Whatsapp Share Like Simpan

Si Kecil gemar mengonsumsi cemilan kekinian? Hal ini tak selamanya buruk lho, Bu. Sebab, si Kecil membutuhkan tambahan nutrisi selain dari makanan utama. Apalagi si Kecil sedang berada di masa pertumbuhan, sehingga kebutuhan gizi hariannya harus tercukupi dengan baik agar tumbuh kembangnya lebih optimal. Cemilan kekinian bisa jadi pilihan Ibu untuk menambah nutrisi sekaligus meningkatkan suasana hati si Kecil. 

Namun, yang menjadi persoalan saat ini adalah banyaknya cemilan kekinian yang tidak sehat. Jika si Kecil mengonsumsi cemilan yang tidak sehat, maka akan memicu gangguan kesehatan dan tumbuh kembang. Oleh karena itu, Ibu perlu lebih cermat dalam memilih cemilan kekinian. Pemberian cemilan kekinian yang sehat dapat memberikan banyak manfaat untuk si Kecil lho, Bu. 

Manfaat Cemilan untuk Anak

Menurut Pedoman Gizi Seimbang dari Kementerian Kesehatan RI, kebutuhan gizi anak pada usia 1-5 tahun meningkat karena sedang berada pada masa pertumbuhan yang cepat dan aktivitasnya semakin meningkat. 

Sementara, makanan utama saja tidak ideal untuk memenuhi kebutuhan gizi harian si Kecil. Oleh karena itu, cemilan yang sehat sangat bermanfaat untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil.

Anak-anak membutuhkan asupan kalori yang cukup untuk mendukung kegiatannya yang sedang aktif bergerak. Akan tetapi, si Kecil tidak bisa mengonsumsi makanan utama dalam jumlah banyak sekaligus karena kapasitas lambungnya masih kecil. 

Artikel Sejenis

Untuk menyiasati hal tersebut, Ibu bisa memberikan si Kecil cemilan kekinian yang sehat di antara jam makan utamanya. Dengan mengonsumsi tiga kali makan utama dan disertai dua kali cemilan yang sehat, maka tumbuh kembang si Kecil lebih optimal. 

Ide Cemilan Kekinian yang Sehat untuk Anak

Berikut ini beberapa cemilan kekinian dan sehat yang bisa Ibu sajikan untuk si Kecil. Selain lezat, pastikan Ibu mengolah cemilan ini dengan menarik agar si Kecil tertarik untuk mengonsumsinya. 

  • Popcorn 

    Popcorn sudah tidak perlu diragukan lagi kandungan karbohidrat, serat, dan proteinnya karena berbahan dasar jagung. Jika Ibu ingin menghasilkan popcorn yang lebih sehat, sebaiknya ganti mentega dengan minyak zaitun untuk menambah rasa gurih. Lalu, Ibu bisa memasaknya di atas kompor bukan di microwave. Tambahkan pula lada dan bubuk bawang putih untuk menambah cita rasa. 

  • Ubi kukus mozzarella 

    Ubi mengandung karbohidrat yang tidak jauh berbeda dengan kentang. Ibu bisa mengolah ubi sebagai salah satu cemilan kekinian yang sehat untuk si Kecil. Salah satu pilihannya yaitu ubi kukus mozzarella yang cukup mudah dan praktis. Ibu cukup mengukus ubi setengah matang. Setelah itu masukkan keju mozzarella di bagian tengah dan tambahkan taburan oregano. 

  • Es krim smoothies 

    Buah-buahan mengandung beragam vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan si Kecil. Nah, Ibu bisa mengolah buah mangga, naga, dan stroberi menjadi es krim smoothies yang segar. Ibu cukup menyiapkan mangga, naga, stroberi yang sudah dihaluskan dengan blender, susu cair, tepung maizena, sedikit gula pasir, madu, dan yoghurt. 

    Cara membuatnya juga cukup mudah lho, campurkan buah halus dengan bahan-bahan lainnya, masak hingga mengental. Pindahkan ke wadah dan masukkan ke dalam freezer selama 24 jam. Cemilan ini cocok dimakan saat siang hari, setelah si Kecil mengonsumsi makan siang. 

    Baca juga: Pentingnya Makanan Gizi Seimbang untuk Dukung Perkembangan Anak

  • Pizza Apel

    Bosan dengan olahan pizza yang itu-itu saja? Eits, Ibu tidak perlu khawatir lagi karena pizza apel bisa jadi cemilan kekinian yang super praktis. Berbeda dengan pizza pada umumnya, Ibu hanya membutuhkan buah apel segar ukuran besar, blueberry, yoghurt, madu, dan granola atau kacang almond. 

    Cara membuatnya sangat mudah, Ibu tinggal potong apel berbentuk bulat, taburkan bahan-bahan lain di bagian atas, sehingga menyerupai pizza. Kemudian panggang hingga berwarna kuning keemasan. 

    Selain empat jenis cemilan kekinian di atas, Ibu juga bisa mengolah makanan lainnya untuk dijadikan cemilan sehat yang enak. Pastikan Ibu mengolah cemilan kekinian tersebut dengan cara yang tepat dan terjaga kebersihannya agar tidak ada kuman atau bakteri yang dapat memicu berbagai penyakit. 

Tips Memberikan Cemilan Kekinian yang Sehat 

Selain rasanya yang lezat, Ibu juga perlu memberikan cemilan kekinian yang bergizi untuk si Kecil. Sebab, cemilan yang sehat dapat menjadi tambahan nutrisi untuk memenuhi kebutuhan gizi harian si Kecil. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia, ada beberapa tips dalam memberikan cemilan untuk anak, antara lain:

  1. Sediakan camilan anak yang bergizi

    Cemilan kekinian yang bergizi sebaiknya mengandung protein, karbohidrat, lemak sehat, vitamin, dan mineral secara seimbang, dengan kandungan garam dan gula yang rendah. Selain itu, pastikan porsinya lebih sedikit dibandingkan makanan pokok atau utama. Supaya kandungan nutrisi dan kebersihannya terjamin, Ibu bisa mengolah sendiri cemilan kekinian untuk si Kecil. 

  2. Pastikan kandungan cemilannya aman

    Bila membeli cemilan kekinian di luar rumah, Ibu harus memastikan kandungan di dalamnya aman. Artinya, cemilan tersebut bebas dari bahan tambahan pangan (BTP) yang berbahaya. Ada beberapa bahan tambahan yang dilarang oleh BPOM, antara lain formalin, asam borat, asam salisilat, minyak nabati yang dibrominasi, dan lainnya. 

    Mengonsumsi makanan yang mengandung formalin atau rhodamin dapat menyebabkan kerusakan organ dalam tubuh dan menimbulkan risiko kanker. Namun, perlu Ibu ketahui bahwa cemilan kekinian berlabel rendah lemak atau bebas lemak bisa saja mengandung kalori dan garang yang tinggi. 

    Sedangkan, cemilan yang berlabel bebas kolesterol bisa jadi mengandung gula yang tinggi. Oleh karena itu, Ibu perlu lebih cermat dalam memerhatikan tabel nutrisi dalam cemilan kekinian yang dikonsumsi si Kecil.

  3. Mengatur jumlah cemilan yang dikonsumsi

    Bagi anak yang kelebihan gizi atau obesitas, mengonsumsi cemilan merupakan kegiatan untuk mengontrol asupan kalori sambil tetap mempertahankan rasa kenyang. Oleh karena itu, Ibu bisa berikan cemilan kekinian yang kaya akan protein, vitamin, dan mineral sesuai dengan batas normal. Sebaiknya hindari pemberian cemilan yang tinggi karbohidrat atau lemak. 

  4. Imbangi dengan konsumsi air putih

    Selain memberikan makanan utama dan cemilan kekinian, Ibu juga perlu memastikan kebutuhan cairan harian si Kecil tercukupi dengan baik. Hindari kebiasaan mengonsumsi minuman manis, seperti minuman kemasan, minuman bersoda, jus buah dengan gula, dan lainnya. 

Selain itu, susu pertumbuhan juga bisa menjadi nutrisi tambahan agar tumbuh kembang si Kecil lebih optimal. Susu Frisian Flag PRIMAGRO AAE 1+ bisa jadi solusi Ibu karena mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) secara lengkap yang dapat mendukung tumbuh kembang optimal anak usia 1-3 tahun. 

Selain itu, susu Frisian Flag PRIMAGRO AAE 1+ juga diperkaya dengan 9 nutrisi penting lainnya, seperti minyak ikan, omega 3, omega 6, zat besi, zinc, protein, kalsium, magnesium, vitamin D3, serta vitamin dan mineral lain untuk mendukung potensi si Kecil tumbuh pintar, kuat, dan tinggi.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz