Share Like
Simpan

Bu, sedang apa si Kecil saat ini? Di usianya masih beberapa bulan, si Kecil rawan terkena berbagai gangguan kesehatan sehingga perawatan bayi tak boleh dilakukan sembarangan. Untuk mengoptimalkan pertumbuhan si Kecil, dibutuhkan asupan nutrisi dari makanan yang dikonsumsinya. Sedangkan agar tubuhnya tetap sehat dan terawat, diperlukan berbagai produk perawatan bayi yang berkualitas.

Nah, berikut ini adalah beberapa produk perawatan bayi yang penting dimiliki si Kecil untuk mendapatkan tubuh dan kulit sehat serta terjaga:

  1. Baby Lotion

    Produk perawatan bayi yang satu ini wajib dimiliki karena membuat kulit si Kecil tetap lembap sehingga terhindar dari iritasi. Pilihlah baby lotion yang terbuat dari bahan alami sehingga aman meski digunakan setiap hari dan bijaklah dalam memilih produk yang tepat dengan mengutamakan kualitas, bukan harganya yang murah.

  2. Sabun Bayi

    Saat memilih produk perawatan bayi, semakin sedikit bahan kimianya berarti produk tersebut baik untuk si Kecil. Maka dari itu, sebisa mungkin pilihlah sabun bayi yang tidak terlalu banyak mengandung bahan kimia dan pewangi buatan. Agar lebih aman, Ibu bisa meminta rekomendasi dokter mengenai merek produk perawatan bayi yang berkualitas dan tidak membahayakan kulit si Kecil.

  3. Sampo Bayi

    Kulit kepala dan rambut si Kecil juga perlu dibersihkan, untuk itu produk perawatan bayi yang satu ini tak boleh dilewatkan. Ibu perlu memilih sampo bayi yang memiliki label tear-free formula. Zat tersebut menandakan bahwa produk tidak akan menimbulkan rasa perih saat tanpa sengaja masuk atau terpercik ke mata si Kecil.

  4. Baby Wipes

    Baby wipes digunakan untuk membersihkan pantat bayi saat selesai pipis atau buang air besar dan baru bisa digunakan ketika si Kecil telah mencapai usia 1 bulan. Pilihlah baby wipes yang bebas alkohol dan pewangi buatan sehingga lebih aman untuk kulit si Kecil dan tidak berisiko menimbulkan iritasi atau ruam popok. Produk perawatan bayi ini juga bisa digunakan untuk membersihkan tangan Ibu agar bebas kuman sebelum menggendong atau menyentuh si Kecil.

  5. Salep Ruam Popok

    Si Kecil yang baru berusia beberapa bulan rawan terkena ruam popok sehingga membutuhkan produk perawatan bayi yang satu ini. Salep ruam popok akan memberikan perlindungan pada permukaan kulit dan mencegah kelembapan berlebih pada pantat bayi yang tertutup popok. Namun, Ibu perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat salep anti ruam agar sesuai dengan kondisi kulit si Kecil.

  6. Detergen Bayi

    Detergen termasuk dalam produk perawatan bayi yang harus dimiliki karena kulit si Kecil sangat sensitif terhadap kandungan bahan kimia yang ada di sabun cuci untuk orang dewasa. Untuk itu, Ibu perlu memilih detergen khusus yang minim bahan kimia dan tidak menggunakan pewangi serta pemutih untuk mencuci pakaian bayi.

Si Kecil membutuhkan perlakuan spesial dan tidak bisa diberi produk untuk orang dewasa karena tubuh dan kulitnya masih sangat peka di bulan-bulan awal kelahirannya. Untuk itu, meski harga berbagai produk perawatan bayi ini cukup mahal, jangan enggan untuk membelinya ya, Bu!