Whatsapp Share Like
Simpan

Apakah Ibu berencana untuk memiliki hewan peliharaan di rumah? Wah, ini bisa jadi cara tepat mulai mengenal hewan untuk anak, Bu! Namun, kebanyakan Ibu merasa kewalahan dalam merawat si Kecil dan juga hewan peliharaannya. Sebenarnya, Ibu bisa memberi si Kecil tanggung jawab sederhana yang sesuai dengan usianya, lho. Tanggung jawab apa yang dimaksud? Berikut saya rangkum untuk Ibu.

1. Mengajak Peliharaan Jalan-Jalan

Memasuki usia tiga tahun, umumnya si Kecil sudah lancar berjalan bahkan berlari. Menurut jurnal penelitian online yang saya baca di US National Library of Medicine National Insitutes of Health, bayi akan belajar merangkak pada usia 11 bulan dan sudah mampu berjalan pada usia 13 bulan. Itu sebabnya, Ibu bisa mulai beri si Kecil tanggung jawab mengajak hewan peliharaannya jalan-jalan di sekitar lingkungan rumah setiap sore.

2. Bantu Membersihkan Kandang

Ketika memelihara binatang, tentu Ibu perlu memastikan agar kebersihan lingkungan rumah tetap terjaga. Nah, ini dapat dilakukan dengan membersihkan kandang hewan peliharaan secara rutin. Coba beri si Kecil sebagian kecil tugas untuk membersihkan kandang hewan peliharaannya. Misalnya, meletakkan alas di kandang.

3. Ikut Memberi Makan 

Saya jadi ingat waktu memelihara anak kucing dulu, saya sempat merasa kewalahan untuk mengurus segala keperluan rumah, merawat si Kecil, dan juga memberi makan hewan peliharaan. Akhirnya, saya pun memberi si Kecil tugas untuk rutin mengisi mangkuk makanan dan minuman anak kucing tersebut. Namun, karena ia belum bisa membaca jam, coba minta si Kecil untuk  berpatokan pada waktu makannya sendiri. Misalnya, sebelum makan siang, biasakan si Kecil mengganti mangkuk makanan dan minuman kucingnya terlebih dahulu.

4. Mengajak Bermain

Selain merawat hewan peliharaan, Ibu juga perlu mengajaknya bermain, lho. Dari artikel online yang saya baca, beberapa jenis hewan peliharaan dapat mengalami stres hingga mati jika jarang diajak bermain. Untuk itu, minta  si Kecil untuk luangkan waktu bermain bersama hewan peliharaan setiap harinya. Selain menyenangkan, cara ini bisa mengajak si Kecil bermain sambil belajar mengeksplorasi banyak hal baru di sekitarnya. Tidak hanya itu saja, aktivitas ini juga dapat mendorong si Kecil lebih aktif bergerak sehingga tumbuh kembangnya dapat berjalan sesuai usia.

Itulah beberapa tanggung jawab sederhana yang bisa Ibu berikan pada si Kecil ketika ia mulai menginjak usia satu tahun. Terlepas dari aktivitas positif di atas, perlu diingat bahwa tingkah laku hewan sering kali sulit ditebak, Bu. Untuk itu, pastikan Ibu tetap mengawasi dan mendampingi si Kecil selama ia bermain bersama hewan peliharaannya. Selain itu, Ibu juga perlu memastikan si Kecil membersihkan diri usai berinteraksi dengan peliharaan kesayangannya. Semoga artikel ini dapat membantu Ibu mengenal hewan untuk anak,ya!