Saat awal kehamilan, Ibu mungkin penasaran dengan bentuk perut hamil muda saat tidur. Sebelum Ibu mencari tahu lebih jauh mengenai hal ini, Ibu juga perlu pastikan asupan gizi yang Ibu butuhkan terlengkapi dengan baik. Salah satunya adalah mengonsumsi tambahan nutrisi dari susu kehamilan Frisian Flag PRIMAMUM yang mengandung tinggi DHA yang bermanfaat untuk mendukung perkembangan otak janin, 9 Asam Amino Esensial (AAE), protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal serta 9 nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ibu dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu.

Banner AKP
Banner Register

Bentuk perut ibu hamil nantinya berubah ketika usia kehamilan semakin mendekati persalinan. Perut Ibu akan terlihat lebih membuncit, menonjol, tinggi, dan kencang. Untuk menjawab rasa penasaran Ibu tentang bentuk perut hamil muda saat tidur, simak penjelasan di bawah ini ya, Bu.

Bentuk Perut Hamil Muda saat Tidur

Ibu hamil terkadang merasa khawatir jika bentuk perutnya tidak sama dengan perut ibu hamil lainnya dengan usia kandungan yang sama. Padahal, bentuk perut ibu hamil biasanya menyesuaikan kondisi janin dan postur tubuh Ibu. 

Bentuk perut hamil muda saat tidur sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan bentuk perut hamil muda saat duduk. Pasalnya, perut Ibu hamil baru terlihat menonjol ketika memasuki usia kehamilan 12 minggu hingga 16 minggu tergantung berat badan.

Perlu Ibu pahami jika bentuk perut hamil muda saat duduk akan terlihat sedikit buncit, namun terasa keras dan kencang. Begitu pula dengan bentuk perut hamil muda saat tidur, Ibu mungkin akan merasakan perut sedikit membuncit dan kencang tetapi tidak bergelambir.

Artikel Sejenis

Hanya saja, bentuk perut hamil muda saat tidur akan terlihat lebih kecil dibandingkan saat posisi duduk. Kondisi tersebut bisa terjadi akibat gaya gravitasi yang membawa cairan ke arah bawah dan membuat bentuk perut hamil muda saat tidur terlihat lebih kecil.

Baca juga: Begini Perubahan Perut Ibu Hamil dari Bulan ke Bulan

Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil Muda

Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil - ibudanbalita

Setelah mengetahui seperti apa bentuk perut hamil muda saat tidur, Ibu bisa memastikan kehamilan dengan melakukan test pack. Lalu, agar nyaman tidur saat hamil, Ibu perlu tahu posisi yang nyaman saat tidur. 

Kesulitan untuk menemukan posisi tidur yang nyaman sering kali menjadi keluhan ibu hamil muda. Terlebih jika kondisi perut Ibu mulai membesar seiring dengan janin yang mulai berkembang.

Sebuah penelitian menunjukkan jika sebanyak 78% ibu hamil mengalami masalah gangguan tidur dan sulit mendapatkan posisi tidur yang tepat. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, berikut beberapa posisi tidur yang baik untuk ibu hamil muda:

  • Tidur miring ke kiri

    Posisi tidur miring ke arah kiri atau SOS (sleep on side) menurut American Pregnancy Association menjadi posisi tidur terbaik selama kehamilan yang tidak akan memengaruhi bentuk perut hamil muda saat tidur. Hal ini karena tidur miring dapat memberikan sirkulasi terbaik yang membantu mengurangi potensi pembengkakan, varises di kaki dan wasir.

    Posisi tidur ibu hamil ini juga akan memberi tekanan paling kecil pada pembuluh darah dan organ dalam Ibu. Tidur miring ke kiri bisa membantu meningkatkan jumlah darah dan nutrisi yang mencapai plasenta.

    Ibu bisa meletakkan bantal di bawah perut, di antara kaki, dan di belakang punggung untuk membuat tidur semakin nyaman. Tidur miring ke kiri juga sangat baik untuk ibu hamil muda yang sesak napas dan nyeri punggung.

  • Tidur terlentang

    Beberapa ahli merekomendasikan ibu hamil untuk menghindari tidur telentang selama trimester kedua dan ketiga. Namun, posisi tidur terlentang masih diperbolehkan untuk ibu hamil muda karena belum mengalami perubahan fisik yang drastis. 

    Tidur terlentang juga tidak akan membahayakan bentuk perut hamil muda saat tidur, sehingga Ibu tidak perlu khawatir berlebihan.

  • Tidur tengkurap

    Banyak ibu hamil khawatir tidur tengkurap akan membahayakan janin yang sedang berkembang. Namun, posisi tengkurap saat awal kehamilan tidak akan berpengaruh terhadap bentuk perut hamil muda. Sebab, rahim melindungi janin dengan baik dan tidak ada alasan untuk menghindari tidur tengkurap selama trimester pertama.

    Bagi ibu hamil yang menyukai tidur tengkurap, tidak perlu khawatir karena tidur tengkurap tidak akan membahayakan janin. Ibu bisa menggunakan beberapa bantal tidur untuk memungkinkan tidur tengkurap.

Bu, itulah sejumlah informasi seputar bentuk perut hamil muda saat tidur. Selama kehamilan, Ibu memerlukan tambahan energi, protein dan nutrisi penting lainnya untuk mendukung kesehatan Ibu dan tumbuh kembang janin yang sehat dan optimal. 

Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu hamil yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak janin, 9 Asam Amino Esensial (AAE), protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal serta 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode kehamilan.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu ibu hamil dengan tinggi DHA, 9 Asam Amino Esensial (AAE) serta 9 nutrisi penting untuk kebaikan Ibu dan si Kecil selama periode kehamilan. Satu gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 180 kalori, DHA 34 mg, protein 9 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama periode kehamilan. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin.

Sebagai tambahan informasi, Ibu bisa memanfaatkan fitur Kamus Kehamilan yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima untuk menjawab pertanyaan dan informasi seputar kehamilan yang lengkap dan tepat. Yuk Bu, coba fitunya sekarang!