Share Like
Simpan

Menurut hasil diskusi saya dengan beberapa Ibu di forum konsultasi anak online, mengenalkan si Kecil pada beragam warna perlu dilakukan sejak dini, Bu. Sebab, selain bentuk, warna merupakan salah satu ciri yang paling mudah terlihat dari setiap benda di sekitar kita. Dengan mengetahui beragam warna, si Kecil akan lebih mudah mengenali dan membedakan benda-benda di sekelilingnya.

Ibu bisa memperkenalkan warna pada si Kecil melalui cara-cara yang menyenangkan, salah satunya yaitu lewat aktivitas melukis menggunakan bola-bola kapas. Berikut alat dan bahan yang perlu disiapkan serta langkah-langkahnya, Bu!

Alat dan Bahan:

- Bola-bola kapas. Bila Ibu tidak memiliki kapas berbentuk bulat, Ibu dapat membuatnya sendiri dengan membulat-bulatkan stok kapas yang ada di rumah.
- Sebuah mangkuk atau wadah besar untuk bulatan-bulatan kapas.
- Beberapa mangkuk atau wadah kecil untuk tempat cat.
- Cat warna-warni. Pilihlah yang dibuat khusus untuk anak-anak sehingga aman bagi si Kecil. Jika kesulitan mencari cat jenis ini, Ibu bisa membuatnya sendiri. Caranya, campurkan tepung terigu dan air sehingga membentuk tekstur cukup kental, kemudian pisahkan di beberapa wadah dan tambahkan pewarna makanan.
- Penjepit. Ibu dapat menggunakan beragam jenis penjepit yang ada di rumah, misalnya penjepit pakaian.
- Kertas putih sebagai alas mewarnai. Ibu dapat memilih kertas dengan ukuran tebal agar tak mudah sobek atau tembus warnanya.

Cara Bermain:

- Sebelum mulai melukis, perkenalkan nama-nama warna pada si Kecil terlebih dulu sambil menunjuknya satu per satu. Pilihlah warna yang punya perbedaan kontras sehingga mudah dikenali. Misalnya, merah, kuning, biru, ungu, hijau, dan sebagainya.
- Setelah itu, biarkan si Kecil berkreasi sesuka hatinya, Bu. Tak perlu mengatur warna atau bentuk apa yang perlu ia buat. Hanya saja, pastikan si Kecil mewarnai di atas kertas yang telah disediakan, agar koordinasi mata dan tangannya terasah, serta Ibu tidak sulit membersihkannya setelah aktivitas seru ini selesai.

Lewat permainan ini, Ibu tak hanya memperkenalkan jenis-jenis warna, tetapi juga memberikan rangsangan pada indra peraba si Kecil karena ia harus bersentuhan dengan kapas maupun cat warna saat melukis.

Setelah si Kecil puas bermain, Ibu bisa mengeringkan hasil karyanya dan memajangnya sebagai bentuk penghargaan untuknya. Hasil lukisan yang sudah kering juga bisa digunakan untuk bermain tebak-tebakan warna kembali supaya si Kecil makin ingat apa yang ia pelajari hari ini, Bu.

Bagaimana, Bu? Ternyata mudah kan mengenalkan warna pada si Kecil untuk membantu mengoptimalkan proses perkembangan balita? Selamat melukis bersama!