Whatsapp Share Like Simpan

Mungkin sebagian besar Ibu mengetahui salah satu manfaat jintan hitam yang paling terkenal, yaitu sebagai makanan pelancar ASI atau ASI booster. Namun, tahukah Ibu bahwa manfaat jintan hitam tak hanya itu saja lho. Ada pula manfaat jintan hitam lainnya yang penting bagi kesehatan. Nah, sebelum membahas manfaat jintan hitam, sebaiknya kita kenali dulu tanaman herbal yang satu ini, yuk!

Apa Itu Jintan Hitam?

Jintan hitam atau Nigella Sativa merupakan tanaman herbal yang sudah populer digunakan sebagai obat tradisional oleh masyarakat di sejumlah negara. Selama lebih dari 2.000 tahun, manfaat jintan hitam yang berasal dari Asia Selatan dan Barat ini sudah dianggap ampuh untuk mendukung kesehatan tubuh. Di Indonesia sendiri, jintan hitam lebih dikenal dengan istilah habbatussauda dan sering dikonsumsi sebagai ASI booster.

Menurut Journal of Hindawi, banyak penelitian yang menunjukkan bahwa benih dari jintan hitam secara efektif dapat melawan berbagai penyakit, seperti kolesterol tinggi, hipertensi, diabetes, penyakit jantung, saraf, hingga kanker. 

Manfaat jintan hitam cukup efektif untuk dikonsumsi dengan beberapa cara, ada yang mengonsumsinya dalam bentuk kapsul maupun dijadikan minyak esensial dari ekstrak jintan. Namun, bagaimana cara mengonsumsi jintan hitam yang aman bagi Ibu menyusui? Nah, di artikel ini akan dijelaskan juga mengenai hal tersebut, Bu! Jadi, simak penjelasannya sampai selesai ya.

Apa Saja Manfaat Jintan Hitam Bagi Ibu Menyusui?

Berikut ini beberapa manfaat jintan hitam yang penting bagi ibu menyusui:

Artikel Sejenis

  • Sebagai ASI booster

    Melansir laman resmi National Center for Biotechnology Information (NCBI), jintan hitam atau habbatussauda memang lazim digunakan secara luas oleh masyarakat di India dan Iran sebagai galactogogues atau pelancar ASI.

    Namun, manfaat jintan hitam ini tergantung dari dosis yang dipakai oleh ibu menyusui. Dengan kata lain, bila Ibu mengonsumsi jintan hitam dalam takaran yang tepat, maka tanaman herbal ini dapat membantu meningkatkan produksi ASI.

    Perlu Ibu ketahui juga bahwa jintan hitam bukan satu-satunya makanan pelancar ASI yang penting untuk dikonsumsi. Ibu tetap harus mengonsumsi makanan bergizi seimbang lainnya yang dapat meningkatkan produksi ASI, salah satunya adalah susu Frisian Flag PRIMAMUM yang mengandung 9 asam amino esensial (9AAE) lengkap dan 9 nutrisi penting lainnya untuk kebaikan Ibu dan si Kecil.

    Susu ini juga mengandung tinggi asam folat, omega 3 (ALA), omega 6 (LA) untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil serta kesehatan Ibu. Selain itu, susu Frisian Flag PRIMAMUM juga mengandung tinggi zat besi, tinggi zinc, dan sumber serat pangan inulin untuk mendukung daya tahan tubuh Ibu dan si Kecil. Diperkaya juga dengan tinggi kalsium dan tinggi vitamin C untuk mendukung pertumbuhan sel si Kecil.

    Susu Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat dan tidak membuat Ibu merasa enek atau mual, serta praktis karena dapat dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui.

  • Mengobati kolesterol tinggi

    Kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh, namun jika kadarnya berlebihan, justru akan meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit, seperti stroke dan penyakit jantung. Melansir laman resmi healthline.com, beberapa studi menunjukkan bahwa manfaat jintan hitam dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

  • Menjaga kadar gula darah

    Tingginya kadar gula darah menjadi salah satu tanda penyakit diabetes lho, Bu. Diabetes yang tidak diobati dengan tepat dapat mengakibatkan kerusakan sistem saraf, gangguan penglihatan, serta lambatnya penyembuhan luka. Nah, salah satu manfaat jintan hitam dipercaya dapat menjaga kadar gula darah normal dalam tubuh sehingga membantu mencegah diabetes.

  • Memiliki efek antiradang

    Salah satu manfaat jintan hitam yang diyakini baik bagi kesehatan tubuh yaitu dapat mengurangi peradangan. Manfaat ini memang cukup baik bagi tubuh, tetapi Ibu perlu ingat kembali bahwa jintan hitam atau habbatussauda bukan satu-satunya makanan yang dapat mencegah peradangan, ada berbagai jenis makanan bergizi lain yang harus dikonsumsi, terutama makanan tinggi protein, seperti susu, telur, ikan, daging merah, dan daging putih.

  • Melawan infeksi

    Manfaat jintan hitam yang tak kalah penting yaitu tanaman herbal ini memiliki sifat antibakteri dan antivirus. Hal ini dibuktikan dari penelitian yang dirilis dalam jurnal National Center for Biotechnology Information (NCBI) yang menunjukkan bahwa manfaat jintan hitam dapat membantu mencegah virus penyebab flu, hepatitis C, hingga HIV. Manfaat jintan hitam pun dipercaya dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur, sehingga dapat melawan infeksi secara efektif.

  • Menjaga kesehatan organ hati

    Manfaat jintan hitam lainnya yaitu dapat membantu menjaga kesehatan organ hati dari berbagai penyakit. Manfaat jintan hitam ini terkait dengan kandungan antioksidan yang penting untuk mencegah kerusakan organ hati di kemudian hari, tentunya dengan menyeimbangkan asupan nutrisi berkualitas lainnya, serta menjalani pola hidup sehat dan aktif.

  • Membantu mencegah kanker

    Manfaat jintan hitam yang terakhir yaitu dapat membantu mencegah kanker. Thymoquinone merupakan senyawa aktif yang terdapat dalam biji jintan hitam. Nah, senyawa ini dipercaya memiliki efek antikanker.

    Melansir laman resmi healthline.com, beberapa penelitian menyebutkan bahwa thymoquinone dapat mengurangi ukuran tumor ganas. Selain itu, uji laboratorium juga menunjukkan bahwa senyawa ini secara efektif dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Itulah beberapa manfaat jintan hitam yang penting bagi ibu menyusui. Bagaimana, Bu? Berani untuk mencoba tanaman herbal ini? Namun, yang perlu Ibu perhatikan yaitu kadar atau takaran jintan hitam yang dikonsumsi. 

Hindari mengonsumsi jintan hitam secara berlebihan, sebaiknya Ibu cukup mengonsumsi tanaman herbal ini sesekali saja, tentunya dengan menyeimbangkan makanan bergizi lain, seperti susu, telur, ikan, daging, sayuran, buah-buahan, serta kacang-kacangan. 

Sebab, kesehatan tubuh Ibu juga dipengaruhi oleh berbagai jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi, kecukupan air putih harian, serta aktivitas fisik atau olahraga yang dilakukan secara rutin. Sebab, meskipun manfaat jintan hitam baik bagi tubuh, ternyata tanaman herbal ini juga memunculkan efek samping yang perlu Ibu waspadai.

Apa Efek Samping Jintan Hitam Jika Dikonsumsi Berlebihan?

Seperti yang telah disebutkan, biasanya jintan hitam atau habbatussauda dikonsumsi dalam bentuk biji atau yang telah diolah menjadi tablet dan minyak. Minyak jintan hitam maupun ekstrak jintan hitam kemungkinan aman dikonsumsi saat digunakan dalam jangka pendek dan tidak berlebihan ya, Bu.

Meskipun belum ada penjelasan ilmiah yang jelas mengenai efek samping jintan hitam jika dikonsumsi secara tepat, tetapi Ibu tetap harus waspada. Jangan karena manfaat jintan hitam cukup beragam, Ibu jadi mengonsumsi tanaman ini secara terus menerus tanpa menyeimbangkan makanan bernutrisi lainnya.

Sebab, mengonsumsi jintan hitam secara berlebihan bisa meningkatkan beberapa risiko gangguan kesehatan, seperti memperlambat pembekuan darah, meningkatkan risiko perdarahan, tekanan darah menurun, dan membuat gula darah turun bagi Ibu yang tidak mengalami masalah medis sebelumnya.

Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi jintan hitam, ada baiknya Ibu untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar bisa mengetahui takaran yang tepat, terutama bila Ibu memiliki kondisi medis tertentu. 

Untuk meningkatkan kesehatan si Kecil pada masa menyusui, Ibu juga bisa lho memantau tumbuh kembangnya menggunakan fitur Rapor Tumbuh Kembang yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima yang dapat menemani Ibu dari masa kehamilan hingga 6 tahun pertama kehidupan si Kecil. Fitur ini memudahkan Ibu untuk memantau tumbuh kembang si Kecil agar terhindar dari stunting karena sudah sesuai dengan grafik pertumbuhan dari WHO dan CDC. Tunggu apa lagi, Bu? Yuk, cobain fiturnya di sini.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz