Whatsapp Share Like
Simpan

Anak usia balita akan terus belajar dan mengeksplorasi banyak hal di sekelilingnya. Huruf, angka, dan warna adalah beberapa hal dasar yang biasanya sudah mulai dipelajari oleh si Kecil. Cara mengenal warna bagi si Kecil juga cukup mudah, tidak perlu harus dengan cara yang serius. Bahkan Ibu bisa mengajarinya melalui kegiatan atau hal sederhana yang ditemui di sekitar kita.

Saat si Kecil mulai mengenal warna, maka ia akan lebih memahami konsep, memiliki kosakata yang semakin banyak, dan lebih pintar berkomunikasi dengan orang lain. Nah, bagi Ibu yang kini sedang mengajari buah hatinya tentang aneka warna, boleh lho mencoba beberapa cara seru berikut ini supaya ia lebih mudah memahaminya. Yuk, simak langsung informasi selengkapnya.

Bermain Cat Air dengan Tangan

Bermain kotor? Siapa takut! Sesekali ajak si Kecil untuk bereksperimen bermain kotor dan berantakan untuk mengenal warna. Caranya bisa dengan melukis menggunakan cat air dengan media tangan sebagai kuasnya alias hand painting. Biarkan ia berkreasi mencoret-coret dan mencampur warna-warna cat air pada kertas yang sudah Ibu sediakan. Bisa juga dengan tepung maizena yang direbus, kemudian diberi pewarna makanan dalam berbagai warna.

Saat si Kecil merasa ragu, berikanlah contoh terlebih dulu. Ia pasti akan tertarik untuk mencobanya juga. Setelah itu, dijamin ia pasti akan sangat bersemangat untuk memainkannya. Untuk menghindari rumah menjadi sangat kotor, lakukan permainan ini di teras saja, Bu.

Bereksplorasi di Luar Rumah

Belajar tidak harus di dalam rumah. Di luar rumah pun, si Kecil bisa mendapatkan banyak ilmu baru, Bu, termasuk mengenal warna. Coba ajak ia untuk berjalan santai keliling rumah sambil melihat-lihat sekitarnya. Sebutkan nama benda sekaligus warnanya, lalu mintalah ia untuk menirunya.

Artikel Sejenis

Misalnya saja saat melihat daun, sebutkan kalau itu namanya daun dan warnanya adalah hijau. Setelah itu, minta ia untuk menyebutkan benda lain yang berwarna sama. Dari sini, ia pun akan belajar dengan cara yang seru.

Berkreasi dengan Makanan

Si Kecil susah makan, Bu? Yuk, buat waktu makannya jadi menyenangkan sambil ia belajar warna. Kreasikan menu makannya dengan makanan yang beraneka warna dari protein, sayuran, dan buah. Sebutkan nama masing-masing makanan tersebut beserta warnanya, lalu minta untuk mengulanginya.

Cara lainnya mengenal warna dari makanan adalah dengan mengajak si Kecil bereksperimen untuk mempersiapkan makanan di dapur. Dari kegiatan ini, Ibu bisa mengajarinya untuk mencampur bahan makanan dengan warna yang berbeda sehingga akan menghasilkan sebuah warna baru. Pengalaman ini tentunya akan sangat berkesan bagi anak-anak.

Baca juga: Memperkenalkan Warna Kepada Si Kecil

Buku Anak-anak

Sejak usia bayi, anak sudah bisa diberi buku anak-anak. Melalui warna-warnanya yang kontras, penglihatan si Kecil dapat terangsang untuk bisa lebih fokus. Matanya pun akan terlatih untuk mengenal aneka jenis warna. Tak hanya itu saja, buku juga masih memiliki banyak sekali manfaat bagi perkembangan si Kecil. Jadi, jangan ragu untuk rutin membaca buku bersama buah hati ya, Bu.

Mengelompokkan Benda Sesuai Warna

Saat bersantai bersama buah hati, gunakanlah waktu ini untuk mengajari si Kecil tentang warna dengan cara mengelompokkan beberapa benda sesuai warnanya. Berikan instruksi untuk mencari benda dengan warna tertentu, misalnya biru. Minta ia untuk mencari semua benda berwarna biru yang ada di rumah sembari menyebutkan nama benda tersebut. Jika ia tidak tahu nama bendanya, berikan ia bantuan agar ia bisa mengulanginya.

Manfaatkan Koleksi Mainannya

Koleksi mainan si Kecil juga bisa menjadi salah satu media mengenal warna yang asyik lho, Bu. Coba bongkar mainan-mainannya, lalu tunjukkan beberapa warna pada si Kecil. Setelah itu, berikan instruksi padanya untuk mengelompokkan semua mainannya berdasarkan warna. Kemudian, minta ia untuk mengumpulkan semua mainan kelompok mainan tersebut ke dalam suatu wadah tertentu.

Video atau Permainan di Gadget

Gadget tidak selalu memberikan pengaruh buruk pada anak-anak, dengan syarat adanya pendampingan dari orang tua. Melalui gadget si Kecil dapat belajar mengenal warna dari video atau permainan. Dari situ, Ibu dapat mengajari tentang nama-nama warna melalui musik dan lagu yang ceria. Untuk belajar menggunakan gadget ini Ibu juga perlu memberikan batasan waktu, ya. Di usia balita, si Kecil hanya boleh memainkannya selama 30 menit perhari.

Masih banyak cara kreatif bagi si Kecil untuk mengenal warna, Bu. Ibu bebas berkreasi dan melatihnya untuk mengetahui banyak jenis warna. Terus semangat mengajari dan melatih si Kecil dengan berbagai keterampilan ya, Bu.

Bagi Ibu yang ingin berkonsultasi seputar anak langsung dengan ahlinya, bisa mengunjungi laman Tanya Pakar. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, jangan lupa untuk registrasi dulu ya, Bu.

Sumber:

Sehatq, Nakita