Whatsapp Share Like Simpan

Sayuran kerap kali jadi makanan yang kurang digemari anak-anak. Meskipun begitu, Ibu juga perlu mengenalkan anak terhadap sayuran. Sayuran merupakan salah satu sumber makanan yang penuh manfaat serta menjadi sumber protein. Selada air merupakan salah satu dari banyaknya sayuran yang mengandung protein. Manfaat selada air sebagai sumber makanan berprotein adalah mampu memproduksi 9 asam amino esensial atau yang lebih dikenal dengan istilah 9AAE yang baik untuk tumbuh kembang anak.

Berdasarkan kandungan proteinnya, manfaat selada air yang utama dalam membantu tumbuh kembang anak adalah memastikan agar tubuh mampu memproduksi 9 asam amino esensial atau 9AAE. 9 asam amino esensial atau 9AAE yang diproduksi dan berasal dari manfaat selada air di antara lainnya adalah lisin, valin, serta treonin. Manfaat selada air dalam membantu tubuh memproduksi 9 asam amino esensial atau 9AAE adalah dengan cara melewati proses penguraian atau metabolisme di dalam tubuh. Sehingga, protein yang merupakan salah satu manfaat selada air bisa diserap oleh tubuh secara optimal dan diolah menjadi bagian dari 9 asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tumbuh kembang anak.

Jenis asam amino esensial dari manfaat selada air

Berbicara tentang manfaat selada air dalam memproduksi lisin, valin, dan treonin, Ibu perlu mengetahui dampak positif apa saja yang dihadirkan untuk tumbuh kembang anak melalui 3 dari 9 asam amino esensial atau 9AAE tersebut. Berikut adalah manfaat selada air berdasarkan 9 asam amino esensial yang diproduksi dari protein yang dikandungnya. 

1. Lisin

Manfaat selada air yang hadir dalam produksi lisin adalah membantu tubuh agar dapat menyerap kalsium dengan baik. Penyerapan kalsium yang baik akan membantu proses tumbuh kembang anak jadi lebih optimal. Maka dari itu, peran lisin dari manfaat selada air sebagai salah satu asam amino esensial cukup penting kehadirannya. Sebagai salah satu dari 9 jenis asam amino esensial atau 9AAE, lisin yang merupakan salah satu manfaat selada air ini memainkan peran utama dalam pembentukan sistem penyerapan kalsium yang didukung dengan proses sintesis protein. Dengan kata lain, manfaat selada air dalam masa pertumbuhan anak adalah membantu agar anak tumbuh dengan tinggi badan yang ideal. Selain selada air, untuk menjaga kadar lisin yang cukup bagi tumbuh kembang anak, Ibu bisa berikan daging ayam bagian dada sebagai makanan utama untuk anak. Pasalnya, dada ayam diketahui sebagai salah satu sumber makanan yang memiliki kandungan lisin yang cukup tinggi.

2. Valin

Manfaat selada air lainnya yang dapat meningkatkan proses tumbuh kembang anak adalah dalam memproduksi valin sebagai bagian  9 asam amino esensial atau 9AAE. Salah satu manfaat selada air melalui valin yang merupakan ini berguna untuk membantu merangsang pertumbuhan dan regenerasi otot. Pertumbuhan dan regenerasi otot sangat diperlukan dalam masa perkembangan anak, agar anak tumbuh menjadi anak yang kuat. Selain itu, valin juga dikenal memiliki peran dalam memproduksi energi yang dibutuhkan oleh anak. Kebutuhan energi ini perlu selalu dipenuhi agar tubuh anak tetap dapat beraktivitas, sehingga masa tumbuh kembangnya dilalui secara nyaman dan menyenangkan. Manfaat selada air dalam menjaga tumbuh anak menjadi kuat juga bisa ditemukan di dalam telur. Telur juga merupakan sumber makanan yang dapat memproduksi valin dengan tingkatan yang cukup tinggi. Maka dari itu, penting untuk telur selalu hadir ke dalam pola makan anak dalam masa tumbuh dan berkembang.

Artikel Sejenis

3. Treonin

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anak juga merupakan salah satu manfaat selada air yang ditemukan di dalam treonin sebagai salah satu dari 9 asam amino esensial atau 9AAE. Treonin merupakan salah satu dari 9 jenis asam amino esensial yang dapat meningkatkan proses tumbuh kembang yang sehat bagi anak. Selain itu, manfaat selada air melalui treonin juga dapat membuatnya komponen penting untuk kulit dan jaringan ikat pada anak. Treonin sebagai salah satu manfaat selada air memiliki fungsi yang dapat mengubah protein untuk membentuk kolagen dan elastin. Oleh karena itu, penting bagi Ibu untuk mengombinasikan sayuran, seperti selada air ke dalam pola makan anak sehari-hari.

Manfaat selada air bagi kesehatan

Di luar manfaat selada air dalam memproduksi 9 asam amino esensial atau 9AAE untuk tumbuh kembang anak, masih banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan dari selada air untuk kesehatan anak. Kesehatan anak juga jadi faktor penting dalam penentu tumbuh kembang yang optimal. Berikut adalah manfaat selada air bagi kesehatan anak.

1. Kandungan antioksidan yang tinggi

Sebagaimana yang telah ibu ketahui, menjaga kesehatan anak dengan meningkatkan sistem imun merupakan salah satu manfaat selada air. Namun selain itu, selada air juga mampu membawa manfaat dalam menangkal radikal bebas. Manfaat selada air lainnya dalam menjaga kesehatan tubuh anak adalah terdapatnya kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan merupakan sebuah senyawa yang mampu menangkal serangan radikal bebas yang dapat menyerang siapa saja, terutama anak-anak. Radikal bebas memiliki risiko dalam menimbulkan berbagai penyakit kronis dalam jangka lama. Dengan kata lain, manfaat selada air dapat menjaga tubuh anak tetap sehat dan meminimalisasi risiko penyakit serius di masa depan

2. Menjaga kesehatan tulang

Membantu tubuh menyerap kalsium secara baik merupakan salah satu manfaat selada air yang dapat membantu anak tumbuh dengan tinggi badan ideal. Namun, demi tumbuh dengan tinggi badan yang ideal, Ibu juga perlu menjaga kondisi kesehatan dari tulang anak. Manfaat selada air lainnya adalah menjaga kesehatan tulang. Manfaat selada air yang satu ini hadir berkat kandungan vitamin K yang baik untuk tulang serta menjadi salah satu komponen penting dalam pembentukan jaringan tulang yang kuat dan sehat. Manfaat selada air lainnya adalah kandungan kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium yang dapat memperkuat dan mempertahankan fungsi tulang agar tetap berjalan secara optimal.

3. Menyehatkan mata

Mata yang sehat merupakan elemen penting dalam memastikan anak memiliki proses tumbuh kembang yang optimal. Dengan memiliki mata yang sehat, anak akan lebih mudah mempelajari tentang hal yang ada di sekelilingnya dan manfaat selada air lainnya yang bisa Ibu temui adalah kemampuannya dalam menyehatkan mata. Manfaat selada air terhadap kesehatan mata adalah perlindungan terhadap risiko akibat hadirnya degenerasi makula yang menyebabkan gangguan penglihatan. Selain itu, manfaat selada air juga bisa meminimalisasi risiko penyakit katarak. Kandungan vitamin yang ada di dalam selada air diketahui mampu mengurangi risiko katarak.

Selain menjadikan selada air sebagai salah satu sumber protein untuk tumbuh kembang anak, Ibu juga bisa melengkapi asupan protein anak dengan memberikan Susu Frisian Flag 456. Protein yang didapat dari susu juga berperan dalam menjaga produksi 9 asam amino esensial atau 9AAE pada anak secara optimal. Sehingga anak bisa tumbuh menjadi anak pintar, kuat dan tinggi.