Whatsapp Share Like Simpan

Saat ini minat membaca semakin berkurang, terutama saat munculnya teknologi digital yang membuat sebagian anak-anak kecanduan menggunakan gadget. Padahal, manfaat membaca sangat baik untuk mendukung tumbuh kembang anak. Selain karena teknologi, tak sedikit pula orang tua yang mungkin tidak sempat meluangkan waktu untuk membacakan buku kepada buah hatinya atau mungkin merasa si Kecil belum paham jika dibacakan buku cerita. Sebenarnya tidak ada waktu terlalu cepat untuk membacakan buku kepada si Kecil. Bahkan, Ibu sudah bisa memulainya sejak si Kecil masih di dalam kandungan lho. Bayi memang belum bisa memahami apa yang Ibu baca, namun manfaat membacakan buku bisa melatih pendengaran si Kecil dengan baik. Barulah setelah si Kecil lahir, Ibu bisa mulai mengajarkan ia untuk membaca secara perlahan. Dengan begitu, si Kecil akan lebih memilih membaca buku dibandingkan bermain gadget. Oleh karenanya, manfaat membaca tak sekadar menambah kemampuan untuk bercerita, tetapi juga dapat mendukung tumbuh kembang si Kecil. 

Manfaat Membaca 

Belajar membaca memang membutuhkan proses, Ibu bisa mengawali kebiasaan ini dengan memberikan si Kecil buku cerita dengan gambar yang warna-warni, sehingga si Kecil akan tertarik dan merasakan manfaat membaca dengan baik. Selain itu, ada beberapa manfaat membaca lainnya yang penting Ibu ketahui, antara lain: 

  1. Menambah kosakata dan kemampuan berbahasa

    Buku selalu diisi oleh kosa kata yang cukup beragam. Jika terbiasa membaca kosakata secara bertahap, maka si Kecil dapat mengembangkan kemampuan mengingat kosakata dan bahasa dalam sebuah cerita. Manfaat membaca ini akan terasa efeknya hingga jangka panjang lho, Bu. Sebab, kemampuan berbahasa menjadi salah satu faktor penting dalam kehidupan. Apalagi jika Ibu membiasakan si Kecil membaca buku berbahasa asing, seperti bahasa Inggris, kemungkinan besar si Kecil pun akan semakin familiar dengan kosakata selain bahasa Ibu. 

  2. Meningkatkan imajinasi dan kreativitas

    Manfaat membaca buku juga dapat meningkatkan daya imajinasi dan kreativitas si Kecil, Bu. Ini karena cerita yang tertuang dalam sebuah buku selalu disertai para pemeran, latar cerita, dan alur yang mengalir, sehingga mengajak si Kecil untuk berimajinasi mengenai cerita yang Ibu baca. Sebagai contoh, saat membaca buku cerita tentang persahabatan hewan, di dalamnya pasti ada sekumpulan hewan sebagai pemeran dan latar cerita di perkebunan. Si Kecil pasti akan menggunakan imajinasinya sendiri saat membaca cerita tersebut. 

  3. Meningkatkan kemampuan berpikir dan konsentrasi

    Manfaat membaca yang tak kalah penting yaitu dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan konsentrasi. Saat berimajinasi, otak si Kecil otomatis akan terus berpikir untuk merangkai imajinasi-imajinasi lainnya seiring alur cerita yang Ibu baca. Selain itu, selama kegiatan membaca berlangsung, si Kecil juga pasti akan berpikir terhadap kata-kata yang Ibu ucapkan dan gambar yang dilihatnya. Semakin sering Ibu mengajak si Kecil membaca, maka kemampuan berpikirnya pun semakin meningkat. Jadi, ajaklah si Kecil rajin membaca setiap harinya ya, Bu. 

    Artikel Sejenis

  4. Meningkatkan kemampuan akademik

    Penelitian menunjukkan bahwa membaca menjadi salah satu kunci dalam kesuksesan akademik anak sejak usia dini. Ketika sudah dibiasakan membaca sejak dini, maka si Kecil pun akan terbiasa untuk rajin membaca saat ia sudah beranjak dewasa. Manfaat membaca pun membuat pengetahuan si Kecil semakin luas, konsentrasi jadi lebih baik, dan menunjang proses belajar lebih cepat. 

    Baca juga: Manfaat Asam Amino Esensial (9AAE) Untuk Pertumbuhan Anak

  5. Melatih kemampuan bersosialisasi

    Ternyata manfaat membaca juga bisa melatih kemampuan bersosialisasi lho, Bu. Sebab, dengan rajin membaca, si Kecil akan memiliki pengetahuan yang luas dan banyak kosakata. Dengan begitu, si Kecil akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih percaya diri untuk dapat bersosialisasi dengan orang-orang di sekitarnya. 

  6. Meningkatkan kualitas tidur

    Manfaat membaca diketahui dapat meningkatkan kualitas tidur anak. Biasanya selalu ada rutinitas yang dilakukan setiap Ibu sebelum si Kecil tidur. Ada yang mendengarkan musik pengantar tidur, ada yang memijat badan si Kecil, dan ada pula Ibu yang membacakan cerita dongeng kepada si Kecil agar ia lebih cepat terlelap. Nah, Ibu bisa menggunakan cara ini untuk membuat si Kecil agar tidur lebih nyenyak. 

  7. Mengurangi stres

    Tahukah Ibu bahwa ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami stres, seperti faktor lingkungan, kesehatan fisik, maupun mental. Ada berbagai cara untuk mengatasi kondisi tersebut, salah satunya dengan membaca buku. Untuk sebagian orang, membaca buku merupakan cara penghilang stres dari penatnya rutinitas sehari-hari karena saat membaca, kita diajak untuk mengikuti alur cerita yang menarik dalam buku tersebut. Itulah mengapa manfaat membaca buku dapat mengurangi stres pada anak-anak hingga orang dewasa. 

  8. Mempererat hubungan dengan anak

    Membaca bisa menjadi momen yang menyenangkan untuk meningkatkan hubungan antara orang tua dan anak. Selain itu, manfaat membaca juga bisa membuat orang tua mengajari berbagai pengetahuan, informasi, dan berbagai aspek kehidupan yang ada di dalam buku yang dibaca si Kecil. Jadikanlah kegiatan membaca menjadi momen yang seru dan menyenangkan agar si Kecil ketagihan melakukan rutinitas tersebut sebagai hobi yang bermanfaat. 

Sebaiknya di Usia Berapa Anak Belajar Membaca?

Setelah mengetahui manfaat membaca yang begitu beragam, Ibu pasti semakin ingin mengajari si Kecil untuk membaca dengan fasih, kan? Namun, sebagian Ibu juga mungkin bertanya-tanya kapan sebaiknya si Kecil belajar membaca? Mengenai hal ini, sebenarnya tidak ada kata terlalu cepat untuk mengajari si Kecil untuk membaca. Ibu bisa memulainya sedini mungkin agar ia terbiasa dengan buku bacaan. Akan tetapi, rata-rata para Ibu mulai mengajarkan anaknya membaca pada usia 1-3 tahun. Satu hal yang perlu jadi catatan, lakukan kegiatan membaca ini menjadi proses belajar yang bertahap dan menyenangkan ya, Bu. Hindari memaksa si Kecil untuk membaca buku dengan kosakata yang terlalu rumit. Mulailah memberikan buku bacaan yang didominasi oleh gambar yang warna-warni, agar si Kecil tertarik untuk membaca buku jenis lainnya. Seiring usia si Kecil yang kian beranjak, Ibu bisa memberikan buku-buku jenis lain dengan kosakata yang semakin banyak. Dengan begitu, si Kecil akan menikmati setiap proses belajar membaca yang ia jalani. 

Tips Agar Anak Gemar Membaca

Di balik manfaat membaca yang begitu besar, tak bisa dipungkiri bahwa akan selalu ada tantangan bagi Ibu untuk membiasakan si Kecil gemar membaca. Namun, Ibu tak perlu khawatir karena ada beberapa tips untuk membiasakan si Kecil gemar membaca, di antaranya:

  • Berikan contoh yang baik dengan cara membiasakan diri membaca buku di depan si Kecil
  • Untuk anak usia 1-3 tahun, berikanlah buku bergambar dengan warna-warna menarik
  • Hadiahkan si Kecil buku
  • Beri tahu pentingnya membaca buku dan manfaat membaca untuk masa depan si Kecil
  • Ajak si Kecil berkunjung ke toko buku
  • Biarkan si Kecil memilih buku yang ia sukai
  • Hindari melakukan kegiatan membaca buku terlalu lama karena akan membuat si Kecil bosan
  • Buatlah suasana membaca dengan nyaman 
  • Sebaiknya lakukan kegiatan membaca dengan waktu singkat namun rutin


Itulah beberapa manfaat membaca dan tips yang bisa Ibu lakukan agar si Kecil terbiasa melakukan aktivitas ini sejak dini. Selain membaca, tumbuh kembang si Kecil juga harus dioptimalkan dengan asupan nutrisi berkualitas, salah satunya dengan mengonsumsi susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO AAE 1+. Susu pertumbuhan ini bisa menjadi tambahan nutrisi yang dapat mendukung potensi optimal tumbuh kembang si Kecil karena mengandung 9 asam amino esensial (9AAE) secara lengkap. Selain itu, Frisian Flag PRIMAGRO AAE 1+ juga diperkaya oleh 9 nutrisi penting lainnya, seperti minyak ikan, omega 3, omega 6, zat besi, zinc, protein, kalsium, magnesium, vitamin D3 serta vitamin dan mineral lain agar si Kecil tumbuh pintar, kuat, dan tinggi.