Whatsapp Share Like
Simpan

Rasanya senang ya, Bu, melihat si Kecil semakin aktif mencoba hal-hal baru. Nah, saya ingin berbagi cerita, Bu. Beberapa hari lalu saya sempat mengajak si Kecil bermain bersama kucing peliharaan di rumah temannya. Begitu sampai rumah, ia merengek minta dibelikan kucing. Saya pun mulai mencari tahu efek memelihara kucing bagi tumbuh kembang balita. Menariknya, dari beberapa artikel online yang saya baca, memelihara hewan ternyata merupakan salah satu cara mendidik anak untuk memiliki rasa tanggung jawab. Apa lagi manfaat lainnya? Yuk, disimak.

1. Meningkatkan Kepercayaan Diri si Kecil

Tahukah Ibu? Menurut penelitian dari University of Liverpool di Inggris, merawat hewan peliharaan terbukti meningkatkan kepercayaan diri anak. Ia merasa percaya diri karena diberi kepercayaan untuk merawat makhluk hidup. Selain itu, hewan peliharaan juga bisa menjadi topik menarik untuk diperbincangkan dengan temannya, Bu.

2. Membantu Proses Belajar si Kecil

Hewan peliharaan bisa membantu si Kecil lebih mengerti soal siklus kehidupan. Ketika merawat hewan peliharaan, si Kecil akan mengamati proses pertumbuhannya. Nah, ini bisa menjadi kesempatan yang tepat untuk Ibu menjelaskan dengan sederhana bagaimana siklus kehidupan berjalan seperti kelahiran, pertumbuhan, dan kematian.

3. Mengajarkan Empati

Selain berguna sebagai proses belajarnya, memelihara hewan juga dapat mengajarkan si Kecil untuk bersikap empati. Mengapa begitu? Lewat memelihara hewan, si Kecil belajar tentang rasa gembira, sedih, dan kebutuhan hewan kesayangannya. Dengan begitu, ia akan mengerti bahwa hewan membutuhkan kasih sayang dan perhatian yang sama dengan manusia. Cara ini juga dapat mendorong ia belajar memperlakukan makhluk hidup dengan baik.

4. Memperkuat Imun Tubuh si Kecil

Bu, awalnya saya mengira bahwa hewan peliharaan bisa menjadi sumber penyakit bagi tubuh si Kecil. Setelah saya cari tahu lebih banyak secara online, barulah saya mengerti bahwa hewan peliharaan yang dirawat dengan baik ternyata dapat memperkuat imun tubuh anak, lho. Bahkan, menurut dokter anak asal Amerika Serikat, Dennis Ownby, MD, memelihara hewan di dalam rumah dapat mengurangi risiko alergi pada anak. Ketika si Kecil bermain dengan anjing atau kucing, hewan itu biasanya akan menjilat sebagai bentuk kasih sayang. Nah, jilatan itu dapat mentransfer bakteri hidup dalam mulut hewan dan mengubah reaksi sistem imun si Kecil terhadap virus. Dengan begitu, tubuh si Kecil akan lebih kuat dan tidak mudah jatuh sakit.

Banyak ya, Bu, manfaat memelihara hewan bagi tumbuh kembang si Kecil. Nah, meski dapat menjadi salah satu cara mendidik anak yang cukup efektif, sebaiknya Ibu tetap memerhatikan vaksinasi dan kebersihan hewan peliharaan, ya. Berminat untuk memelihara hewan di rumah, Bu?