Frisian Flag PRIMAGRO 1+, kandungan nutrisi dalam susu pertumbuhan ini sudah ditingkatkan dari sebelumnya demi mendukung potensi tumbuh kembang si Kecil lebih prima.

Susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga mengandung kombinasi 8 nutrisi penting untuk dukung kreativitas si Kecil, di antaranya DHA 4x lebih tinggi, asam lemak omega 3, asam lemak omega 6, minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi. 

Susu pertumbuhan ini pun diperkaya 5 nutrisi penting lainnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, seperti zat besi, vitamin D3, zinc, magnesium, dan vitamin C tertinggi yang dikombinasikan dengan 9 Asam Amino Esensial (9AAE), serta mengandung serat pangan inulin yang dapat mendukung kesehatan saluran pencernaan si Kecil.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz