Whatsapp Share Like Simpan

Untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak, Ibu perlu memenuhi asupan nutrisi penting dalam setiap menu makanannya, terutama di 1.000 hari pertama atau periode emas pertumbuhan si Kecil. Ada lima nutrisi penting yang bisa Ibu penuhi, di antaranya asam amino esensial, minyak ikan omega 3 dan omega 6, zat besi, zinc, kalsium, dan magnesium. Pemberian nutrisi penting ini wajib karena manfaatnya akan terasa hingga si Kecil dewasa lho, Bu. Nah, berikut ini lima nutrisi penting yang sayang jika Ibu lewatkan: 

  1. Asam Amino Esensial

    Menurut jurnal National Library of Medicine, protein terdiri atas rantai-rantai panjang asam amino yang terikat satu sama lain. Asam amino ini merupakan bentuk protein yang siap diserap oleh tubuh untuk membangun dan memperbaiki sel-sel serta jaringan tubuh demi mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Jenis asam amino yang paling penting dan dibutuhkan oleh tubuh adalah 9 asam amino esensial atau disebut juga 9AAE. Kehadirannya sangat penting karena tubuh tidak bisa memproduksi sendiri 9 asam amino esensial (9AAE), sehingga membutuhkan asupan dari sumber protein berkualitas.

    Ibu bisa mendapatkan 9 asam amino esensial (9AAE) secara lengkap dari sumber protein hewani seperti susu, telur, ikan, daging merah, daging putih, serta hasil olahannya. Namun sayang, saat ini masih banyak anak Indonesia yang kekurangan protein hewani. Akibatnya, tumbuh kembang anak jadi terhambat. Sementara, kebutuhan 9 asam amino esensial (9AAE) ini harus terpenuhi dalam 9 jenis yang lengkap dan jumlah yang tepat. 9 jenis asam amino esensial ini meliputi leusin, isoleusin, valin, triptofan, fenilalanin, metionin, treonin, lisin, dan histidin. Tahukah Ibu, asam amino termasuk zat gizi yang berfungsi untuk membangun dan memelihara jaringan tubuh, sebagai sumber energi, membangun antibodi, serta dapat mengangkut zat gizi pada tubuh si Kecil. Oleh karena itu, Ibu bisa memastikan si Kecil mendapatkan asupan asam amino yang cukup dengan rutin memberikan makanan dan minuman yang mengandung protein berkualitas. 

  2. Minyak Ikan, Omega 3, dan Omega 6

    Selain asam amino, minyak ikan, omega 3 dan omega 6 juga berperan penting dalam mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil lho, Bu. Minyak ikan termasuk nutrisi wajib karena mengandung omega 3, asam lemak esensial yang dibutuhkan oleh tubuh si Kecil di periode emas kehidupannya. Asam lemak omega 3 dan omega 6 berfungsi untuk meningkatkan fungsi otak, sistem saraf, dan retina anak. 

    Omega 3 (ALA) dan Omega 6 (LA) juga merupakan bahan baku untuk pembentukan DHA dan AA di dalam tubuh demi perkembangan otak anak lebih optimal. Selain itu, DHA dan AA juga mampu menjaga kesehatan organ-organ pernapasan si Kecil. Studi menyebutkan bahwa anak-anak yang mendapat asupan DHA dan AA dengan baik, kemungkinan besar akan terhindar dari risiko alergi pernapasan dan alergi kulit. 

    Artikel Sejenis

  3. Zat besi dan Seng (Zinc)

    Zat besi dan seng termasuk nutrisi penting yang tidak boleh Ibu lewatkan dalam periode emas pertumbuhan anak. Sebab, kedua nutrisi ini berperan untuk meningkatkan perkembangan otak dan metabolisme anak. Melansir laman resmi popmama.com, penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang kekurangan zat besi sering kali dikaitkan dengan IQ yang lebih rendah, kemampuan menyerap informasi yang lebih lambat, gangguan fungsi motorik, dan gangguan kesehatan lainnya. Untuk mendapatkan manfaat zat besi, Ibu bisa memberikan si Kecil olahan daging merah, ikan, hati sapi, kerang. 

    Selain itu, anak-anak yang kekurangan seng juga dapat mengalami risiko gangguan kesehatan, seperti tumbuh kembangnya tidak optimal, memicu penyakit diare, hingga gangguan saluran pernapasan bawah. Maka dari itu, Ibu perlu memenuhi asupan zat besi dan seng dalam setiap menu makanan si Kecil. Manfaat seng bisa ditemukan dalam beberapa jenis makanan, seperti daging merah, daging putih, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, bayam, jamur. 

  4. Kalsium

    Seperti yang Ibu ketahui, periode emas pertumbuhan anak merupakan fondasi untuk memenuhi nutrisi penting agar tumbuh kembangnya lebih optimal hingga masa mendatang. Nutrisi penting selanjutnya adalah kalsium yang berperan penting untuk menjaga kesehatan serta kekuatan tulang dan gigi si Kecil. Selain itu, kalsium juga berperan penting dalam menjalankan fungsi tubuh dan mengoptimalkan kinerja organ jantung. Ibu wajib waspada jika si Kecil kekurangan kalsium karena akan memicu terhambatnya pertumbuhan, berisiko mengalami kelainan tulang dan osteoporosis di masa tua.

  5. Magnesium

    Peran magnesium berkaitan erat dengan kalsium lho, Bu. Tubuh memerlukan magnesium dan vitamin D untuk mendukung pertumbuhan tulang yang lebih kuat. Magnesium membantu penyerapan kalsium dan vitamin D dalam tubuh. Si Kecil bisa mendapatkan manfaat mineral ini dari asupan makanan sumber magnesium terbaik, seperti susu, daging sapi, ikan salmon, alpukat, pisang, bayam, brokoli, sawi, kacang-kacangan, biji-bijian. Selain penting untuk tulang, magnesium juga berperan dalam transmisi saraf dan mengatur fungsi vital tubuh. 

Itulah lima nutrisi yang perlu dikonsumsi oleh si Kecil dalam periode emas pertumbuhannya. Pastikan memilih makanan dan minuman yang bergizi tinggi, terutama yang mengandung asam amino esensial demi mengoptimalkan tumbuh kembang anak hingga ia beranjak dewasa. Nah, Ibu bisa mendapatkan kelima nutrisi di atas secara lengkap dalam susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO

Kandungan nutrisi dalam susu Frisian Flag PRIMAGRO sudah ditingkatkan dari sebelumnya dengan kandungan 9 asam amino esensial (9AAE) yang lengkap, serta diperkaya 9 nutrisi penting lainnya, seperti minyak ikan, omega 3, omega 6, zat besi, zinc, protein, kalsium, magnesium, vitamin D3 serta vitamin dan mineral lain untuk mendukung potensi si Kecil tumbuh pintar, kuat, dan tinggi. Ibu tidak perlu meragukan kualitas dari susu bubuk yang sudah berpengalaman selama lebih dari 98 tahun ini. Susu Frisian Flag PRIMAGRO diproduksi dengan standar internasional dan di bawah pengawasan ahli pangan dan gizi anak agar aman dikonsumsi serta memenuhi kebutuhan nutrisi anak sesuai dengan tahapan usianya. 


Ibu bisa memilih susu Frisian Flag PRIMAGRO sesuai usia si Kecil, Frisian Flag PRIMAGRO 1+ diformulasikan untuk anak usia 1-3 tahun dan Frisian Flag PRIMAGRO 3+ diformulasikan untuk anak usia pra sekolah. Hadir dalam tiga varian rasa, vanila, madu, dan cokelat yang pasti disukai anak-anak. Nah, tunggu apa lagi, Bu? Yuk, saatnya penuhi nutrisi si Kecil dengan susu Frisian Flag PRIMAGRO agar ia tumbuh pintar, kuat, dan tinggi.