Whatsapp Share Like Simpan

Munculnya bintik putih di wajah bayi termasuk salah satu hal yang sering dikhawatirkan oleh sebagian Ibu. Mengingat kulit bayi masih sangat sensitif, sehingga membuat Ibu yang baru memiliki buah hati kaget dan khawatir berlebih. 

Namun, Ibu tidak perlu khawatir karena sebenarnya kemunculan bintik putih di wajah si Kecil biasanya termasuk kondisi yang umum terjadi. Salah satu penyebab munculnya bintik putih di wajah bayi dipicu oleh biang keringat. Akan tetapi, ini bukanlah satu-satunya faktor pemicu ya, Bu. Bintik putih di wajah bayi juga bisa disebabkan oleh berbagai hal lain.

Nah, supaya Ibu bisa mengatasi kondisi ini, alangkah lebih baiknya jika Ibu mengetahui terlebih dahulu faktor pemicu dan jenis bintik putih di wajah. Dengan begitu, Ibu bisa memutuskan langkah selanjutnya.

Penyebab Bintik Putih di Wajah Bayi

Bintik putih di wajah bayi disebut juga dengan istilah milia. Umumnya, bintik putih di wajah ini muncul saat keringat si Kecil tersumbat di bagian bawah permukaan kulitnya. Ini karena bayi yang baru lahir memiliki kelenjar keringat yang sangat kecil dan belum bisa mengendalikan suhu tubuhnya dengan baik, sehingga muncul bintik putih di wajah dan beberapa bagian tubuhnya.

Bintik putih pada bayi tak hanya muncul di bagian wajahnya saja, tetapi juga di bagian lipatan tubuhnya, mulai dari leher, ketika, paha, punggung, dada, dan bagian lain. Biasanya bintik putih di wajah ini akan semakin terlihat saat cuaca sedang panas karena bayi lebih mudah berkeringat.

Artikel Sejenis

Namun, perlu Ibu ketahui pula bahwa sebenarnya bintik putih di wajah ini terbagi ke dalam beberapa jenis lho. Untuk mengatasi kondisi ini, kita simak dulu jenis-jenis bintik putih di wajah si Kecil, yuk!

Ciri-ciri Bintik Putih di Wajah Bayi

Kemunculan milia yang paling sering adalah biang keringat karena disebabkan oleh kelenjar keringat yang masih sangat kecil. Namun, jerawat pada bayi seringnya disebabkan oleh pertumbuhan bakteri di kulit, perubahan hormon, dan sensitivitas kulit si Kecil. 

Tak hanya itu, ciri-ciri bintik putih di wajah (milia) dengan jerawat pun cukup berbeda. Biasanya bayi yang mengalami bintik putih di wajah tidak mengalami gejala sakit atau gatal. Sebab, milia pada bayi tidak berkaitan dengan kerusakan kulit.

Bintik putih di wajah karena milia muncul dengan ditandai adanya tanda bintik putih secara keseluruhan pada bagian kulit. Bintik putih di wajah ini muncul saat protein kulit keratin terperangkap di bawah permukaan kulit bayi. Sedangkan, jerawat bayi sama seperti jerawat biasa ya, Bu. Kondisi ini bisa ditandai dengan munculnya bintik putih atau merah yang dikelilingi dengan kulit kemerahan. Salah satu penyebabnya adalah karena alergi, untuk memeriksa kondisi si Kecil, Ibu bisa ke dokter untuk mengetahui penyebab alerginya.

Cara Mengatasi Bintik Putih di Wajah Bayi

Meskipun termasuk kondisi yang umum terjadi, tetapi Ibu sebaiknya tidak menyepelekan bintik putih di wajah si Kecil. Sebab, kondisi ini bisa membuat si Kecil tak nyaman hingga muncul masalah kulit lain jika tidak diatasi dalam waktu yang lama. Dibandingkan Ibu panik dan khawatir berlebih, sebaiknya kita pahami dulu beberapa cara mengatasi bintik putih di wajah si Kecil yang bisa dilakukan di rumah.

Berikut ini beberapa cara mengatasi bintik putih (milia) pada bayi yang perlu Ibu ketahui, antara lain:

  • Bersihkan wajah bayi menggunakan air hangat

    Salah satu langkah pertolongan pertama yang bisa Ibu lakukan yaitu membersihkan wajah si Kecil menggunakan dengan air hangat tanpa sabun atau produk perawatan kulit lainnya. Setelah mandi, Ibu wajib mengeringkan bagian yang berbintik putih menggunakan handuk lembut yang bersih hingga kulit si Kecil kering sempurna.

  • Kompres dingin bagian yang berbintik putih

    Cara ini memang terlihat mudah, tetapi Ibu perlu hati-hati karena bayi masih cukup sensitif terhadap air dingin atau es batu. Oleh karena itu, Ibu perlu melakukan langkah ini secara perlahan agar si Kecil tidak kaget dan tetap nyaman.

    Caranya cukup mudah, siapkan es batu yang sudah dibalut menggunakan kain kasa halus atau handuk bersih yang berbahan lembut. Setelah itu, langsung kompres secara perlahan di kulit si Kecil.

  • Rajin bersihkan wajah dan bagian lipatan tubuh bayi

    Seperti yang Ibu ketahui, munculnya bintik putih bisa juga disebabkan oleh bakteri pada kulit si Kecil, terutama pada bagian lipatan. Untuk mencegah hal tersebut, penting untuk memastikan kebersihan wajah dan tubuh si Kecil dengan tepat, khususnya di bagian yang terdapat lipatan.

    Melansir laman resmi mayoclinic.org, sebaiknya Ibu tidak perlu memberikan si Kecil bedak untuk mencegah bintik putih di wajah. Penggunaan bedak justru bisa menutup pori-pori kulit yang bisa menimbulkan bintik putih baru.

  • Cermat memilih produk perawatan kulit bayi yang tepat

    Kulit bayi masih sangat sensitif sehingga perlu perawatan yang tepat agar si Kecil terhindar dari masalah kulit tertentu, termasuk binti putih. Untuk mengetahui produk perawatan kulit yang tepat, Ibu harus mengetahui mereknya terlebih dahulu, komposisi yang dibuat, serta kualitasnya.

    Untuk memudahkan Ibu dalam memilih produk yang tepat, sesuai dengan jenis kulit si Kecil, pastikan Ibu untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Nantinya dokter akan memberikan anjuran sesuai indikasi medis secara tepat. 

  • Rutin memeriksa kondisi kulit bayi

    Langkah selanjutnya yang tak kalah penting yaitu rutin memeriksa kondisi kesehatan si Kecil dengan baik. Apabila kulit si Kecil berkeringat, sebaiknya segera membersihkan dan mengelap bagian yang terkena keringat untuk mengurangi bintik putih. Dengan memeriksakan kondisi kulit si Kecil secara rutin, Ibu juga akan mengetahui jenis kulit yang dimiliki si Kecil, tingkat sensitivitas, serta kesehatannya secara keseluruhan.

Nah, itu dia beberapa penyebab, jenis, dan cara menghilangkan bintik putih di wajah pada bayi yang perlu Ibu ketahui. Pada beberapa kondisi, bintik putih di wajah yang dialami oleh bayi yang usianya 6 bulan ke atas biasanya disebabkan oleh alergi. Hal ini dikarenakan oleh berbagai faktor, salah satunya bisa karena makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh bayi maupun Ibu.

Makanan dan minuman yang dikonsumsi Ibu juga berpengaruh terhadap kondisi kesehatan kulit bayi, karena saat masa menyusui, si Kecil hanya mendapatkan nutrisi dari ASI. Maka dari itu, penting bagi Ibu untuk memerhatikan asupan makanan agar terhindar dari gangguan kesehatan pada buah hati. 

Selama masa kehamilan dan menyusui, Ibu harus menjaga asupan makanan bergizi secara seimbang, salah satu makanan yang dianjurkan adalah susu Frisian Flag PRIMAMUM karena mengandung 9 asam amino esensial (9AAE) lengkap dan 9 nutrisi penting lainnya untuk kebaikan Ibu dan si Kecil. Susu ini juga diperkaya dengan asam folat, omega 3 (ALA), dan omega 6 (LA) untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil serta kesehatan Ibu.

Selain itu, susu Frisian Flag PRIMAMUM mengandung tinggi zat besi, tinggi zinc, dan sumber serat pangan inulin untuk mendukung daya tahan tubuh Ibu dan si Kecil. Ditambah kandungan kalsium dan vitamin C untuk mendukung pertumbuhan sel si Kecil. 

Frisian Flag PRIMAMUM termasuk susu dengan harga ekonomis dengan nutrisi lengkap yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Tersedia dala rasa cokelat yang lezat dan tidak membuat Ibu merasa enek atau mual.

Nah, selain fokus menjaga kesehatan kulit si Kecil, Ibu juga sebaiknya perlu memantau tumbuh kembangnya secara keseluruhan dengan menggunakan fitur Akademi Keluarga Prima (AKP). Fitur AKP bisa menjadi solusi untuk menemani keluarga prima dari masa kehamilan hingga 6 tahun pertama si Kecil. Yuk, langsung gabung dengan AKP di sini.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz