Whatsapp Share Like Simpan

Anak-anak sampai sekarang masih harus sekolah online karena kondisinya masih belum memungkinkan. Namun karena suasana belajar di rumah terasa sangat nyaman serta tidak ada guru yang dapat mendisiplinkan dan mengajari anak, maka waktu belajar pun cenderung jadi kurang efektif. Anak menjadi malas-malasan, kurang fokus, dan kurang dapat memahami materi yang diberikan. Kalau terus dibiarkan, anak bisa mengalami keterlambatan pendidikan.

Jadi, bagaimana sih cara belajar efektif selama anak sekolah online di rumah? Yuk, bantu anak dengan menerapkan beberapa tips berikut ini:

Ciptakan Ruang Belajar yang Nyaman

Untuk meningkatkan fokus anak selama belajar online, ia perlu belajar di tempat yang nyaman, yaitu tenang, tidak banyak gangguan, dan tidak terlalu membuatnya nyaman sehingga malah menimbulkan rasa malas. Berikan ia dan meja dan kursi yang pas dengan tinggi badannya, yaitu tidak terlalu tinggi maupun terlalu pendek. Tambahkan juga bantal di belakang pinggangnya supaya ia tidak mudah merasa pegal saat harus duduk terlalu lama.

Tempat belajar anak juga harus memiliki penerangan dan sirkulasi udara yang baik untuk membuatnya betah selama sekolah online. Hindari memilih tempat yang akan ada banyak orang yang mondar-mandir di sekitarnya karena dapat mengganggu konsentrasinya.

Pastikan Koneksi Internet Sudah Lancar

Cara belajar efektif selama anak sekolah online tentunya sangat dipengaruhi oleh koneksi internet. Oleh karenanya, pastikan Ibu sudah menyediakan koneksi internet yang lancar agar materi yang diajarkan oleh guru tidak tersendat-sendat dan akhirnya membuat proses belajar terganggu.

Artikel Sejenis

Ibu bisa memasang jaringan internet di rumah atau berlangganan kuota internet di gadget. Pilihlah provider yang memiliki jaringan kuat di rumah Ibu. Di samping itu, pastikan juga laptop atau gadget yang digunakan oleh anak untuk belajar online dalam kondisi yang baik.

Sediakan Peralatan Belajar yang Dibutuhkan

Selama proses belajar online, anak akan membutuhkan peralatan belajar, seperti buku dan alat tulis. Untuk itu, berikan anak semua kebutuhan yang ia perlukan agar proses belajarnya tidak terhambat. Letakkan pada satu tempat yang tertata rapi dan mudah dijangkau olehnya. Jika sudah selesai digunakan, ajari ia untuk meletakkannya kembali ke tempatnya semula supaya tidak bingung saat akan mencarinya lagi.

Terapkan Jadwal Kegiatan Sehari-hari

Selama anak bersekolah, ia pasti sudah memiliki jadwal kegiatan sehari-hari yang teratur, bukan? Nah, untuk membuat proses belajar online seperti saat bersekolah Ibu perlu menerapkan juga jadwal kegiatan tersebut selama ia belajar di rumah.

Tulis jadwal kegiatan tersebut pada sebuah kertas atau papan, lalu pasang di tempat belajar anak, mulai dari kapan ia harus bangun tidur, mandi, sarapan, lalu belajar. Hal ini akan membuat cara belajar efektif karena anak seperti sedang sekolah biasa.

Jauhkan Anak dari Segala Gangguan

Salah satu kendala yang sering dialami oleh anak saat belajar online di rumah adalah banyaknya gangguan yang mengganggu konsentrasinya. Ketika waktu belajarnya tiba, jauhkan dulu ia dari segala gangguan, seperti gadget, peralatan elektronik, dan mainan. Singkirkan ketiganya dari pandangan mata anak sehingga ia dapat fokus pada materi yang disampaikan oleh guru.

Sediakan Cemilan Sehat Sebagai Teman Belajar

Cara belajar efektif dapat dipengaruhi oleh daya konsentrasi dan energi di dalam tubuh anak. Hal ini bisa dipenuhi dengan cara menyediakan cemilan sehat untuk mendampinginya belajar online. Berikan anak cemilan, seperti buah-buahan, kacang-kacangan, dan air putih. Kandungan nutrisi yang terkandung di dalam makanan dan minuman tersebut akan membantu meninigkatkan kemampuan otak, mood, dan fokus anak.

Baca juga: Mengenalkan Sistem Belajar di Sekolah pada si Kecil

Bantu dengan Aplikasi Belajar Online

Jika anak mengalami kesulitan dalam belajar, Ibu bisa membantunya dengan mengunduh aplikasi belajar online sebagai pengganti kursus yang tidak bisa diikuti oleh anak selama masa ini. Aplikasi semacam ini bisa dengan mudah diunduh dan diinstal pada gadget ataupun laptop. Ada aplikasi yang gratis maupun berbayar. Ibu bisa memilih mana yang paling sesuai dan dibutuhkan oleh anak.

Berikut ada beberapa rekomendasi aplikasi belajar online yang bisa Ibu pilih:

  • Aplikasi ini sudah sangat terkenal dan banyak digunakan oleh para siswa. Di Ruangguru tersedia materi pelajaran dan Sekolah Online Gratis untuk siswa kelas 1 SD hingga 12 SMA yang disampaikan oleh tenaga pendidik berpengalaman.
  • Aplikasi Sekolahmu memiliki fitur Belajar Live!, yaitu kelas online yang disampaikan dengan cara menarik. Sekolahmu juga menyediakan materi untuk siswa PAUD sampai SMA/SMK yang dilengkapi dengan kegiatan untuk menunjang kompetensi.
  • Aplikasi ini menyediakan materi pelajaran yang disesuaikan dengan kurikulum dari pemerintah. Tak hanya itu, Quipper juga memiliki fitur Quipper School, yaitu sekolah online yang bisa diikuti secara gratis untuk memudahkan interaksi antara siswa dan guru.
  • Pada aplikasi Zenius terdapat Program Belajar Mandiri yang dilengkapi dengan video pembelajaran, latihan soal, rencana belajar harian, hingga kelas online.
  • Kelas Pintar. Pada aplikasi Kelas Pintar, anak dapat belajar dengan mudah melalui video animasi, e-book, dan audio visual. Ibu juga dapat dengan mudah memantau proses belajar anak untuk membuat cara belajar efektif bagi anak.
  • Jika saat ini anak sedang fokus belajar bahasa Jepang, Mandarin, atau Inggris, bantulah ia dengan aplikasi Cakap. Pada aplikasi Cakap juga tersedia kelas online sehingga anak bisa mudah berinteraksi dengan gurunya.
  • Kipin School. Aplikasi ini menyediakan banyak latihan soal, video, dan buku untuk anak belajar. Anak juga bisa dengan mudah mengunduh video dan menandai e-book.

Terus dampingi anak selama sekolah online ya, Bu, dengan menerapkan cara belajar efektif di atas. Semoga tips di atas dapat membantu Ibu dalam menemani anak belajar agar ia bisa tetap berprestasi meski harus belajar di rumah.

Untuk Ibu yang ingin berkonsultasi seputar anak, bisa berkunjung ke laman Tanya Pakar, ya. Pertanyaan Ibu akan dijawab langsung oleh ahlinya. Untuk bisa mengakses laman tersebut, jangan lupa untuk registrasi terlebih dulu.

Sumber:

Qwords