Share Like
Simpan

Bu, berapa bulan usia kandungan saat ini? Seiring dengan makin besarnya kandungan, diafragma lambung akan terdesak oleh pertumbuhan janin sehingga asam lambung naik dan menyebabkan timbulnya sensasi terbakar di daerah ulu hati yang biasa disebut dengan heartburn. Untuk mencegah terjadinya heartburn, ibu hamil perlu menjaga pola hidup sehat dan pola makan secara tepat.  

Nah, berikut ini adalah cara yang bisa Ibu lakukan untuk mencegah terjadinya heartburn selama masa kehamilan:

1. Makan dengan porsi kecil

Selama mengandung, berapa kali Ibu makan dalam sehari? Jika terbiasa mengonsumsi makanan 3 kali sehari dalam porsi besar, sebaiknya hal tersebut dihentikan mulai sekarang. Untuk mencegah terjadinya heartburn, biasakan mengonsumsi makanan dalam jumlah kecil sehingga perut tidak kepenuhan dan memicu peningkatan asam lambung. Ibu bisa makan 5 hingga 6 kali dalam sehari, namun batasi porsinya terutama pada saat sarapan ketika perut masih kosong. 

2. Makan pelan-pelan

Saat mengonsumsi makanan untuk ibu hamil, biasakan untuk menghabiskannya secara perlahan agar lambung tidak “kaget” karena tiba-tiba menerima makanan dalam jumlah besar yang dapat memicu timbulnya heartburn. Menyantapnya secara perlahan, dapat membuat makanan terasa lebih nikmat sekaligus menghindarkan overeating atau mengonsumsi hidangan dengan jumlah berlebihan dalam sekali santap. 

3. Batasi jumlah air

Untuk menghindari terjadinya heartburn, biasakanlah membatasi jumlah air yang diminum saat menyantap makanan ibu hamil. Jika merasa haus di tengah waktu makan, cukup minum satu atau dua teguk air agar perut tak kepenuhan. Setelah selesai makan dan perut tak lagi terasa kenyang, Ibu baru boleh mengonsumsi air atau jenis minuman lain dalam jumlah besar.  

4. Beraktivitas setelah makan

Setelah 1 porsi makanan ibu hamil habis disantap, jangan langsung berbaring di tempat tidur karena hal tersebut mengakibatkan naiknya asam lambung ke esofagus (saluran yang menghubungkan kerongkongan dengan lambung). Lakukanlah aktivitas ringan yang mengharuskan Ibu untuk duduk atau berdiri, seperti membaca buku, mencuci piring, dan berjalan-jalan di halaman belakang. 

5. Hindari makanan penyebab heartburn

Ada beberapa makanan ibu hamil yang dapat meningkatkan risiko terjadinya heartburn, misalnya saja makanan berlemak dan juga makanan yang memiliki rasa asam. Ibu tetap boleh mengonsumsi gorengan atau citrus fruit seperti jeruk, namun perhatikan porsinya dan jangan dimakan ketika perut masih kosong. Hindari juga minuman yang mengandung kafein dan soda karena dapat meningkatkan asam lambung dalam tubuh. 

Dengan menjaga pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan untuk ibu hamil secara tepat, berbagai gangguan kesehatan selama kehamilan pasti dapat dihindari. Ibu boleh meminta bantuan dokter kandungan untuk mengatur pola makan selama kehamilan agar tubuh tetap sehat dan janin juga bisa berkembang dengan optimal.