Whatsapp Share Like
Simpan

Dibandingkan beras putih, beras merah dikatakan lebih sehat dan lebih disarankan untuk dikonsumsi. Tahukah Ibu sebabnya?

Tidak seperti beras putih, beras merah tidak digiling secara penuh dan hanya lapisan kulit terluarnya saja yang mengelupas. Hal inilah yang membuat manfaat beras merah bagi tumbuh kembang dan kesehatan si Kecil lebih banyak, karena pada kulitnya terkandung banyak asam lemak, vitamin, mineral, dan serat. Jadi, dibanding memberikan beras putih untuk si Kecil, sebaiknya biasakan ia untuk mengkonsumsi beras merah sejak dini agar ia mendapatkan manfaatnya.

Mau tahu apa saja manfaat beras merah tersebut? Langsung simak yuk informasi selengkapnya berikut ini:

Perkembangan Organ Tubuh

Di usianya kini, si Kecil masih akan mengalami perkembangan organ tubuh sehingga membutuhkan asupan nutrisi untuk mengoptimalkannya. Salah satu manfaat beras merah adalah untuk perkembangan organ tubuh si Kecil, termasuk untuk otak, berkat adanya kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Di samping vitamin B kompleks, ada juga kandungan asam lemak alfa linolenat untuk memproduksi asam lemak rantai panjang yang memiliki banyak fungsi bagi tubuh. Salah satu fungsinya adalah untuk mengoptimalkan perkembangan mata dan otak si Kecil. Otak yang berkembang dengan baik akan membantu proses belajarnya sehingga ia jadi lebih cepat tanggap dan berprestasi di bidang akademik.

Artikel Sejenis

Pertumbuhan Tulang dan Rambut

Manfaat beras merah lainnya untuk si Kecil adalah untuk pertumbuhan tulang, otot, gigi, dan rambut bayi karena banyaknya kandungan mineral pada kulit arinya. Di antara kandungan mineral tersebut adalah magnesium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan vitamin B untuk memperbanyak produksi keratin rambut. Keratin adalah sebuah protein yang berguna untuk menyuburkan pertumbuhan rambut serta memperkuat folikel rambut agar tidak mudah rontok.

Memberikan Rasa Kenyang Lebih Lama

Dibandingkan dengan beras putih, angka indeks glikemik yang dimiliki beras merah lebih rendah yang membuat zat gula di dalam darah meningkat secara perlahan setelah dikonsumsi. Hal ini akan membuat si Kecil tidak mudah merasa lapar dan energi yang diproduksi pun lebih stabil, sehingga ia tidak cepat kehabisan energi dan cepat kelelahan.

Saat si Kecil merasa kenyang lebih lama, maka risiko ia sering makan ataupun mengkonsumsi cemilan tidak sehat menjadi berkurang. Artinya, berat badannya pun akan lebih terjaga dan ia terhindar dari resiko obesitas yang kini banyak dialami oleh anak-anak.

Untuk Pembentukan Energi

Di dalam beras merah terkandung vitamin B1 (Tiamin) dan mangan yang berfungsi untuk pembentukan energi supaya si Kecil bisa bergerak dan beraktivitas dengan semangat. Selain itu, vitamin B1 juga dapat mencegah penyakit beri-beri yang sering menyerang bayi dan anak, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta mengurangi stres.

Baca juga: Kebutuhan Nutrisi Anak untuk Tumbuh Kembang yang Optimal

Perkembangan Jantung dan Jaringan Syaraf

Beras merah mengandung tamin yang akan membuat jantung dan jaringan syaraf si Kecil berkembang dengan baik. Sementara kandungan fosfor di dalamnya juga berfungsi untuk pembentukan dan pertumbuhan sistem kerangka si Kecil. Dengan begitu, tubuh mungilnya akan memiliki kerangka yang terbentuk dengan baik, kuat, dan tumbuh tinggi.

Memperbaiki Pola Tidur

Di dalam beras terkandung zat tepung yang dapat meningkatkan jumlah serotonin di dalam jaringan otak. Serotonin adalah suatu senyawa yang bermanfaat untuk mengatur tingkat kantuk manusia. Artinya, manfaat beras merah bagi si Kecil adalah dapat membuat tidurnya menjadi lebih nyenyak dan pola tidurnya pun dapat lebih teratur.

Tak hanya itu saja, serotonin juga mampu menciptakan rasa tenang dan menjaga suasana hati, sehingga si Kecil tidak akan mudah rewel karena merasa gelisah. Sebaliknya, ia akan lebih sering merasakan kegembiraan, tidak mudah marah, dan cenderung menjadi anak yang tenang dalam berperilaku.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Si Kecil rentan terserang sembelit karena sistem pencernaannya masih belum sempurna. Apalagi jika ia kekurangan asupan serat, yaitu suatu zat yang berperan dalam memperlancar pencernaan. Dengan mengkonsumsi beras merah, kesehatan pencernaannya akan lebih terjaga sebab beras merah memang kaya akan kandungan serat. Saat asupan serat si Kecil tercukupi, maka ia pun akan terhindar dari sembelit atau susah buang air besar.

Mengurangi Resiko Penyakit Asma

Berdasarkan penelitian, anak yang rutin mengkonsumsi beras merah daripada beras putih lebih sedikit mengalami gejala penyakit asma atau mengi. Respon terhadap alergen pun ikut berkurang, sehingga otot-otot bronkial yang ada di paru-paru tidak mudah menyempit dan hiper-responsif.

Sudah jelas bukan bahwa beras merah memang lebih sehat dibandingkan beras putih? Dengan banyaknya manfaat beras merah untuk kesehatan maupun tumbuh kembang si Kecil, maka lebih baik biasakan ia untuk mengkonsumsinya sejak dini ya, Bu. Imbangi dengan asupan protein, lemak, vitamin, dan mineral lainnya supaya kebutuhan nutrisi si Kecil tetap tercukupi.

Bagi Ibu yang ingin berkonsultasi seputar anak langsung dengan ahlinya, bisa mengunjungi laman Tanya Pakar. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, jangan lupa untuk registrasi dulu ya, Bu.

Sumber:

Theasianparent, Popmama