Whatsapp Share Like Simpan

Selama hamil, Ibu harus lebih menjaga kesehatan demi diri sendiri dan tentunya, janin di dalam kandungan. Ibu hamil sehat bisa diperoleh dengan menerapkan gaya hidup sehat agar Ibu tetap memiliki tubuh yang bugar dan tidak mudah terserang penyakit selama hamil. Ibu yang sehat juga akan berdampak positif bagi janin lho, Bu.

Gaya hidup tersebut meliputi beberapa hal, mulai dari asupan nutrisi hingga kebiasaan sehari-hari. Untuk tahu lebih detail, baca informasi selengkapnya di bawah ini:

 

Rutin Mengonsumsi Makanan Sehat

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, asupan makanan harus sangat diperhatikan dengan baik. Ibu hamil sehat wajib mengonsumsi makanan sehat setiap hari supaya kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi, mulai dari protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Nutrisi tersebut juga akan membantu mengoptimalkan tumbuh kembang janin supaya ia terhindar dari risiko cacat lahir atau kelahiran prematur.

Ibu hamil sehat juga sangat membutuhkan asupan asam folat yang bermanfaat untuk perkembangan tabung saraf janin dan produksi sel darah merah baru. Asam folat bisa ditemukan pada sereal, jeruk, dan asparagus.

Artikel Sejenis

Menghindari Makanan Tidak Sehat

Ada makanan yang baik untuk dikonsumsi, tapi ada juga makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil sehat. Makanan tersebut antara lain gorengan, makanan cepat saji, mie instan, soda, dan alkohol karena kandungan gizinya sangat rendah serta cenderung tinggi kandungan gula dan lemak.

Coklat, dan kopi juga sebaiknya dihindari karena bisa menyebabkan gangguan pada janin. Begitu pula makanan yang tidak matang, seperti sashimi serta telur dan daging setengah matang, karena mengandung bakteri yang dapat membahayakan keselamatan janin.

Menghindari Obat-obatan

Apabila sebelum hamil Ibu terbiasa mengonsumsi obat-obatan tertentu, maka selama hamil Ibu perlu untuk menghindarinya karena bisa menyebabkan gangguan pada janin, seperti autisme dan keguguran. Jika Ibu terpaksa harus mengonsumsi obat karena masalah kesehatan, berkonsultasilah terlebih dulu pada dokter supaya mendapatkan resep yang sesuai bagi ibu hamil.

Menghindari Racun bagi Tubuh

Ibu hamil sehat harus menghindari zat racun, seperti pada narkoba, alkohol, dan tembakau sangat berbahaya bagi ibu hamil. Merokok bisa membuat aliran oksigen ke janin berkurang, sehingga akan memicu kelahiran prematur dan beberapa komplikasi lainnya. Selain itu, zat racun juga bisa menyebabkan penyakit bawaan pada bayi, seperti jantung, gangguan perkembangan saraf, dan penyakit lainnya.

Baca juga: Tetap Cantik Dan Berseri Selama Hamil

Menjaga Kenaikan Berat Badan

Mengalami kenaikan berat badan merupakan hal yang normal bagi ibu hamil. Meski begitu, Ibu tetap harus bisa menjaga kenaikan berat badan tersebut agar tetap berada pada batas normal. Jangan anggap sepele, Bu, karena kenaikan berat badan yang terlalu sedikit atau terlalu banyak bisa memicu masalah kesehatan serius, baik bagi Ibu maupun janin.

Berat badan yang naik berlebih akan meningkatkan risiko Ibu terserang tekanan darah tinggi dan diabetes selama hamil dan setelahnya. Ibu juga berisiko mengalami persalinan yang sukar hingga harus menjalani operasi caesar. Menjaga berat badan yang ideal akan membantu masa kehamilan dan mempermudah persalinan kelak. Selain itu, hal ini juga akan memudahkan Ibu mengembalikan berat badan seperti semula.

Bahkan penelitian mengungkapkan bahwa kenaikan berat badan yang terjaga juga memperkecil risiko Ibu atau anak memiliki masalah terkait berat badan suatu hari nanti. Berdasarkan indeks massa tubuh (IMT), rumus kenaikan berat badan normal ibu hamil adalah sebagai berikut:

  1. IMT & lt = 18,5 (berat badan di bawah normal), kenaikan berat badan ideal adalah sekitar 12,7 P18,1 kg.
  2. IMT = 18,5 P22,9 (berat badan normal), kenaikan berat badan ideal adalah sekitar 11,3 P15,9 kg.
  3. IMT & gt = 23 (kelebihan berat badan), kenaikan berat badan ideal adalah sekitar 6,8 P11,3 kg.
  4. IMT & gt =25 (obesitas), kenaikan berat badan ideal adalah sekitar 5,0 P9,1 kg.

IMT merupakan standar ukuran yang dipakai untuk menentukan kategori berat badan sehat dan tidak sehat. Berikut adalah contoh cara menghitungnya:

Berat badan 50 kg dan tinggi badan 1, 60 m

IMT = berat badan : (tinggi badan)2

       = 50 : (1,60)2

       = 50 : 2,56

       = 19,5

Berat badan tersebut tergolong normal, sehingga kenaikan berat badannya adalah sekitar 11,3 P15,9 kg.

Rajin Berolahraga

Ibu hamil sehat juga akan didukung oleh aktivitas fisik. Oleh karena itu selama hamil Ibu perlu rajin berolahraga untuk mengurangi stres, mengontrol berat badan, memperbaiki mood, meningkatkan kualitas tidur, dan menjaga sirkulasi darah. Untuk ibu hamil, olahraga yang bisa Ibu coba antara lain yoga, berjalan, berenang, dan pilates. Lakukan setiap hari selama 15-20 menit untuk mendapatkan tubuh yang bugar. Ibu juga bisa mengikuti senam hamil yang banyak diadakan oleh klinik bersalin atau rumah sakit.

Minum Cukup Air

Pada masa kehamilan, darah Ibu akan menyuplai nutrisi dan oksigen untuk janin melalui plasenta serta membuang karbondioksida ke luar tubuh. Hal ini membuat volume darah mengalami peningkatan sebanyak 50% agar bisa bekerja secara optimal. Maka dari itu, ibu hamil sehat harus minum lebih banyak air dibandingkan sebelum hamil, yaitu sebanyak 8-10 gelas per hari.

Minum air dengan cukup juga akan membantu mencegah berbagai keluhan ibu hamil lainnya, seperti lemas, sakit kepala, dan sembelit. Asupan cairan juga menghindarkan Ibu dari dehidrasi yang bisa menyebabkan gangguan metabolisme dan asupan untuk janin berkurang sehingga perkembangan janin pun dapat terhambat.

 

Ibu yang sedang mengandung harus lebih memperhatikan kondisi kesehatan karena Ibu sedang membawa sebuah calon manusia di dalam perut. Jalani hidup sehat di atas supaya ibu hamil sehat dan janin terlahir dengan selamat saat waktunya tiba nanti. Semoga informasi di atas bermanfaat ya, Bu.

Bagi Ibu yang ingin berkonsultasi seputar kehamilan, bisa berkunjung ke laman Tanya Pakar, ya. Pertanyaan Ibu akan dijawab langsung oleh ahlinya. Untuk bisa mengakses laman tersebut, jangan lupa untuk registrasi terlebih dulu.

 

Sumber:

Haibunda

Ruangmom