Whatsapp Share Like Simpan

Meski jarang dikonsumsi sebagai makanan di Indonesia, ikan kod ternyata memiliki manfaat yang baik untuk tumbuh kembang anak. Berasal dari lautan seperti seafood lainnya, ikan kod diketahui merupakan sumber makanan kaya akan protein yang membantu proses tumbuh kembang anak jadi lebih optimal. Sebagaimana yang telah Ibu ketahui, bahwa protein merupakan sebuah elemen penting yang dapat membantu tubuh memproduksi 9 asam amino esensial atau yang lebih dikenal dengan istilah 9AAE. Salah satu asam amino esensial yang diproduksi berkat protein ikad kod adalah isoleusin. Isoleusin merupakan salah satu dari 9 asam amino esensial atau 9AAE yang berperan dalam menjaga kekebalan tubuh, penyaluran energi, dan produksi hemoglobin.

Mengapa peran ikan kod penting agar tubuh mampu memproduksi 9 asam amino esensial atau 9AAE pada anak? 9 asam amino esensial atau 9AAE merupakan elemen penting yang dibutuhkan demi mengoptimalisasi tumbuh kembang anak, agar anak tumbuh sehat dan kuat. Isoleusin yang diproduksi dari protein yang terdapat pada ikan kod juga diketahui mampu membantu meningkatkan metabolisme otot agar pembentukan otot anak jadi lebih optimal sehingga memiliki fisik yang kuat. Selain itu, tubuh juga tidak dapat secara otomatis memproduksi 9 asam amino esensial atau 9AAE. Maka dari itu, protein yang terdapat pada ikan kod jadi penting bagi proses tumbuh kembang anak. 

Demi memproduksi 9 asam amino esensial atau 9AAE secara optimal tubuh membutuhkan asupan nutrisi, yaitu protein. Protein tersebut akan diolah oleh tubuh menjadi 9 asam amino esensial atau 9AAE. 9 asam amino esensial atau 9AAE ini memiliki banyak manfaat dalam memastikan tumbuh kembang optimal pada anak. Penguraian protein yang dilakukan oleh tubuh tersebut terjadi berkat sistem metabolisme anak yang bekerja dengan baik. Metabolisme anak yang terjaga dengan baik membuat produksi 9 asam amino esensial atau 9AAE dapat hadir secara maksimal. Selain ikan kod, 9 asam amino esensial atau 9AAE juga diproduksi dari berbagai sumber makanan berprotein tinggi, seperti telur, susu, ikan jenis lainnya, daging merah, daging putih, dan kacang-kacangan, serta hasil olahnya.

Manfaat mengonsumsi ikan kod untuk anak

Sebagai sumber makanan kaya akan protein, selain berguna dalam memproduksi 9 asam amino esensial atau 9AAE, ikan kod juga memiliki beragam manfaat yang membantu anak untuk menjalani masa tumbuh kembang yang sehat. Untuk itu, Ibu harus memahami manfaat dari ikan kod untuk konsumsi anak dan mulai mengenalkannya sedari dini, sejak usia 1 tahun atau sejak anak sudah mulai dapat mengonsumsi makanan padat secara baik. Berikut adalah manfaat yang ditawarkan oleh ikan kod untuk kesehatan anak.

1. Menjaga berat badan ideal

Ikan kod merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki kandungan lemak paling sedikit. Kandungan lemak yang sedikit ini dapat memberikan manfaat agar anak tetap memiliki berat badan yang ideal. Sebagaimana yang telah diketahui, bahwa berat badan cukup memiliki pengaruh dalam masa tumbuh kembang anak. Dengan memiliki berat badan ideal, anak akan lebih mudah beraktivitas demi melengkapi proses tumbuh kembangnya dengan bermain dan belajar. Berat badan ideal pada anak juga menjaga anak untuk tetap enerjik dan tidak mudah lelah dalam melakukan aktivitasnya. Maka dari itu, dianjurkan bagi Ibu untuk memperkenalkan hidangan ikan kod pada anak.

Artikel Sejenis

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Meskipun cenderung jadi ikan yang memiliki kandungan lemak sedikit, ikan kod ternyata masih mengandung lemak omega 3 yang penting untuk tumbuh kembang anak. Lemak omega 3 yang terkandung di dalam ikan kod berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak. Dengan kekebalan tubuh yang baik, maka proses tumbuh kembang anak jadi tidak terganggu akibat gampang terserang penyakit. Selain itu, lemak omega 3 pada ikan kod juga mampu mempercepat proses pertumbuhan sel yang bermanfaat dalam mempercepat masa pemulihan anak saat sembuh.

3. Pertumbuhan otak dan kecerdasan optimal

Ikan kod juga ternyata punya peran penting dalam meningkatkan kecerdasan anak. Hal ini disebabkan oleh banyaknya kandungan vitamin yang berada di dalam ikan kod. Ikan kod diketahui mengandung vitamin A, B, C, dan E. Di antara vitamin tersebut, ikan kod membawa kandungan vitamin B yang cukup banyak, terutama untuk vitamin B6 dan B12. Vitamin B6 berperan dalam meningkatkan kecerdasan dan pertumbuhan otak serta membantu proses metabolisme anak agar lebih optimal. Sedangkan vitamin B12 mampu menjaga agar tubuh anak tidak membuang energi secara berlebihan

Resep ikan kod saus lemon untuk anak dan keluarga

Untuk Ibu yang ingin mencoba mengenalkan ikan kod kepada anak, mungkin ibu bisa mengikuti resep berikut. Resep ikan kod ini cukup mudah dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang bisa ditemukan di lingkungan rumah. Berikut adalah beberapa resep olahan ikan kod yang tidak hanya nikmat, namun juga sehat.

Ikan kod saus lemon merupakan salah satu resep olahan ikan kod yang tidak hanya mudah dibuat, namun juga cukup lezat. Dengan cita rasa asam manis, sajian ikan kod ini mampu menggugah selera siapa saja, termasuk anak-anak. Menu ini cocok untuk dihidangkan saat makan bersama keluarga Berikut adalah bahan yang dibutuhkan dan cara membuatnya

Bahan-bahan:

  • 4 buah ikan kod setara dengan 6 ons
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 sdm mentega
  • 1 sdm minyak zaitun
  • 1 buah lemon
  • 2 batang peterseli
  • Garam secukupnya
  • Lada bubuk secukupnya

Cara membuat ikan kod saus lemon:

  • Sebelum mulai mengolah ikan kod saus lemon, Ibu bisa terlebih dahulu memanaskan oven atau panggangan hingga mencapai suhu 400 derajat celcius.
  • Sembari menunggu oven atau panggangan panas, lanjutkan dengan bersihkan ikan dari sisiknya. Lalu potong sesuai porsi.
  • Setelah ikan kod dipotong sesuai porsi, taburkan garam dan lada bubuk. Usap hingga bumbu menyentuh segala permukaan dari ikan kod. Sisihkan ikan kod di atas loyang panggang
  • Siapkan wajan anti lengket dan lumuri menggunakan mentega dan minyak zaitun. Panaskan wajan di atas api sedang
  • Tumis bawang putih yang telah dicincang halus selama 1 menit atau hingga harum
  • Tambahkan air perasan lemon dan peterseli yang sudah diiris ke dalam wajan. Aduk hingga merata dan peterseli layu
  • Setelah semua tercampur merata lumuri ikan kod dengan campuran mentega bawang hingga merata. Ibu bisa gunakan kuas agar memastikan cairan mentega merata dengan baik
  • Selanjutnya, panggang ikan kod selama 12 hingga 14 menit. Jika masih kurang sesuai selera, ibu bisa tambahkan waktu pangga selama 2 hingga 3 menit. 
  • Setelah matang, angkat lalu hidangkan di atas piring saji
  • Ikan kod saus lemon kini sudah bisa dinikmati bersama anak dan keluarga

Selain memberikan ikan kod yang kaya protein untuk menjaga produksi 9 asam amino esensial atau 9AAE pada anak, Ibu bisa lengkapi asupan nutrisi tumbuh kembang anak dengan Susu Frisian Flag 123 yang akan memberikan banyak manfaat di masa tumbuh kembangnya, terutama agar anak tumbuh dengan aktif, sehat, dan kuat.