Whatsapp Share Like Simpan

Memberikan obat batuk alami untuk anak bisa menjadi pertolongan pertama yang bisa Ibu lakukan sendiri di rumah. Seperti yang diketahui, batuk merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh anak-anak. 

Itulah sebabnya, penting bagi Ibu untuk mengetahui apa saja obat batuk alami untuk anak yang aman bagi si Kecil, bahkan sebelum ia mengalami kondisi tersebut. Dengan begitu, Ibu tidak akan kaget dan khawatir berlebih saat batuk menyerang.

Meskipun termasuk kondisi yang umum terjadi, batuk pada anak perlu diatasi dengan tepat karena kondisi ini membuat si Kecil tidak nyaman, sulit tidur, sulit makan, rewel, dan lain sebagainya. Ibu pasti tidak ingin si Kecil mengalami kondisi tersebut, kan? Untuk itu, ada beberapa rekomendasi obat batuk alami untuk anak yang bisa Ibu berikan sebagai pertolongan pertama.

Jenis Obat Batuk Alami untuk Anak

Melansir laman resmi mayoclinic.org dan verywellhealth.com, berikut ini beberapa jenis obat batuk alami untuk anak yang bisa Ibu buat sendiri di rumah, antara lain:

  1. Air putih hangat

    Air putih yang hangat termasuk obat batuk alami untuk anak yang paling sederhana dan mudah diminum setiap saat. Saat si Kecil minum air putih hangat, tenggorokannya akan tetap lembap dan nyaman. Manfaat inilah yang akan berperan penting untuk mengurangi keluhan batuk kering pada si Kecil. Oleh karena itu, Ibu sebaiknya mencukupi kebutuhan cairan si Kecil dengan tepat.

    Artikel Sejenis

  2. Air rebusan jahe

    Jahe juga sering dijadikan sebagai obat batuk alami untuk anak yang bisa Ibu buat sendiri di rumah. Caranya cukup mudah, Ibu bisa memberikan si Kecil air rebusan jahe karena dapat membantu meringankan batuk dan flu. Perlu Ibu ketahui bahwa beberapa kondisi medis, seperti naiknya asam lambung dan radang tenggorokan akibat flu bisa menyebabkan batuk kering.

    Itulah sebabnya, air rebusan jahe sering menjadi pilihan sebagai obat batuk alami untuk anak dan minuman herbal untuk beberapa keluhan lainnya. Meskipun jahe bisa menjadi obat batuk alami untuk anak, tetapi si Kecil disarankan untuk tidak mengonsumsi jahe terlalu banyak karena dapat menyebabkan sakit perut, mulas, atau diare. Ibu bisa berikan secangkir air rebusan jahe sebanyak 1 kali dalam sehari, bisa juga ditambahkan dengan perasan lemon dan sedikit madu. 

  3. Madu

    Satu lagi obat batuk alami untuk anak yang bisa Ibu berikan untuk si Kecil yaitu madu. Melansir laman resmi healthline.com, madu dipercaya lebih efektif meredakan batuk dibandingkan obat batuk alami lainnya lho, Bu. 

    Meski demikian, efektivitas madu sebagai obat batuk alami untuk anak masih perlu diteliti lebih lanjut. Sebab, kondisi batuk dan proses penyembuhan pada masing-masing anak tentu berbeda karena dipengaruhi oleh sistem imun tubuhnya.

    Namun, tidak ada salahnya untuk memberikan madu sebagai obat batuk alami untuk anak bila si Kecil sudah menunjukkan gejala. Caranya cukup mudah, Ibu bisa mencampurkan dua sendok madu ke dalam satu gelas air putih hangat.

    Perlu Ibu ingat bahwa obat batuk alami untuk anak yang berbahan madu ini hanya boleh diberikan kepada anak yang berusia 1 tahun ke atas. Sebab, bayi tidak boleh mengonsumsi madu karena bisa menyebabkan keracunan.

  4. Lemon

    Lemon juga bisa dimanfaatkan sebagai obat batuk alami untuk anak lho, Bu Sebagai obat batuk, lemon mampu mengurangi radang yang terjadi di bagian tenggorokan, sekaligus memberi asupan vitamin C untuk tubuh si Kecil.

    Vitamin C sendiri berguna untuk meningkatkan kekuatan sistem imun tubuh si Kecil dalam membasmi infeksi kuman, termasuk infeksi yang menjadi penyebab batuk pada anak.

    Cukup mudah untuk membuat obat batuk alami untuk anak dari lemon. Ibu bisa mencampurkan satu sendok teh perasan lemon dengan satu sendok teh madu. Selain itu, obat batuk alami untuk anak berbahan madu juga bisa dicampurkan dengan air hangat yang bisa langsung diminum oleh si Kecil.

  5. Makanan yang mengandung probiotik

    Makanan yang mengandung probiotik juga termasuk obat batuk alami untuk anak yang bisa jadi pilihan Ibu. Mengonsumsi makanan tinggi probiotik, seperti yoghurt, tempe, dan keju dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh si Kecil sehingga lebih mudah mempercepat proses pemulihan dari beberapa penyakit, termasuk batuk. 

    Melansir medicalnewstoday.com, probiotik dapat mengurangi risiko infeksi saluran pernapasan dan pencernaan pada anak-anak. Hal inilah yang membuat probiotik berperan penting sebagai salah satu obat batuk alami untuk anak.

  6. Nanas

    Satu lagi buah-buahan yang termasuk sebagai obat batuk alami untuk anak, yaitu nanas. Hal ini karena kandungan bromelain dalam nanas dipercaya mampu melegakan saluran pernapasan dan membantu mengatasi batuk kering pada anak-anak hingga orang dewasa.

    Meski manfaat nanas sebagai obat batuk alami untuk anak kurang efektif dibandingkan obat alami sebelumnya, tetapi tidak ada salahnya Ibu mencoba memberikan nanas sebagai camilan sehat untuk si Kecil saat sedang batuk. Namun, pastikan pemberian nanas ini tidak boleh berlebihan, harus didukung dengan asupan nutrisi dari makanan bergizi lainnya ya, Bu.

Itulah beberapa rekomendasi obat batuk alami untuk anak yang bisa Ibu racik sendiri di rumah. Perlu diingat kembali bahwa efektivitas obat alami tersebut memang tidak 100% ampuh untuk menyembuhkan batuk karena penyakit ini dipengaruhi oleh sistem imun tubuh setiap anak. Selain itu, setiap anak juga pasti mengalami batuk yang berbeda, sehingga kondisinya tidak bisa disamaratakan.

Akan tetapi, tidak ada salahnya menjadikan obat batuk alami di atas sebagai pertolongan pertama untuk membantu mengurangi keluhan yang dirasakan si Kecil, apalagi jika ia mengalami batuk di malam hari yang menyebabkan jam tidurnya terganggu.

Jika Ibu sudah melakukan beberapa cara di atas, tetapi kondisi si Kecil tak kunjung membaik, segeralah bawa ia ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat. Nantinya dokter akan memberikan obat sesuai dengan kondisi si Kecil. 

Baca juga: Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Anak Agar Prima, Catat Yuk!

Selain fokus mengurangi keluhan batuk, penting juga bagi Ibu untuk selalu memerhatikan makanan yang dikonsumsi si Kecil selama batuk. Hindari makanan yang menjadi pemicu batuk, seperti makanan yang digoreng, makanan tinggi gula, makanan pemicu alergi, dan junk food. 

Sebaiknya Ibu perlu memberikan si Kecil susu bubuk Frisian Flag PRIMAGRO 3+ sebagai salah satu nutrisi penting untuk mendukung kebutuhan gizi hariannya. Sebab, susu Frisian Flag PRIMAGRO 3+ mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Selain itu, susu ini juga diperkaya dengan zat besi, vitamin D3, zinc, magnesium, dan vitamin C tertinggi, serta mengandung serat pangan inulin yang dapat mendukung kesehatan saluran pencernaan si Kecil. 

Tak hanya itu, susu Frisian Flag PRIMAGRO 3+ juga mengandung kombinasi 8 nutrisi penting untuk dukung perkembangan otak dan akal kreatif si Kecil, di antaranya DHA 4x lebih tinggi, asam lemak omega 3, asam lemak omega 6, minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz